Belajar html sederhana untuk membuat template sendiri

Setelah sekian lama ngeblog, dan template ku ...yah... menyedihkan... blogger standar banget gitu, aku memutuskan ganti template, dan kali ini nyoba bikin sendiri.

Kalo cari yang gratisan... wah... dari sekian banyak gak bisa didownload. Udah bisa di download filenya gak lengkap. Atau bisa di download file lengkap setelah dicobain error... kayak misalnya gambarnya kacau gak seindah fotonya. Mungkin ada yang tau mesti kemana cari gratisan template yang unyu... tapi pengalamanku susah bener.

Tiga hari yang lalu ikutan workshop yang mengundang blogger. Dua blogger senior jadi pembicara. Kata mereka, untuk dapetin duit gak harus pake Google Adsense, Beauty Blogger yang cantik-cantik, kerjaannya dandan nyobain produk baru bisa dapet duit. Atau mau cari sensasi kayak vlogger yang bulan lalu mengaku 32 juta itu bukan sebulan tapi 3 hari doang. Iya itu vlogger yang majang foto lagi pacaran dan putus mewek-mewek di depan kamera youtube.

Tapi blognya mesti bagus, masih asal njeplak mau dapetin duit banyak ya susah dong. Kira-kira gitu aku tangkep kalo mau dapet duit. Tampilan blog bagus, isinya juga, informasi lengkap bagusan lagi kasih foto. Ini nih aku bukan blogger yang masuk kriteria bagus, isinya cuman nulis jarang foto.

Setelah memutuskan untuk memperbaiki template, ya dibagusin dikitlah, belum yang unyu-unyu banget kayak beauty blogger itu.

Yang aku lakukan adalah

1. Menggunakan template simple yang dibuat oleh blogger spesialis SEO

Konon itu sudah di benerin supaya SEO friendly. Yang aku paling gak suka huruf untuk tanggal gede banget, aku atasi dengan membuat icon untuk menuliskan tanggal.

2. Aku nyomot tulisan indah kaligrafi dari fontmeme.com. 

Aku screenshot (bisa didownload sih) terus gabungin dengan foto lain  dengan PhotoScape lalu diedit ala kadarnya dengan tool bawaan kompi, Paint. Masih belum kelasnya Photoshop.

3. Masang foto diri dibikin bulat modelnya.

Aku liat banyak banget template unyu, simpel dari luar dikasih foto berbentuk bulat. Aplikasi aku pake Pixlr, disimpan dengan PNG supaya transparan.

4. Untuk ornamen, aku ambil gambar batik yang aku rasa menarik, kebetulan motif Yogya. 

Aku sambung-sambungin biar bisa lebar dan panjang sesuai kebutuhanku.Warna huruf dan lainnya mengikuti motif batik itu.

5. Ganti huruf tanggal dengan icon.

Soalnya huruf tanggal  dari template yang sudah SEO friendly kelewat gede, aku samarkan pake huruf putih, alas putih. Dan aku bongkar HTML dikit buat masang tanggal dengan icon. Template yang bagus dari luar aku liat tanggal di tengah lalu judul. Kalo mindah dengan bongkar html agak rumit, jadinya mesti telaten nulis judul kasih tanggal sendiri.

6. Mngganti huruf dengan kaligrafi untuk PAGE

Untuk widget PAGE aku gak pake, ambil tulisan dari kaligrafi, screenshot jadiin tombol HOME, ABOUT ME. Eh... About Me ada 2, satunya aku sebut dengan Blogger Profile. Cari huruf kaligrafi generator, lalu jadikan latar belakang transparan dengan PIXLR.

7. Foto disimpan di blog lalu disave tidak dipublish, supaya tidak berat loading.

Biasanya aku upload dari Picasa, terus foto di link dari sana supaya loading artikel gak berat. Picasa udah gak aktif lagi semua masuk ke arsip dikelola oleh Google Photos. Masih kagok makenya. Jadinya foto aku upload di postingan tapi tidak dipublish.. foto ngelink ke sana.

Ini untuk blogku di www.ratnawatiutami.blogspot.co.id .Apa lagi... udah itu dulu deh... kalo nemu lagi aku tulis lagi...

Comments

  1. yess amy , i like it very much the new blue sky format ...fresh ,dynamic and wellcome feelings ...i also like your pic ,but frankly , i think the old one walking in the beach it gives you a feelings of freedom...but in general ,very happy for you ..hugs.R.

    ReplyDelete
  2. @barhan...

    iya... cuman aku sekarang di usaha keluarga, di PAUD... jadi males deh bongkar2 html gitu, cari yang praktis.

    ReplyDelete

Post a Comment