Tuesday, October 11, 2016

Mindahin blogspot ke com

Aku dikirimin email... ngajak kenalan sih awalnya. Terus akhirnya dia cerita kalo 4 tahun ngeblank gara-gara rajin ke dukun selama setahun sebelumnya. Alasannya... ditinggalin cewek, dipaksa putus sama ortunya.

Terus dia cerita kalo dia punya usaha percetakan, sebetulnya tadinya punya alat sendiri, tapi dijual buat dikasihin ke dukun. Kata dia sih kyai, tapi kyai kok pake beli minyak untuk jin dan mandiin tengah malam.

Sebagai orang yang survive dipengaruhi gaib kayak gitu, waaah... ceritanya panjang lebar melibatkan banyak orang tidak hanya satu. Termasuk akhirnya di rukyah dan ada yang berjalan di punggung, aku mencoba kasih saran. Oke rukyah... tapi terus dilanjutkan dengan berpikir positif, berperasaan positif, bertindak positif... banyak bersyukur.

Nah... dia pengen bikin website dot com biar usahanya laku. Entahlah petunjuk itu datangnya tak terduga. Seorang teman blogger di Bandung nulis status merubah blogspot jadi com dibantu teman blogger di Surabaya.

Aku akhirnya kontak temen blogger di Surabaya nanya prosedur gimana. Katanya ada penawaran domain murah di IDWEBHOST cuman 60 ribu. Akhirnya aku beli domain, yang transfer uang temen di Jakarta itu. Tak tulis gak papa deh... ini ternyata IDWEBHOST dari JOGJACAMP milik anak sepupuku.Tapi bulan ini udah naik jadi 100 ribuan lebih dikit.

Kalo dari wordpress mesti beli hosting, kalo dari blogger atau blogspot enggak perlu hosting untuk domainnya.

Temenku nanya, ada SEO supaya kalo muncul percetakan muncul nama usahanya dia. Aku jawab "60 ribu untuk domain, template gratis kamu minta SEO, pasang iklan di Facebook aja ya".

Template gratis, pasang foto gratis, okelah aku mau bantu. Eh... ternyata dia menghilang... di bbmnya ditulis "PUYEEEENGGGG". Ya sudah, cuman berdoa supaya dia kembali tenang, mau kerja lagi gak cuman ngumpet di kamar dapat halusinasi gak jelas.

Setelah itu aku nawarin temen di Inggris, mau gak dia tak bikinin blog, katanya jualan sesuatulah gitu. Bisnis sampingan.

Aku coba bikin, template yang udah jadi download bawaan. Aku memutuskan kasih slider. Eh... tak tanya gimana... ngilang 2 hari katanya sibuk banget. Muncul lagi tapi ya gitulah... soalnya ditawari gratisan malah gak respon positif.

Aku belajar banyak tapi dari pengalaman ini. Aku download banyak sekali blogger template cobain satu-satu. Bongkar HTMLnya untuk dihilangin widget gak perlu atau besarin huruf, soalnya aku gak suka huruf kecil. Pasang gambar di slider satu-satu. Pasang Contact From dari Blogger gak jalan, jadinya pasang dari Kontactr, ada centang Captcha.

Blogku yang Blue Sky akhirnya juga nemu yang aku suka, kayaknya bakal lama gak diganti-ganti lagi. Dan sepertinya website yang menawarkan template blogger di halaman 1 google setelah di download ada petunjuk berbahasa Indonesia, kayaknya yang bikin dari Indonesia, hebat bisa di halaman pertama Google.

1 comment:

Keven said...

Blogger Bandung yg Mbak Ami maksud itu...saya kah? Hehehe
*kepo*