Monday, May 16, 2016

Pengalaman di dating site khusus muslim

Beberapa temenku bilang, kalo dating site itu untuk orang yang putus asa. Ada yang yang bilang di dating site itu pembohong semua. Dan memang, pernah ditipu sama scammers di Malaysia membuatku lebih waspada sama yang namanya scammers. Aku bergabung di mailing list romancescams@yahoogroups untuk lebih ngerti cara kerja scammers.

Ciri-ciri scammers : Kirim pesan langsung minta e-mail. Biasanya majang foto bule ganteng banget,. Soalnya aku bergabung di dating site khusus muslim ada yang ngaku akan pindah ke Islam. Atau ada juga ngaku beragama Islam. Bahasanya sopan banget, soalnya memang dilatih untuk itu. Berani bersumpah demi Allah bahwa mereka orang jujur, baik hati, mencari pasangan, tidak pernah bohong dan mempunyai kepribadian yang mengagumkan. Kalo diajak cam to cam menolak, atau berani tapi hanya seperti film senyam senyum ngeliatin kamera.

Akhir-akhir ini banyak scammers yang pindah dari Nigeria ke Malaysia dengan visa student. Di sana mereka tidak belajar malah cari mangsa. Dan sasarannya banyak orang Indonesia sekarang. Kasus paling tragis yang aku dengar dari orang Indonesia, dia bercerai dengan suaminya gara-gara jatuh cinta dengan scammer, ambil pinjaman di bank sebesar 133k $ (sebesar  1 M rupiah kali ya). Soalnya nanti gantinya nyampe T kalo dirupiahkan. Tapi bukan di Malaysia kayak scammer yang nipu aku, tapi United Kingdom (UK). Dia cerita banyak yang jadi pemeran tambahan. Si orang Inggris ini koma, dokternya nelpon ke Indonesia. Anaknya juga nelpon, siapa lagi pokoknya batinnya tersayat-sayat sampai dibela-belain pinjam uang, entah agunannya apa.

Cerita lain banyak dari orang Amerika. Banyak yang dengan mudahnya transfer uang ke scammers, kebanyakan dari Nigeria. Please jangan diketawain, mereka itu korban. Kenyataan memang mereka sudah berumur, kesepian, dan sukses diporotin scammers.

Pengalamanku sendiri, aku sampe nangis-nangis galau banget pas telpon-telponan ma scammers. Kangen banget ma dia, dan disembunyiin supaya gak ketauan keluarga. Dalam kegalauan yang amat sangat aku ikutan ikutan sholat berjamaah Maghrib dan Isya; dengan imam ustad Yusuf Mansur di masjid UIN. Soalnya temenku gak ikutan sholat Isya, pulang aku sendirian memutuskan jalan kaki ke rumah sekitar 3 km. Sepanjang jalan pulang aku nangiiiis terus, banyak gambaran diketawain orang-orang.

Kejadian itu September 2012, beberapa hari abis sholat, aku ikutan reuni SMA. Masih ditelpon pas acara reuni itu, kalo ditanya "do you love me" aku jawab "I love God more than you" gitu terus-terusan, sampai dia bosan. Oh ya aku ketemu scammers di twoo. Aku ikutan twoo soalnya ada invitasi e-mail.

Di twoo banyak yang ajak kenalan, cuman aku rasa orang iseng semua. Terus twoo aku tutup, dapat invitasi ke badoo, ikutan bentar ditutup lagi. Ngeliat iklan indonesiancupid.com iseng ikutan. Di situ di bawah pasti ada warning dari team admin tentang ciri-ciri scammers. Cuman tiap kali kirim message gak ada yang bales. Aku perhatiin, cewek di situ banyakan bajunya sexy banget, trus di profil banyak bule nulis... "hello aku mau ke Bali, mau kenalan ma cewek Indonesia". Aku yang pake kerudung fotonya gak dianggap.

Terus dapat pemberitahuan dari team admin supaya bergabung di muslima.com. Account di indonesiancupid.com kututup pindah ke muslima.com. Profile tentang aku yang kutulis gonta-ganti. Setelah beberapa minggu ada kejadian account di suspended gak bisa dibuka. Buka lagi dong dengan email baru. Masih gak hunting atau searching, nunggu message datang aja. Ah... banyak muslim di luar negri iseng cuman cari kepuasan seksual lewat internet ternyata. Biasanya langsung aku block.  Dan walau banyak warning tentang scammers, message dari scammers tetep ada.

Tapi ada yang nyelip juga orang-orang baik dan serius cari pasangan. Cuman butuh kesabaran, soalnya bisa jadi awalnya tertarik, terus ada sesuatu, gak jadi. Misalnya ada laki-laki Srilangka duda, manajer bank di California, US. Masalahnya dia gak tertarik dengan yang pake jilbab. Akhirnya ketahuan, dia pacaran sama cewek Indonesia pake jilbab, jalan-jalan keluar negri tapi gak mau dinikahin.

Lalu ada laki-laki Malaysia, yang di Facebooknya anak-anaknya 3 perempuan pakai kerudung, banyak foto-fotonya. Kerja di bank juga. Entahlah, orang ini kok gak fokus amat kalo dikontak, jawabnya gak jelas. Kalo malem banget dia kirim pesan... "aku kesepian tapi belum siap menikah, banyak masalah".

Ada lagi orang Syria di US. Sempet YMan, tapi dia bilang, "duh aku suka banget sama kamu cuman aku gak mampu membiayai kamu ke sini". Aku liat di profilnya emang dia menulis mencari hanya wanita muslim di US.

Atau orang bule, yang kirim e-mail dan aku sempat check IP Addressnya apa dia penipu bukan, kayaknya bukan. Seru chatnya tadinya, cuman akhirnya ngilang tanpa pesan.

Sama seorang temenku dikasih tau ada dating site lain singlemuslim.com . Ini pusatnya di Inggris, dan kebanyakan membernya memang orang Inggris. Tapi bukan bule, banyakan Pakistan atau India. Ada sih yang bule tapi jarang. Soalnya muslima pusatnya di Australia, gak terlalu Islami banget, kalo di singlemuslim e-mailnya ke member pake di doa-doain loh... baguslah. Tapi lebih menarik di muslima sih situsnya, ini pendapatku pribadi aja. Di singlemuslim ada petunjuk fotonya mesti sopan begini begitu.

Di singlemuslim dapat message jaraaang banget, soalnya aku gak searching. Dapat message, sepintas juga udah tau itu scammer. Akhirnya ada yang serius, seorang Pakistan yang tinggal di Kanada. Katanya dia cocok dengan Islam model salafy. Sempet sebulan video call intensif, dia ngajarin wanita bajunya mesti begini begitu pake abaya, gak bergaul dengan laki-laki dan seterusnya. Akhirnya dia bilang "aku gak akan ngilang seperti orang yang kamu kenal di dating site, soalnya aku berusaha jadi muslim yang baik gak mutusin silaturahmi". Tapi apa yang terjadi, dia ngilang juga. Aku liat di Facebooknya banyak temannya aku add semua, beberapa approve. Aku kontak tanyain, "kamu tau ***, apa dia masih hidup?", jawabnya "aku saudara laki-lakinya yang tinggal di pakistan, dia baik-baik aja kok", terus abis itu aku yang request friend sama yang dulu bilangnyamau ngelamar aku nikah di facebooknya malah di block.

Ada orang Indonesia ngontak aku di singlemuslim. Katanya dibela-belain bayar keanggotaan biar bisa baca message dari aku. Begitu ngobrol, dia cerita mau nikah demi anak-anaknya, kasian, katanya anak-anaknya yang ABG sendirian di rumah. Tadinya mau ketemuan, cuman bentar-bentar cerita soal almarhum istrinya begini begitu. Foto-foto di G Plus, atau BB masih ada almarhum istrinya yang di pic profil. Akhirnya aku posting nulis harusnya dia memulai hidup baru tanpa bayang-bayang istrinya, aku kasih tau ke dia soal postinganku, eh... dia tersinggung ngilang juga.

Beberapa orang Arab yang ngontak aku malah ajaib banget ceritanya. Ini orangnya sutradara di Dubai, aku buktiin dengan stalking dia. Dia ngajak nikah di hari pertama chat, tapi terus ngilang padahal udah sumpah dia serius. Aku tanya, "kamu relijius" jawabnya "I pray five times, fast in Ramadhan, I don't lie". Ah ngaco, katanya serius ajak nikah gak taunya bo'ong.

Atau Arab lain nelpon aku, awalnya nanyain panti asuhan di dekat tempatku. Belakangan nyuruh aku nyiapin pernikahan aku sama dia, jadi "secret wife". Aku ngomong, kalo ngikutin sunnah, ya antara istri pertama dan istri kedua mesti adil. Dia bilang di Arab gak gitu, terus ngilang. Ngawur aja, lah aku baca juga di Qur'an laki-laki sulit untuk adil dengan semua istrinya. Dari hadits, kalo gak adil jalannya miring sebelah di padang mahsyar, termasuk golongan manusia zalim.

Ada orang Pakistan 60 tahun di Australia otaknya ngeres banget, kerja jadi pengacara. Walau sholat lima waktu hobinya nonton film sexy, favoritnya dari Norwegia, habis nonton begituan dia banyak bersyukur pada Allah katanya. Waktu aku bilang bapakku belajar Islam intensif semenjak pensiun, eh dia bilang spiritualnya menguat sejak 35 tahun. Tapi ya gitu deh, spiritual kuat tapi hobby nonton film porno terus banyak bersyukur, gak jelas spiritual model apa.

Ada juga 2 orang Mesir, yang keduanya tadinya semangat chat ma aku. Yang satu mau ke Indonesia, aku bilang, wah ketemu di kotaku aja tempat rame. Gak jadi datang, ngilang gak jelas. Satunya bilang dia sangat percaya dan takut pada Allah. Tapi idenya ajak seminggu piknik di Mesir untuk kencan aku tolak, dia ngilang lagi akhirnya.

Yang terakhir ketemu orang India di UK, sudah warga negara Inggris. Soalnya kalo baru sebentar di Inggris masih warga negara India sulit untuk kasih visa ke sana. Susah ngobrol ma dia... workaholic gitu.

Ada lagi orang di Reunion Island, dia bilang minta bantuanku untuk bikin site untuk memajukan pariwisata di sana. Akhirnya video call, ngobrol... ampun cerewetnya. Udah gitu workaholic lagi, gak pernah suka jalan-jalan selalu cemas mikirin kerjaan.

Aku anggap semuanya pengalaman unik, lucu, kadang mengesalkan. Gak tau apa cerita ini menarik, berlebihan, ngaco atau apa. Tapi ini pengalamanku di dating site... masih berlanjut...

Update 16 Mei 2016

Aku sempet mau serius sama orang dari Kanada selama setahun di tahun 2015. Tapi Januari putus, soalnya dia mulai keceplosan banyak ngomong kasar yang sempat disembunyikan setahun. Padahal dia selama setahun kirim 400 dollar Kanada per bulan. Aku move on. Aku memperbaiki diri, intropeksi diri semampuku deh. 

Update 10 Juni 2016

Ini janjian mau ketemu sama orang di UK abis Ramadan ini. Setiap hari telpon-telponan dan video call. Dia muslim taat. Di Inggris puasa itu total hampir 19 jam, sementara di Indonesia 13 jam saja. Kalo jadi ketemu update deh. Kerja jadi broker real estate dan punya beberapa rumah.

Oh ya, dia support aku lebih berpikir positif dengan menyarankan aku dengerin audio book di youtube, Think and Grow Rich.  Waaaah... bagus banget kalo bisa dipraktekkan. Mungkin kalo aku baca dari dulu dapat jodohnya lebih cepat. 

Ini tulisanku  http://amiratnawatiutami.blogspot.co.id/2016/06/ingin-kaya-think-and-grow-rich-dari.html

Update 15 Juni 2016

Aku janjikan dengan orang UK keturunan Pakistan dia mau ke Indonesia abis lebaran. Aku juga nulis sedikit tips untuk mendapat jodoh di dating site Internasional

Ini tulisanku  http://amiratnawatiutami.blogspot.co.id/2016/06/dapat-jodoh-dating-site-internasional.html




38 comments:

Claude C Kenni said...

Kenapa harus pake dating site, Mbak Ami? Kenapa ga cari jodoh dari orang2 yg sehari2 Mbak Ami temui?

Maksud saya gini...banyak orang mikir bahwa kebanyakan orang yg sampe pake jasa dating site itu desperate, makanya banyak scammer dan penipu yg sengaja join ke sana untuk mencari "mangsa" orang2 yg desperate ini.

Biasa kalo orang udah desperate, berbuat nekad juga rela. Ini dia yg jadi inceran para penipu yg mencoba memancing di air keruh tersebut.

Kalo orang yg kita kenal sehari2, dari ketemu langsung, ngobrol, kan bisa langsung keliatan karakternya, jadi mengurangi resiko ketemu penipu gitu...=)

Ratnawati Utami said...

@Keven, aku sudah ketemu banyak orang Indonesia seumurku. Dan kebetulan yang aku temui itu gak ada yang dewasa.

Terus terang aku juga penasaran dengan karakter muslim di luar negeri.

Menjawab e-mail. Tapi ya begitulah kenyataan, bisnis ini ada karena banyak permintaan.

Ann said...

Mbak, aku salut sama mbak...dan aku ngerti perasaan mbak..:)..aku doakan mbak dapat pendamping yang baik

Riri Ardhya said...

Thanks infonya mbak Ami... :) Aq juga ikutan di Singlemuslim, Salaamlove sama Indonesiancupid.. Anggota gratisan sihh.. Aq ikutan disitu sebenernya cuma iseng2 pengen cari temen chat az.. sambil ngelatih bahasa inggris.. dan skrg aq lg berurusan dgn seorang scammer.. yg katanya sih orang belgia.. Aq lg ngikutin jalan ceritanya dia.. Rencananya dia mau kesini setelah urusan di malaysia kelar.. Tapi ternyata mereka punya konsep cerita yg sama alias gak kreatif... hahahahaha..

Anonymous said...

Keren mba.. postingannya. Kebeneran saya jg ikutan dating site. Jd pny byk tmn lokal & impor.. bbrp org jd sahabat baik saya.... ikut dating site ga melulu desperate. Mnrt tmn saya yg org indo tp kbeneran dpt suami WNA, skrg menetap disana. Kbanyakan mrk ikut dating site krn ga pny wkt buat ktemu org2 baru di dunia nyata. Sibuk sm krjaan.. ada tmn saya yg lain. Sebut aja namaanya Bunga (bkn nama sebenarnya) dia muslimah, dia ikut dating site, selang 3 bln skype. Mrk ktemu, lgsung nikah. Sekarang tggl di eropa, suaminya jg mo masuk islam sebelum nikah.. dating site salah satu media buat berikhtiar :)

Anonymous said...

Mbak Ami, .... saya punya pengalaman yg sama dengan mbak, spt nya biro jodoh di muslima.com ato muslima.com itu yang buat scammer deh, semua orang asing yg pernah berhub. an dgn saya semuanya scammer, coba deh ikutin jln ceritanya ujung2nya end dg aneh, gak jelas. ada yg motif nya sama ada yang enggak. Oranh bule yang di badoo pun semua spt itu, kalo orang asia lebih nyata, ada tapi orientasi sex dan fun..... mudah mudahan tulisan m ami membuat orang lain berhati hati jangan sampai ikutin apa maunya orang asing, harus pakai logika juga kalau kenal dengan orang asing bule ato lokal. Saya bersyukur saya selalu pakai logika shg belum pernah tertipu dalam arti materi ato patah hati.

Anonymous said...

Coba di dateinasia.com
saya ketemu pacar saya disana ,alhamdulillah org nya sangat baik :) kenapa saya bilang gitu?karena 2 hari br chat sy udh kirim email nyumpah2in dia pake bahasa binatang sekasar2nya nuduh dia scammer krn g mau kirim poto . Dan dia bela2in ngirim poto hri itu juga kemudian berlanjut di skype cam to cam . Pacar saya org nya anti kamera ternyata .

ryan adi pratama said...

wah keren t ceritany.... jd skarang pilih site dating yg mana????? saya juga ikutan indonesiacupid tpi gk bisa chat.... hrus bayar dulu...
hahahaha....

fatha mubina said...

kebanyakan seperti cerita semua yg diatas.saya juga merasakan dan akhirnya "GIVE UP".banyak cerita yang berlanjut hingga akhir cerita meminta transfer..akhirnya saya memutuskan untuk berhenti dan memasrahkan ke sang Pencipta dengan tetap berusaha

Ichwan said...

Saya ada lagu bagus buat direnungkan. Lagu ini dibuat dan dinyanyikan pertama kali oleh The Eagles, tapi saya lebih suka versi yang dibawakan oleh Carpenters

Desperado

Desperado
Why don't you come to your senses
You been out ridin' fences
For so long now
Oh, you're a hard one
But I know that you've got your reasons
These things that are pleasin' you
Can hurt you somehow

Don't you draw the queen of diamonds, boy
She'll beat you if she's able
The queen of hearts is always your best bet

Now it seems to me some fine things have been laid upon the table
But you only want the ones that you can't get

Desperado
Oh you ain't gettin' no younger

Your pain and your hunger
They're drive you home

Freedom, ah freedom
That's just some people talkin'
You're prisoners walkin'
Through this world all alone

Don't your feet get cold in the wintertime
The sky won't snow and the sun won't shine
It's hard to tell the night time from the day

You're losin' all your highs and lows
Ain't it funny how the feelin' goes away

Desperado
Why don't you come to your senses
Come down from your fences
Open the gate

It may be rainin'
But there's a rainbow above you
You better let somebody love you
You better let somebody love you
Before it's too late

aureo said...

Aku juga pernah punya pengalaman ditipu scammer afrika yg tinggal di malaysia, akhirnya malah doi ngaku kalo bule palsu. Udh kena jutaan rupiah, tapi gak sampe desperado sih, dijadikan pelajaran aja spy gak terlalu cepat percaya sm org. Utk info aja, kdg2 scammer yg agak ahli, qta gak bs search pic nya di goggle images, jd anggapan qta doi beneran exist. Klo scammer2 amatir, gampang bgt nyari pic nya di goggle images.

zube said...

Makasih mbak amira infonya.. Saya kagum mbak jujur sekali menceritakan pengalaman ngikut dating site.. Mm... Saya juga ngedaftar cuma belum fokus.. Cuma daftar trus ngilang.. Mau log in lupa terus passwordnya... Hmm... Baca salah satu comment ngikut dating site itu juga satu bentuk ikhtiar... Okelah kalo begitu... Semangaaat mengarungi bumi Allah ini ... (Mencari pasangan beda budaya beda negara biar bisa jalan2 antar benua)

firman optimis said...

Jujur aq salut sama perjuangan mbak & tulisan mbak, menurutku luar biasa. Smoga semakin banyak yg bs mengambil hikmah, manfaat & pencerahannya. Smoga mbak, dpt jodoh yg terbaik dari NYA. ikhtiyar bumi & online nya sdh luar biasa sampai dug tinggal ikhtiyar langit diwaktu" mustakjab jg tak kalah penting. Semangat buat mbak nya & semuanya. Turut saling mendoakan utk kebaikan.

firman optimis said...

Aq salut sama usaha & perjuangan mbak nya. Tulisan diatas smoga dpt diambil hilmah & manfaat oleh semuanya.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Dyah Saptarini said...

keren banget mba makasih berbaginya

Dyah Saptarini said...

keren ceritanya, iseng buka blog dan kisah sama kaya mba ami, aku member twoo dan badoo, awal chat alay kadang terbawa emosi ampe malas karna kepikiran, trus ku hapus twoo dan badoo sering mengecewakan, mba ami keren berkali kali, kita yg baru berapa kali aja udah down. Makasih berbaginya mba ami.

Amy said...

Bisa kasih rekomendasi dating site yang oke dan terpercaya gak mb? Terus kalo mb sekatang msh brlanjut, udah ktmu sm yg pas blm? Blh bagi ceritanya mb hehe

Ratnawati Utami said...

Oke... gini...

Semua dating site itu sudah terkontaminasi oleh penipu. Jadi kitanya mesti waspada dengan message yang masuk.

Aku sempet gabung dengan singlemuslim dot com, ada beberapa yang beneran dan ajak serius tapi belum jodoh.

Sempet dari akhir 2014 sampai awal 2016 berhubungan dengan di Kanada, udah deket banget rutin kirim dollar... toh setelah setahun putus juga.

Sekarang buka dating site lagi. Ajak berteman dulu. Sejauh ini punya beberapa teman dari dating site belum ada yang serius. Kalo akhirnya aku nikah pasti aku posting di blog.

Aku pilih Muslima dan Singlemuslim pernah coba buka dating site yang lain agak kurang user friendly menurutku... oh ya, tambah aplikasi Muzmatch, ada 5 ajak kenalan semua scammer...

Kiki Rizkiani said...

Kebetulan aku juga sempet kemaren nyemplung didating site. Mungkin sudah jalan allah kami dipertemukan didating site, sekrang inshaalah akan berlanjut ke pernikahan 😇😇

kiky Marley said...

Tahun 2013 saya join Muslima & dpt kenalan WN Inggris keturunan Pakistan.Sampai sekarang kami masih berkomunikasi dg baik walau masih tahap FRIENDZONE (pdhal qta sama-sama suka).Dan akhirnya saya ga berniat utk join datin site yg lain lagi.Klo memang Allah sdh menyiapkan pasangan utk saya pasti selalu ada jalannya.Infonya membantu banget nih!

Ratnawati Utami said...

Seumuran aku yang mendekati 50 tahun tidak sesederhana itu menemukan yang cocok. Kenalan banyak tapi yah, mereka gak punya semangat untuk meneruskan secara serius.

Hidup itu untuk disyukuri, baik jomblo, menikah, mesti rajin bersyukur. Gitu saja... tetap berusaha bermanfaat bagi orang lain...

Dyah Saptarini said...

sangat bermanfaat, kadang sering hoples tentang teman hidup, karna pertanyaan yg datang bagi yg kenal kita, sampe mereka kadang Diem ga tanya lagi, berdoa berusaha.

Mandy said...

Hi mba, postingan yg menarik:) Udah pernah coba setipe.com? Itu founder-nya christian sugiono. Aku udah bbrp kali kopdar, baik2 & bukan scammer sih mreka, cuma memang blm cocok utk ke hub yg lbh serius. Coba deh mba, krn privacy terjaga & kita cuma dicocokkan dg orang2 yg karakternya agak mirip dg kita...

Sugi said...

Mbak ami sekarang sudah menikah blm?

Ratnawati Utami said...

Lagi deket sama seseorang, nanti kalo jadian kasih linknya di sini ya

purnama dewi siregar said...

Mbak mungkin telat banget baru baca postingan blog mbak hehe. Saya juga punya pengalaman yang sama kayak mbak.
Ada sedikit yg mau saya tanyakan, boleh yaa mbak? Hehe
Jadi saya gabung di muslima.com masih terbilang masih member baru. Dan saya masih member standard. saya mau tanya, gimana caranya berbalas pesan or mengirim pesan ke sesama member standard mbak? Setau saya kalau sama2 member standar tidak bisa berbalas pesan, tapi kenapa orang lain yang mengirim pesan ke saya dimana dia juga member standard bisa mengirim pesan ke saya? Hehe mungkin mbak Ami punya pengalaman atau cara lain untuk bisa berbalas pesan tanpa harus meng upgrade member jadi platinum/gold. Terimakasi banyak mbak, postingan mbak sangat menginspirasi dan jadi harus mikir untuk lebih berhati2 sama scammer

Ratnawati Utami said...

Kalau di Muslima itu, kelihatan sekitar 5 huruf awal dari pesannya. Orang Indonesia itu jaraaang banget jadi member berbayar, sukanya kasih kode misalnya skp anu.anu.

Saya pribadi bales yang jadi member... kalo gak, panjang ceritanya. Masak mau punya hubungan online terus, gak bakalan ketemuan.

Dapetin cowok baik di dating site itu susah banget... susah banget. Kalopun ada cuman sebagian kecil.

Gak berharap banyak kok. Syukur ada yang kirim message. enggak ya gak papa. Saya pilih jadi diri sendiri, gak pake baju seksi atau apalah supaya dapat banyak message...

purnama dewi said...

Yaa mbak bener hehe kalau buat upgrade juga mikir2 buat apa. baru2 ini juga ada member standard ngirim pesan ke saya beberapa kali, sampai akhirnya dia marah kesal dan mengeluarkan kalimat kotor astagfirullah, tapi saya bawa ketawa aja haha. padahal di profile di nulis seorang muslim yang baik -.-

Terimakasi mbak uda mau berbagi dan membalas pertanyaan saya, hehe :)

vanindya sari said...

Pengalaman yang hampir sama aku alami, dan pernah hampir kena tipu dan Alhamdulillah gak berhasil .
Ikutan Indonesia cupid, muslimah.com setipe.com
Ya belum bertemu yang sreg aja. Kebanyakan mereka mencari wanita seksi dan bla bla. Dan aku sendiri bukan wanita yang cantik, hanya wanita biasa yang tidak terlalu suka dandan kecuali kalo ada acara2 penting.
Sekarang mah berserah diri kepada Allah SWT sambil memperbaiki diri juga.

Anonymous said...

Saya desy
saya suka sekali dengan postingan mba..
smg cepet dapet jodoh mba
yang terbaik
amin

Anonymous said...

Salam kenal mb...
Lg searching2 pengalaman situs jodoh eh nemu blognya mb...
Sebagai newbie jd bingubg, sebaiknya perempuan memulai kirim mssage dlu atau nunggu pria yg mulai ya? Krn malu dg status yg skrg... masih muda tp udah "widowed" beranak satu....

Ratnawati Utami said...

Untuk komentar terakhir...

Sebetulnya memang tradisi kita katanya perempuan itu tidak boleh agresif. Tadinya saya juga begitu, nunggu aja ada yang ajak kenalan.

Suatu ketika saya iseng kirim message ke orang yang kirim interest, dibalas dengan baik.

Tergantung orangnya menurut saya, kalo yang sana baik, dia juga akan berprasangka baik kalau kita kirim pesan dulu...

Didit Hadiantoko said...

Bagus ceritanya
Baca juga Persiapan Untuk Kencan Pertama http://www.hadiantoko.net/2016/05/persiapan-untuk-kencan-pertama.html

Noca ryu said...

Enak banget ya ditransfer 400 dolar

si murnii said...

Assalamualaikum mba, gimana kabarnya?

ga sabar nunggu lanjutan ceritanya mba, posting lagi dong hehehe

aku jg sama lagi cari2, emang bener mba orang luar kbnyakan gombal dan gampang nyatain cinta. abis itu kabur deh hahahah susah banget cari yang serius..

anyway aku tunggu kelanjutannya yah mba

Anonymous said...

Gmn kelanjutannya , mbak?
Kita punya pengalaman yg sama...

Sampe skrg belom dapat jodoh.

Ratnawati Utami said...

Kalo baca tulisanku terbaru, aku lagi deket sama cowok Aljazair. Coba liat sebelah kanan... daftar tulisan terbaru