Tuesday, May 17, 2016

Sabun dari VCO yang aman untuk kulit sensitif dan pemakaian jangka panjang

Tahukah anda, sabun di pasaran mengandung bahan kimia yang bisa digunakan terus-menerus berbahaya bagi tubuh kita? Sabun yang ada di pasaran saat ini mengandung banyak sekali bahan kimiawi. Sabun cair biasanya biasanya mengandung SLS (sodium lauryl sulfate), sedangkan sabun padat bahkan ada yang mengandung lemak binatang limbah industri makanan.

Bila ingin mempunyai sabun yang aman untuk kulit, anda bisa membuat sendiri dengan bahan alami atau anda bisa mendapatkan di www.vcoforhealthyskin.wordpress.com yaitu sabun produksi CV PPKT yang merupakan pelopor pembuatan VCO di Indonesia dengan merk Virgin Natural Cosmetics.

http://www.merdeka.com/gaya/5-fakta-menarik-tentang-sabun.html

Struktur Kimia
Rumus kimia dari SLES adalah CH3(CH2)10CH2(OCH2CH2)nO[[sulfur|S]O3Na. Kadang angka yang dilambangkan dengan n dituliskan pada nama kimianya, contohnya laureth-2 sulfate. Produk komersil mempunyai jumlah grup ethoxyl yang heterogen dan n merupakan nilai rata-ratanya. SLES biasanya digunakan untuk produk komersil, n=3. SLES dibuat dengan proses etosilasi(ethoxylation) dari dodecanol. Hasil dari etosilasi berupa setengah ester asam sulfat yang dinetralkan sehingga terkonversi menjadi garam sodium. Salah satu jenis surfaktan lain, sodium lauryl sulfate (sering juga disebut sodium deodecyl sulfate atau SLS) diproduksi dengan metode yang sama tetapi tanpa etosilasi. SLS dan ammonium laureth sulfate (ALS) biasanya digunakan sebagai alternatif pengganti SLES di produk konsumen.


Iritasi
Walaupun SLES dianggap aman untuk batas konsentrasi yang digunakan pada produk-produk kosmetik (di bawah 400 mg per meter kubik), tetapi bahan ini tetap merupakan bahan pengiritasi. Sama seperti detergen lain, makin tinggi konsentrasinya, semakin kuat pengiritasinya. Telah dibuktikan bahwa SLES dapat menyebabkan iritasi pada mata atau kulit pada eksperimen dengan hewan dan beberapa test pada manusa. SLS yang merupakan alternatif SLES juga merupakan pengiritasi yang kuat. Peneliti juga menemukan SLES dapat menyebabkan iritasi jika terkena kulit dalam jangka waktu tertentu bagi sebagian orang.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Natrium_laureth_sulfate


Most of the soaps we purchase today contain a myriad of toxic chemicals which wreak havoc on our health. 

According to Dr. Mercola, putting chemicals on the skin may actually be worse than eating them! That’s because chemicals on the skin are absorbed into the bloodstream without any of the filtering that would happen if the toxins went through the digestive system. With unprecedented levels of exposure to such toxins, we don’t yet know the cumulative effects of long-term use. 

Castile soap contains only vegetable-based ingredients such as coconut oil, olive oil, hemp oil and jojoba oil, along with water and essential oils. 

Kebanyakan sabun yang kita beli mengandung banyak bahan kimia berbahaya bagi kesehatan.

Menurut Dr. Mercola, menggunakan bahan kimia di kulit malah lebih buruk dari memakannya! Karena bahan kimia di kulit diserap aliran darah tanpa saringan bebeda kalau racun melalui sistem pencernaan. Dengan penggunaan bahan kimia terus-menerus, kita tidak akan pernah tau efek akumulasi  penggunaan jangka panjang. 

Castile soap hanya menggunakan bahan dasar tumbuhan seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak hemp (ganja), minyak jojoba, ditambah air dan minyak esensial.

Sumber  http://www.naturallivingideas.com/castile-soap-benefits-uses/


VCO adalah minyak kelapa yang diperoleh tanpa dipanaskan sehingga kandungan alaminya tetap terjaga. Baunya juga kelapa murni berbeda dengan minyak kelapa klentik tradisional yang didapat dengan memanaskan di atas api. 

Ada sabun dari VCO yang ditambahkan susu kambing (melembutkan dan memperbaiki kondisi kulit), susu sapi (melembutkan dan berbau melati), sabun antiseptik (untuk yang gatal-gatal), sabun arang (untuk kulit berjerawat dan iritasi), sabun coklat (melembabkan dan baunya seperti coklat).

Silakan klik gambar di bawah ini untuk informasi lebih lanjut atau kunjungi www.vcoforhealthyskin.wordpress.com


Bahkan menurut Buzzfeed, sabun dari VCO selain untuk mandi juga bisa untuk mencuci baju, membersihkan rumah, mencuci piring/gelas, membersihkan kamar mandi, dan lainnya. Linknya ada di sini https://www.buzzfeed.com/nataliebrown/castile-soap-forever

1 comment:

Mang Lembu said...

bagus banget kalau sabun dari minyak kelapa ini dikembangkan dan di rakyatkan hingga semua rakyat menggunakan mandi, cuci piring dan cuci baju pake sabun dari minyak kelapa, selain kandungannya oke, ramah lingkungan pulak