Pro dan kontra Ilmu Laduni

Sebelumnya aku minta maaf, ini hanya sekedar pembahasan saja. Bahwa di Islam ada yang disebut ilmu Laduni. Ilmu ini buat aku juga beyond my imagination. Tapi barangkali bisa bermanfaat.

Tadi sore waktu aku ke toko buku, aku tertarik dengan buku tentang ilmu laduni. Ini adalah ilmu yang tidak melalui tahapan belajar.

Menurut Wikipedia
Ilmu Ma'rifat (hakikat), yaitu ilmu tentang sesuatu yang ghaib melalui jalan wahyu ilham / terbukanya tabir ghaib) atau ru'ya mimpi) yang diberikan oleh Allah kepada hamba-hambaNya yang mukmin dan shalih.
Ilmu kasyf inilah yang dimaksud dan dikenal dengan julukan "ilmu laduni" di kalangan ahli tasawuf. Sifat ilmu ini tidak boleh diyakini atau diamalkan manakala menyalahi ilmu syari'at yang sudah termaktub di dalam mushaf Al-Qur'an maupun kitab-kitab hadits. Menyalahi di sini bisa berbentuk menentang, menambah atau mengurangi.

Link dari Scrib.com
 Cara mendapatkan ilmu Laduni menurut Alquran dan Sunnah

Tapi ada yang kontra, ini link dan cuplikannya
Mengenal ilmu kasaf/ilmu laduni
Kaum sufi dengan ilmu laduninya memiliki peran sangat besar dalam merusak agama Islam yang mulia ini. Dengannya bermunculan akidah-akidah kufur -seperti diatas – dan juga amalan-amalan bid’ah. Selain dari itu, mereka secara langsung ataupun tidak langsung terlibat dalam kasus pembodohan umat. Karena menuntut ilmu syar’i merupakan pantangan besar bagi kaum sufi. Berkata Al Junaidi: “Saya anjurkan kepada kaum sufi supaya tidak membaca dan tidak menulis, karena dengan begitu ia bisa lebih memusatkan hatinya. (Quutul Qulub 3/135)

Pendapat orang awam kayak aku
Mengutip kalimat dari ustadku di Bogor, kalo belum paham, lebih baik tidak usah dibahas, yang penting perbaiki keimanan.

Masalahnya buatku adalah, orang kayak aku yang lagi bingung dengan segala informasi yang masuk ke otakku ini, banyak mencari kebenaran. Soalnya aku sendiri banyak dimasuki pemahaman oleh orang dengan kemampuan indra ke-6 beberapa tahun yang lalu.Sekarang aku ingin meluruskan semua pemahaman ini. Dan aku juga akan mengutip pendapat ustad Maulana "beberapa orang diberi isyarat oleh Allah tentang masa depan".

Bila ada mimpi, ada tulisan yang mengalir begitu saja, kemampuan melihat aura, kemampuan melihat alam lain, atau kemampuan di luar semua adalah anugerah bagi yang beragama maupun yang atheis sekalipun.Ini menunjukkan kekuasaan Allah, agar manusia mau berpikir tentang kebenaran yang hakiki...

Comments