Wednesday, April 6, 2016

Akupuntur sembuhkan sakit punggung

Yang menyembuhkan penyakit itu Allah, melakukan terapi akupuntur itu ikhtiar. Alhamdulillah, akupuntur bisa sembuhkan sakit punggung.

Aku rasa aku punya kebiasaan berdiri yang keliru sejak SMA. Tulangku tumbuh ke arah yang salah. Ditambah depresi gak jelas bertahun-tahun. Oke, itu cerita lama... sejak umur 40 dapat pencerahan. Menjelang 50 perbaikan diri termasuk memperbaiki postur tubuh saat berjalan dan jogging, aku cocok dengan metode chi walking dan chi running. Ada penjelasan di blog satunya tentang chi walking. Di www.ratnawatiutami.blogspot.co.id.

Ternyata chi walking, chi running belum cukup. Kakakku nawarin terapi akupuntur, terapisnya datang ke rumah.

Sebulan sekali aku ke Jakarta sekitar semingguan. Ini sudah ketiga kalinya, dan nyerinya berkurang jauh. Tukang pijit langgananku juga bilang pengerasan di tengkuk menipis.

Saat aku menulis ini masih cenut-cenut, tadi pagi tengkukku ditusuk lebih dari 60 jarum. Tanpa disetrum atau  dipanaskan, tapi setelah di akupuntur dibekam kering. Bahkan benjolan lipoma keluar dalam bentuk serpihan lemak, tapi ditambah minum kapsul gamat dan diolesi minyak butbut.

Prosesnya memang tidak menyenangkan. Kadang nyetrum, dan lumayan ngilu. Yang penting sembuh...

4 comments:

dunia kecil indi said...

Wah, syukurlah akupunturnya bisa menyembuhkan backpain :)

Unknown said...

boleh tau nomor ahli akupunturnya? thanks

Ratnawati Utami said...

kirim email ke ami.ratnawatiutami@gmail.com

vitalitas pria said...

makasih info akupungturnya manfaat sekali