Wednesday, March 15, 2017

Melakukan self hypnosis untuk merubah nasib belajar dari buku Quantum Ikhlas dan The Secret

Bicara tentang hipnoterapi. Bagi yang awam mungkin mikirnya hanya bisa dilakukan oleh pakar hipnotis. Untuk sederhananya sebetulnya hipnotis adalah memasukkan sugesti ke alam bawah sadar, self hypnosis adalah melakukan sugesti untuk diri sendiri yang tentunya sugesti positif, dan bila dilakukan secara benar bisa untuk merubah nasib.
Self hypnosis bila dilakukan secara benar bisa merubah nasib, karena walau dalam tekanan berat bisa menjadikan orang tenang dan optimis dengan memasukkan sugesti positif ke alam bawah sadar
Bila ingin melihat testimoni The Law of Attraction bisa ke link INI  atau ke sini https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000003648663/share-the-secret-or-law-of-attraction-etc-mind-power/

Dari WIKIPEDIA, link di INI atau https://id.wikipedia.org/wiki/Hipnoterapi

Hipnosis didefinisikan sebagai suatu kondisi pikiran dimana fungsi analitis logis pikiran direduksi sehingga memungkinkan individu masuk ke dalam kondisi bawah sadar (sub-conscious/unconscious), di mana tersimpan beragam potensi internal yang dapat dimanfaatkan untuk lebih meningkatkan kualitas hidup. Individu yang berada pada kondisi “hypnotic trance” lebih terbuka terhadap sugesti dan dapat dinetralkan dari berbagai rasa takut berlebih (phobia), trauma ataupun rasa sakit. Individu yang mengalami hipnosis masih dapat menyadari apa yang terjadi di sekitarnya berikut dengan berbagai stimulus yang diberikan oleh terapis.

Sebagai guru TK, di acara parenting ada pengajaran memberi sugesti pada anak dengan cara saat anak hendak tidur usap kepala sambil dibisikkan kalimat positif seperti menurut kepada orang tua, mau makan sayur, rajin belajar. Pada saat kesadaran hendak masuk ke tidur, ucapan akan mudah masuk ke alam bawah sadar. Ini adalah cara hipnoterapi yang paling sederhana.
Cara paling sederhana untuk hipnoterapi saat anak di ambang menjelang tidur dibisikkan sugesti positif karena bisa memudahkan masuk ke alam bawah sadar

Aku memang bukan pakar hipnoterapi dengan sertifikat, makanya di sini hanya dibahas yang ringan saja dan mudah dilakukan orang awam.

Di buku Quantum Ikhlas karangan Erbe Sentanu, ada penjelasan tentang merubah nasib dengan pemrogaman masuk ke zona ikhlas di alam bawah sadar.  Apabila kita bisa berada di zona ikhlas maka nasib kita akan berubah, pemrogaman itu bisa dilakukan saat di alam bawah sadar. Zona ikhlas adalah zona dimana kita merasa nyaman tenang. Alam bawah sadar bisa diakses saat kita rileks. Aku rasa gak perlu dijelaskan di sini tentang frekuensi-frekuensi dari penelitian yang berbeda saat tegang, rileks dan tidur.

Berbeda dengan Erbe Sentanu yang mempopulerkan brainwave semacam rekaman untuk didengar supaya bisa masuk ke alam bawah sadar, aku memilih untuk mendengarkan gemericik air saja tidak perlu mendengarkan CD. Alasannya aku merasa tidak nyaman mendengar ada rekaman di frekuensi tertentu yang aku tidak bisa mendengar. Ini pendapat pribadi, yang alami lebih baik. Aku memilih tidak mendengarkan brainwave di CD seperti yang disarankan di buku Quantum Ikhlas diganti dengan mendengarkan suara menenangkan dari alam.

Petunjuk di buku Quantum Ikhlas untuk merubah nasib dengan memasuki alam sadar sehingga kita bisa masuk zona ikhlas dengan relaksasasi dan visualisasi.

Sholat tahajud adalah cara menurut Islam untuk masuk ke alam bawah sadar. Karena kita sholat saat tengah malam dan disarankan untuk tidur terlebih dahulu. Tidak usah mempelajari hipnoterapi, tapi rajin sholat malam juga bisa merubah nasib. 

Sholat tahajud saat tengah malam memudahkan do'a dalam kondisi tubuh rileks untuk masuk ke alam bawah sadar karena sunyi dan setelah bangun tidur

Itu dari Quantum Ikhlas, lalu kenapa belajar dari The Secret, karena buku The Secret menjelaskan tentang Law of Attraction, betapa pentingnya bersikap positif. Untuk mencapai tujuan maka persepsi tentang kehidupan dirubah menjadi positif. Nasib kita bisa berubah kenapa, karena bersikap positif akan membuat hal yang kita inginkan akan mengarah mendekati kita, sehingga kita bisa mencapai tujuan. 

Ini adalah petunjuk untuk menggapai tujuan dengan cara Law of Attraction. Link di sini atau  http://www.wikihow.com/Use-the-Law-of-Attraction .

1. Relax your mind 
Rilekskan pikiranmu. Caranya dengan meditasi, bisa juga tiduran atau duduk santai dengan tubuh rileks, semua bagian tubuh tidak ada yang tegang. Seperti dijelaskan di atas, rileks membuat tubuh masuk ke frekuensi untuk memasuki alam bawah sadar.

2. Be sure about what you want and when you do decide please don't doubt yourself 
Yakini keinginanmu dan saat sudah memutuskan tidak usah meragukan dirimu sendiri
 
3. Ask the Universe for it 
Minta ke alam semesta. Maksudnya adalah menjelaskan detil tentang keinginanmu. Lakukan visualisasi mendetil yang kamu inginkan. Misalnya menginginkan I Phone, maka wujudkan gambar I Phone nyata 3 dimensi di pikiranmu, termasuk bagaimana kamu memegang I Phone, menyimpan, memberi casing dan lainnya.

4. Write your wish down 
Tulis keinginanmu, tapi... ada tapinya. Hindari hal negatif. Pakar Law of Attraction menjelaskan bahwa bila kamu ingin pasangan yang baik, tulis daftar akhlak baik yang kamu inginkan, bukan dari segi kekayaan atau penampilan. Bila kamu ingin sukses berkarir, tulis menjadi seseorang yang menghindari korupsi, banyak berbagi, memberi contoh yang baik.

5. Feel it 
Rasakan apa yang kamu lakukan setelah mendapatkan yang kamu inginkan. Bayangkan kamu bisa merasakan setelah mendapat hal yang kamu inginkan

6. Show gratitude 
 Tunjukkan rasa syukur. Berterima kasih atas semua yang kamu miliki, bila perlu tulis apa saja yang kamu miliki dan syukuri semuannya 

7. Trust the Universe
Percayai alam semesta. Bila kamu ada keraguan maka hal itu tidak akan tercapai. Bersabar, dan tidak usah kesal bila belum tercapai. Ini adalah poin dimana orang gagal untuk mencapai karena merasa kesal dan tidak yakin.

Untuk mempermudah merubah nasib belajar dari buku Quantum Ikhlas dan The Secret aku melakukan ini

1. Berperasaan positif
Perasaan positif yang dimaksud adalah
  • Husnuzon : Berprasangka baik pada Allah, apapun yang kita terima adalah baik walaupun sepertinya membuat kita sedih itu karena Allah akan membuat kita lebih baik
  • Bersyukur : Berterima kasih pada Allah atas semua yang kita miliki, termasuk hal yang membuat kita sedih karena kita bisa mengambil hikmahnya
  • Bersabar : Tidak mempermasalahkan kapan keinginan kita tercapai, tetap selalu husnuzon dan bersyukur pada Allah
2. Relaksasi
Tiduran, berbaring, atau duduk. Badan rileks, otak rileks, merasa nyaman. Bila masih tegang cobalah untuk kembali ke poin 1 yaitu berperasaan positif

3. Visualisasi
Visualisasi itu seperti membayangkan ada gambar tiga dimensi, dan secara emosi kita terlibat di dalamnya. Misalnya aku membayangkan bisa melakukan diet Intermittent Fasting dengan disiplin lalu berat badan bisa turun seperti yang aku harapkan dan merasa sangat bahagia. 

4. Ikhtiar
Ikhtiar tentunya melakukan usaha untuk mencapai tujuan kita, tidak hanya diam menunggu keajaiban. Belajar dari ahlinya, bekerja, dengan terus berperasaan positif

No comments:

Post a Comment