Saturday, May 14, 2016

Membersihkan rambut dengan kondisioner saja tanpa shampo

Ada metode lain untuk membersihkan rambut yaitu dengan cara conditioner only atau kondisioner tanpa shampo. Sesuatu yang lain yang kita lakukan pasti akan membuat gak nyaman. Enak banget kan membersihkan rambut dengan shampo banyak busa dan wangi. Metode conditioner only atau di kalangan No Poo/Low Poo (tanpa menggunakan shampoo/pengguna shampo tanpa sulfat dan silikon) disingkat CO termasuk metode disarankan.

Gunakan kondisioner tanpa silikon yaitu yang di komposisi pruduk tidak mengandung zat kimia berakhiran "cone", "col", "conol" atau "zane"



Kenapa tidak menggunakan kondisioner yang mengandung silikon, karena silikon hanya akan membuat rambut lembut mudah disisir untuk sementara. Penggunaan silikon terus-menerus akan membuat rambut jadi sangat kaku, penggunaan hair mask tidak efektif karena silikon menutupi rambut membuat perawatan rambut menjadi tidak efektif. 


Conditioner Only disarankan untuk rambut kering dan normal bukan rambut berminyak

Cara melakukannya adalah:
  1. Hanya untuk rambut kering dan normal, tidak disarankan untuk rambut berminyak
  2. Gunakan filter air yang mengandung karbon aktif, air yang mengandung klorin atau mineral tinggi tidak bisa membersihkan kondisioner dengan baik. 
  3. Gunakan mangkok, tambahkan air yang difilter setengah gelas dengan 2-3 sendok makan kondisioner tanpa silikon
  4. Oleskan pada rambut hingga merata, bila perlu disisir dengan sisir jarang untuk meratakan rambut
  5. Biarkan 10-30 menit lalu dibilas dengan air
  6. Penggunaan handuk untuk mengeringkan cukup ditekan tidak usah digosok keras pada rambut
  7. Disarankan tidak dilakukan setiap hari

Karena jenis rambutku berminyak, aku cocok menggunakan metode Conditioner Only Washing ini. Aku melakukan Coffe Rinse sesudahnya, yaitu kopi giling (bukan instan) tanpa gula yang sudah didinginkan dibilaskan ke rambut beberapa saat baru dibilas. Untuk rambut ikal, bisa dikeringkan dengan metode PLOP yaitu rambut digulang  lalu dibungkus dengan kaos, akan membuat ikal rambut lebih rapi.

Bila ingin mendapatkan conditioner tanpa silikon yang mengandung VCO silakan klik gambar di bawah ini

Skincare dan haircare Virgin Natural Cosmetics
Skincare dan haircere mengandung VCO dari Virgin Natural Cosmetics

2 comments:

Reni Judhanto said...

Aku belum pernah tuh mbak membersihkan rambut hanya dengan kondisioner tanpa shampo. Makasih infonya.

iip said...

wahhh ternyata bisa yah... saya biasa sebagai pria, kalo lagi mandi instant, terus ga sengaja keambil conditioner kakak saya, lagi merem-merem, kucek-kucek, bukan busa malah licin-licin.. hahahha disini ternyata ada tipsnya *suru kakak beli akh*