Membasmi kutu rambut dengan minyak kelapa

Gak nyangka banget aku setua ini terkena wabah kutu rambut. Ada beberapa kasus murid sekolah yang terkena kutu, waktu itu para guru mencoba membicarakan dengan orang tua murid secara hati-hati. Karena wabah kutu bisa dari siapa saja, tidak bisa menduga-duga.

Kenapa aku yakin gak mungkin terkena wabah kutu, soalnya aku rajin mengoleskan minyak zaitun, kadang virgin coconut oil (vco) di rambut sebelum keramas. Dan aku pernah menulis bahwa minyak zaitun akan membunuh kutu. Ternyata mengoles minyak zaitun di rambut hanya sekedar basah saja belum cukup, mesti sampai basah kuyub.

Karena minyak zaitun mahal, di supermarket besar sekarang ini extra virgin olive oil 250 ml sekitar 40 ribuan, aku menggunakan extra virgin coconut oil yang generik (tanpa merk) 350 ml sekitar 40 ribuan.

Kalo mau agak wangi bisa menggunakan minyak cem-ceman dari Mustika Ratu, karena dibuat dari minyak kelapa yang dipanaskan ditambah bunga-bungaan. Cem-ceman dari Sari Ayu agak bau kurang sedap karena mengandung selain minyak kelapa ada minyak kemiri. Minyak cem-ceman bisa dipakai, tapi mesti siap digunakan dalam jumlah banyak. Dalam seminggu menggunakan beberapa botol minyak cem-ceman.

Minyak kelapa jenis VCO kw1 atau extra virgin coconut oil diambil dengan proses dingin. Setelah santan dikocok maka minyak VCO kw1 akan terpisah lalu diambil dengan dipancing. VCO yang diproses dengan suhu dingin masih mengandung zat-zat berkhasiat bagi tubuh. Waktu aku alergi, mengkonsumsi VCO membantuku mengatasi gatal-gatal seluruh tubuh karena meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Aku juga menggunakan VCO sebagai pengganti baby oil untuk membersihkan make up dan untuk minyak rambut. Biarpun umurku sudah kepala 4 kata teman-teman kulit wajahku masih selembut kulit bayi, kata temen-temen loh... hihihi...

Ini cara-cara aku menumpas tuntas kutu rambut dengan minyak kelapa
  • Dipersiapkan minyak kelapa dalam jumlah cukup banyak
  • Basahi rambut dengan minyak kelapa sampai cukup basah
  • Rambut ditutup dengan shower cap atau handuk selama 2 jam, tapi dari pengalaman tanpa ditutup kutu tetap mati, hanya saja mesti didiamkan 2 jam
  • Dengan dishampo saja kutu yang kelenger akan rontok, tapi bila disisir dengan sisir rapat akan lebih baik, tundukkan kepala di atas alas yang berwarna terang saat disisir
  • Setelah disisir, telur kutu yang menempel di rambut mesti ditarik secara manual
  • Lakukan proses meminyaki rambut setiap hari selama seminggu. Setelah kira-kira tidak ada kutu bisa dilakukan sesekali saja bisa seminggu sekali atau sebulan sekali.
Paling lama prosesnya adalah menarik telur kutu dari rambut sampai bersih. Aku memotong rambutku sekitar 10 cm, dan bila ada waktu menarik kutu rambut. Lama-lama dengan panjangnya rambut, telur kutu tinggal di ujung rambut saja.

Comments

  1. terimakasih tante sangat membantu anak anak lulus pesantren yg terserang kutu:)

    ReplyDelete
  2. Baru tahu kalo minyak kelapa bisa ngusir kutu , jadi inget waktu kecil saya juga kutuan hihihi sekarang mah udah enggak

    ReplyDelete

Post a Comment