Sunday, April 12, 2015

Kulit dan rambut sehat dengan produk tanpa deterjen

Suatu kemewahan bila kita bisa mandi dengan sabun dan shampo yang banyak busanya dan harum. Sayang sekali kemewahan itu lama kelamaan malah membuat kulit dan rambut bermasalah. Bisa kulit kering, jerawatan, atau gatal, rambut rontok, ketombean atau ubanan lebih awal. Dan seterusnya.

Deterjen yang dibaca pada komposisi sabun dan shampo adalah sulfate, akan menumpuk di kulit wajah, tubuh dan kulit kepala. Awalnya baik-baik saja, tapi lama kelamaan kulit dan rambut akan timbul masalah.

Aku memutuskan untuk mempelajari tentang bahan alami untuk perawatan kulit dan rambut setelah kejadian rambutku rontok parah, dan ada jerawat di kulit kepala.

Bila diceritakan tentang kandungan sulfate di sabun dan shampo, silicone di conditioner, bisa panjang sekali, jadi diringkas saja. Biasanya saat di awal penggunaan skincare atau haircare tanpa sulfate datau silicone akan terjadi masa transisi, kulit wajah, tubuh atau kulit kepala akan mengeluarkan zat kimia yang meresap di kulit. Bisa berupa bintik-bintik-bintik, jerawat atau pengeluaran minyak yang berlebihan.

Untuk membersihkan wajah, aku menggunakan Oil Cleansing Methode, yaitu menggunakan minyak untuk membersihkan wajah yaitu Virgin Coconut Oil (VCO)

Sekarang ini sabun yang kugunakan untuk mandi adalah sabun yang terbuat dari VCO produksi Virgin Natural Cosmetics.

Sedangkan untuk membersihkan rambut, aku menggunakan metode Condioner Only Washing dengan conditioner produksi Virgin Natural Cosmetics.

Kadang-kadang aku menambahkan bahan alami lain seperti lidah buaya santan, madu, kopi, santan, apple cider vinegar, dan tentunya virgin coconut oil untuk diminum dan dioleskan di rambut dan kulit. Beberapa selebrities di Hollywood menggunakan VCO untuk perawatan kulit dan rambut mereka.



Saat berhenti menggunakan skincare/haircare mengandung deterjen, ada yang disebut masa transisi. Rambut akan terasa kaku, atau malah mengeluarkan minyak lebih banyak. Itu karena ada pembersihan dari bahan kimia di kulit kepala.

Deterjen akan membersihkan rambut hingga minyak alami hilang, sementara, silikon akan melapisi seakan-akan rambut lembut dan mengkilat, padahal ada penumpukan bahan kimia di dalam rambut. Selain itu bila shampo tanpa deterjen masih kurang untuk membuat rambut lembut, bisa ditambahkan VCO, lidah buaya, apple cider vinegar, bahkan kopi untuk membuat rambut lebih hitam.

Alhamdulillah, masalah kerontokan rambut teratasi dengan menggunakan skincare/haircare tanpa deterjen. Kulit dan rambutku juga sejauh ini terasa lebih lembut dan sehat.

No comments: