Thursday, June 9, 2016

Ingin kaya, baca Think and Grow Rich dari Napoleon Hill

Sebelumnya, aku ingin menegaskan, bahwa aku jarang menulis resensi buku. Kali ini aku ingin menulis sepintas tentang sebuah buku berjudul Think and Grow Rich.

Yang nyaranin kenalan baru dari dating site. Dia tinggal di Inggris. Dia gak nyaranin beli bukunya tapi dengerin dari Audio Book di Youtube. 


Emang sih aku punya banyak pengalaman buruk dari dating site. Udah diceritain di blog ini sampe bersambung-sambung. Intinya gini aja deh... banyakan orang di dating site itu kalo bukan penipu profesional atau mesum.

Eh, tapi ada yang baik lho, biarpun langka. Nah untuk menemukan yang langka itu butuh perjuangan. Terus caranya... um... kalo aku sih lebih cenderung dengan memperbaiki akhlak. Ada 4 sifat Rasulullah yang kita perjuangkan untuk ke sana, sempurna gak mungkin, tapi berusaha sebaik mungkin. Gak usah dijelaskan panjang lebar ya, ini 4 sifat Siddiq, Fathonah, Amanah, Tabligh

Di tulisan-tulisanku sebelumnya, aku pernah nulis, bahwa ada ustad yang menulis di web resmi beliau tentang matematika sedekah. Di web resmi beliau itu, ada petunjuk, kalau ingin gaji besar per bulan, sedekah juga mesti banyak, ada hitungan matematika sedekah juga. . Bahkan ada cerita, mau jodoh, orangnya sedekah 200 ribu ditimpali ustad "mau cantik? nambah dong".




Metoda sedekah supaya kaya ini mendapat kecaman pedas. Tulisanku tentang beliau ada yang langsung komen marah-marah "kamu bisa apa, beliau banyak jasanya". Sekarang begini... bangun mesjid dengan uang yang didapat dengan cara menjual agama, menjanjikan kaya raya, kira-kira berkah tidak. Menurutku kalau kita berbagi, sedekah, gak usah pake itungan, bayar sedekah sekian bakal dapat gaji sekian. Bahkan ada ustad yang mengkritik beliau ini..."kalo perlu, kita sedekah, berharap dapat akhirat, gak dapat di dunia gak pa-pa". Kelamaan ya nunggu di akhirat, butuh duitnya sekarang

Kembali ke Think and Grow Rich.

12 langkah utama  untuk menjadi kaya
  1. Positive mental attitude - Kelakuan mental positif (prioritas utama)
  2. Harmony in human relations - hubungan baik dengan orang lain
  3. Freedom from fear - tanpa rasa takut/cemas berlebihan
  4. The hope of future achievement - harapan pengembangan masa depan
  5. The capacity for applied faith - kapasitas mengaplikasikan keyakinan
  6. Willingness to share ones blessings with others - Kemauan berbagi
  7. To be engaged in the labour of love - menggunakan hati atau cinta
  8. An open mind on all subjects toward all people - berpikiran terbuka
  9. Complete self discipline - disiplin
  10. Wisdom with which to understand people - Bijaksana untuk memahami orang lain
  11. Financial security - keuangan mencukupi (daftar terakhir setelah mempraktekkan sebelumnya)
13 langkah untuk menjadi kaya

 (sumber http://www.furhanm.com/2011/07/13-rahasia-sukses-think-and-grow-rich.html)

1. DESIRE

"Desire" berbeda dari "want". Desire adalah want yang telah Anda suntik dengan emosi. Want hanya membuang-buang waktu. Rasa "ingin" hanya membuat Anda frustrasi. Apa yang Anda perlukan adalah desire, yaitu semangat, ghirah, atau bahkan obsesi. Desire-lah yang akan mengaktifkan "law of attraction". Desire adalah "burning passion". Untuk punya desire, suntikkanlah emosi positif ke dalam keinginan Anda. Bagaimana caranya? Cobalah bedakan ini: "Saya mau jadi juara kelas." "Saya mau jadi juara kelas! Saya harus jadi juara kelas!"

2. FAITH

Faith adalah keyakinan. Silahkan Anda ingat kembali dorongan Saya pada posting sebelumnya. Apakah Anda mau mengkhayal untuk kesuksesan Anda? Atau, Anda mau mengkhayal bahwa Anda tidak bisa mencapainya?

Andrie Wongso berkata, "Sukses adalah hak Saya!" Ya, beliau benar. Itu sebabnya, perjuangkan dan capailah hak Anda. Hak untuk sukses. Itu juga sebabnya, Anda harus yakin bahwa Anda memang akan sukses. Keyakinan Anda perlu diluruskan. Berhentilah meyakini sebuah kesuksesan, hanya karena kesuksesan itu telah terbukti berdasarkan catatan sejarah. Mulailah meyakini kesuksesan baru yang belum pernah ada. Anda boleh saja berharap sukses seperti mereka yang telah sukses.

Tapi, ketahuilah bahwa kesuksesan Anda sangatlah unik sifatnya. Berhentilah meyakini kesuksesan, hanya atas dasar sejarah pembuktian. Berhentilah membayangkan sukses, pada apa saja yang sudah terbukti sebelumnya. Mulailah meyakini kesuksesan Anda sendiri. Kesuksesan Anda yang unik dan tidak ada yang menyamainya. Mengapa? Sebab pikiran Anda, adalah benda yang "kreatif" dan bukan "kompetitif"!

3. AFIRMASI

Sering-seringlah mengafirmasi diri Anda sendiri. Ini penting untuk menggantikan berbagai pikiran negatif dan pesimis, dengan pikiran yang positif dan optimis. Pahamilah analogi ini: Mangga yang ranum dan nikmat, tidur sebagai biji. Mobil yang mewah dan nyaman, dimulai dari pabrik yang berisik, kotor dan berdebu. Setiap kesuksesan, benihnya di dalam kepala Anda. Jika benih itu sehat, baik, dan kuat, maka pikiran Anda akan merealisasikan kesuksesan.

4. PENGETAHUAN APLIKATIF

Anda harus bisa membedakan informasi dari fakta. Anda harus memiliki pengetahuan yang aplikatif. Dan Anda, harus bisa mengaplikasikan ilmu, keahlian, dan pengetahuan Anda. Ilmu dan pengetahuan yang hanya di kepala, tidak ada gunanya. You have to have it, and then apply it.

5. IMAJINASI

Imajinasi Anda bisa berbentuk dua macam. Yang pertama "imajinasi sintetik", dan yang kedua "imajinasi kreatif". Bedakan keduanya, dan berhentilah menggunakan imajinasi sintetik. Imajinasi sintetik, muncul manakala Anda berimajinasi tentang sesuatu yang baru, padahal Anda hanya menyusun ulang koleksi pikiran dan prasangka Anda sebelumnya.

Dengan bahan baku yang "jadul", maka imajinasi Anda juga akan tetap "jadul". Sukses Anda, sudah pasti "jadul". Imajinasi Anda akan menjadi imajinasi berdasarkan prasangka Anda sendiri. Tidak kreatif dan kurang objektif.

Contoh: Menaikkan penjualan.

Membuat mobil yang lebih cepat.

Sistem pengairan yang lebih efektif.

Tidak ada yang salah dengan semua itu, akan tetapi kesuksesan Anda menjadi lebih kecil, karena memang lebih mudah mencapainya. Untuk kesuksesan yang lebih besar, Anda harus berani membiasakan diri pada imajinasi kreatif. Semua itu bukanlah bagian dari sukses, melainkan bagian dari "kewajiban operasional" Anda. Anda memang melakukannya, tapi itu bukan target kesuksesan Anda.

6. RENCANA TERORGANISIR

Biasakan diri Anda untuk menuliskan sasaran secara detil dan kongkrit. Perbedaan antara mimpi di siang bolong dan rencana yang baik, ada pada detil dan kongkritnya. Ini tidak mudah dilakukan, tapi Anda harus tetap mengupayakannya.

Inilah hasil riset Napoleon Hill: 95% orang yang memiliki sasaran tertulis dan secara harian meresapinya, berakhir dengan mencapai kesuksesan. 95% orang yang tidak memiliki dan tidak melakukannya, berakhir dengan kegagalan.

7. KEPUTUSAN

Keputusan Anda adalah hal yang teramat penting. Mengapa? Karena keputusan Anda adalah cerminan dari bekerjanya akal Anda. Ingatlah bahwa fungsi akal Anda adalah untuk memilih alias memutuskan. Karakteristik akal Anda, sesuai akar katanya, adalah "terikat". Terikat pada apa? Terikat pada pilihan! Ingat juga selalu kesalahan utama dalam mengambil keputusan, yaitu terlambat, terlalu sering berubah, dan terlalu cepat berubah.

8. PERSISTEN

Ingatlah hukum yang satu ini:
Prosperity = Purpose + Passion + Persistence Persisten itu istiqomah.

Calvin Coolidge mengatakan: "Nothing in the world can take the place of persistence. Talent will not; nothing is more common than unsuccessful men with talent. Genius will not; unrewarded genius is almost a proverb. Education will not; the world is full of educated derelicts. Persistence and determination alone are omnipotent."

9. MASTERMIND

Anda harus membangun jaringan. Anda juga harus membangun mastermind. Menurut Napoleon Hill, 1 + 1 = 3. Maksudnya, dua pikiran yang saling memperkuat, akan menghasilkan pemikiran ketiga yang memiliki kekuatan sangat besar. Anda tidak bisa berdiri sendiri, Anda harus bekerjasama dengan orang lain.

10.TRANSMUTASI

Ingatlah bahwa pikiran Anda, adalah bibit kasat mata yang akan ditransformasi menjadi sebuah kesuksesan yang real, nyata, dan ada secara fisik. Manusia mengkhayal bisa terbang, kini ada pesawat udara. Manusia berkhayal bisa berbicara secara nirkabel, sekarang ada handphone. Dari kasat mata, menjadi realitas fisik.

11. ALAM BAWAH SADAR

Berhentilah menomorduakan alam bawah sadar Anda. Alam bawah sadar Andalah yang sesungguhnya mengkonstruksi diri Anda. Anda boleh menyebutnya dengan intuisi, firasat, fitrah, atau bahkan hati atau kalbu. Sesuaikanlah konsep ini dengan sistem keyakinan Anda. Jangan musyrik atau percaya pada takhyul. Pelajarilah sistem alam bawah sadar Anda dengan benar bersama pembimbing rohani Anda. Alam bawah sadar Andalah yang memberi sinyal kepada alam sadar Anda. Alam bawah sadar Anda adalah sistem monitor dan sekaligus sistem peringatan dini untuk Anda. Jika Anda memperlakukannya dengan benar, maka Anda akan berjalan pada arah yang benar. Menuju kesuksesan Anda.

12. OTAK

Ingatlah bahwa otak Anda, adalah satu kesatuan dengan tubuh fisik Anda. Jagalah kesehatan dan sisi positifnya, seperti Anda menjaga kesehatan tubuh Anda. Pahamilah siapa sesungguhnya komandan di dalam diri Anda. Otak Anda hanya alat, "Anda"-lah yang memberi perintah kepadanya. Lupa ya?

13. INDERA KE-ENAM

Ini bukan klenik, juga bukan takhyul. Indera ke-enam Anda, adalah kombinasi rahasia nomor 1 sampai dengan 12 di atas.

Ketigabelas rahasia sukses itulah, yang telah mensukseskan lebih dari 20.000 orang, dan menjadikan lebih dari 500 orang sebagai manusia paling sukses pada zamannya.

Pengalaman pribadi

Mencapai ketenangan diri itu tidak mudah. Aku banyak baca buku motivasi, ada dari Dale Carnegie, atau buku The Secret, atau lainnya. Membaca mudah, mengerti butuh proses, mempraktekkan lebih sulit lagi.

Bagaimana menurut Islam tentang pemahaman ini. Kita semua mencoba membaca, mengamalkan Qur'an dan hadis. Ada juga muslim yang hanya sekedar tradisi, tidak mau mengamalkan Islam dengan benar, ada yang sibuk urusan cari duit, atau hanya mengikuti mentah-mentah, bahkan ada yang kepinteren agama buat ngancem orang tapi diri sendiri berlaku seenaknya.

Tidak ada salahnya membuka pikiran tentang spiritual versi non Islam, kita kembalikan lagi mana yang sesuai dengan Islam. Salah satu tulisanku tentang alam bawah sadar itu aku pelajari dari buku buku Quantum Ikhlas. Aplikasi alam bawah sadar paling mudah, usap-usap kepala anak saat dia mau bobok, waktu menjelang tidur frekuensi berada di alam bawah sadar, masukkan sugesti positif (harus positif kalimat "jangan nakal" itu negatif, misalnya "menurut pada orang tua").

Tentang indra ke-6, aku juga pernah menulis di blogku tentang intuisi dan insting. Intuisi itu mengalir, sedangkan insting itu lebih ke arah reflek. Bagaimana cara mengasah kepekaan itu adalah dengan membuka hati, lebih peka membaca tanda-tanda alam. Rajin shopping dan hura-hura tidak akan menguatkan indra ke-6. Lihat coba, betapa sederhananya bos Facebook, Mark Zuckerberg, belum lagi Mark sangat sosial tidak suka bermewah-mewah, itu tanda punya kepekaan sosial, sehingga mengasah indra ke-6 tentang bisnis jadi lebih kuat.

Walau aku tidak kaya raya, tapi pssssssstttt.... yang ini rahasia. Dengan mempraktekkan pelan-pelan pemahaman di atas, gabung dating site aku dapat pesan dari laki-laki mapan yang tinggal di luar. Walau bukan millionaire tapi paling tidak punya rumah sendiri, beberapa mobil dan karir lumayan. Kalau belum menikah sekarang soalnya standar ingin dapat yang muslim dan sholeh, ataupun muallaf boleh asal mau belajar Islam sungguh-sungguh, itu belum terpenuhi.

Bantu do'a ya supaya akhirnya ketemu juga... yang pas, sesuai dengan DESIRE... bukan hanya secara logika suka, dapat sesuai hasrat juga.... kita lihat saja nanti...



No comments: