Tuesday, March 24, 2015

Mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya, VCO, sisir dari tanduk, kopi, kacang hijau, karbon aktif, pijat refleksi

Pemilik perusahaan Sari Ayu, Ibu Martha Tilaar pernah menceritakan kesuksesannya mengatasi rambut rontok. Kata beliau "Sederhana saja, menggunakan minyak cem-ceman dan sisir dari bahan tanduk".

Maia Estianti juga pernah mengalami rambut rontok, ceritanya "aku rutin minum air kacang hijau setelah itu tidak rontok lagi".

Ada artikel menuliskan dia menggunakan kuning telur untuk mencuci rambut tapi hanya seminggu sekali tidak boleh lebih sering. Sisanya hanya dibersihkan pakai air.

Bahkan ada yang menuliskan artikel mencuci rambut dengan air dan menyisir untuk meratakan minyak rambut dari kulit kepala sampai ujung rambut.

Salah satu temanku cerita "aku pakai tonik dan shampo bayi, rambutku tidak rontok lagi".

Sedangkan aku, memperjuangkan supaya rambut tidak rontok sudah 20 an tahun, sampai akhirnya menemukan buatku paling cocok adalah lidah buaya, VCO, sisir dari tanduk, kacang hijau, dan terakhir untuk mengurangi penampakan uban menggunakan pembilasan kopi.

Rambut rontok itu masalahnya bukan hanya shampo yang digunakan. tapi juga faktor kondisi rambut, air, cuaca, hormonal, kelenjar tiroid, kemoterapi, stres, peredaran darah tidak lancar juga genetik.

Setelah ada masa naik turun kadang rontok banyak, kadang enggak, paling parah yang kurasakan adalah saat lebaran tahun 2014. Pas keramas segumpal besar rambut rontok. Pembuangan air di kamar mandi juga tiap kali keramas ada segumpal besar air yang menyumbat. Aku sampai memotong rambutku yang sepinggang jadi sepundak.

Minum rebusan air kacang hijau yang direbus 3 menit adalah saran temanku. Sedangkan lidah buaya aku pelajari dari komunitas No Poo (No Shampoo) di Facebook Page.

Dua minggu setiap hari minum air kacang hijau dan membersihkan rambut dengan lidah buaya cukup membuat aku takjub, akhirnya kerontokan rambutku berhenti juga, tidak ada rambut yang nyangsang di pembuangan air. Oh ya, keran juga aku pasangi filter air, dan aku menyisir rambut dengan sisir dari tanduk yang ditetesi VCO soalnya rambutku jenisnya keriting agak ikal, tipis mudah kusut.

Soalnya anakku yang SMA mengeluh rambutnya rontok, dan dia tidak tinggal bareng aku, aku beri dia shampo extra mild mengandung VCO dan kondisioner tanpa silikon mengandung VCO juga dari Virgin Natural Cosmetics. Katanya kondisionernya agak berminyak, jadinya aku sarankan dibalik aja pemakaian, kondisioner untuk hair mask lalu dicuci dengan shampo.

Pemakaian kondisioner mengandung VCO hanya 1 sendok makan dan shampo mengandung VCO hanya satu sendok teh saja.

Masalah kerontokan rambut memang bisa berbeda-beda kasusnya. Tapi yang paling disarankan makan sayuran dan buah yang banyak, menyaring air dengan filter mengandung karbon aktif, menggunakan ekstra mild shampo, menggunakan hair mask dari bahan alami buatan sendiri, menyisir rambut dengan sisir anti statik lebih baik dari bahan alami, pijat refleksi bagian punggung dan pundak.

Bagi yang berminat dengan shampo ekstra mild mengandung VCO, kondisioner tanpa silikon mengandung VCO, silakan klik gambar di bawah ini atau kunjungi blog berikut ini www.vcoforhealthyskin.wordpress.com

No comments: