Pesugihan

6 comments
Semua pesugihan itu ada resikonya. Ada cerita, misalnya ada orang mendadak kaya, maka anak cucunya akan miskin soalnya rejekinya sudah disedot semua. Atau harus ada tumbalnya. Tumbalnya adalah hal yang paling disayangi. Bisa jadi anaknya sendiri. Tapi yang jelas pesugihan itu mengorbankan keimanan, karena ingin kaya raya secara materi dengan minta bantuan makhluk alam lain,
Memang serem membaca tulisan di majalah supra natural. Ada yang katanya mengambil harta gaib milik jin dimunculkan di dunia. Ada yang katanya waris, dia berhak untuk memiliki harta dari milik jin (sampai pernah ada kabar kebun raya Bogor digali karena ada harta karun, oleh seseorang yang mengaku mendapat wangsit).

Atau menikah dengan golongan jin. Punya anak dari jin, terus nanti anaknya hidup di alam lain jadi tidak usah ngurusi. Atau punya jimat ditaruh di dompet, nanti uangnya akan nambah terus. Atau jimat-jimat yang lain.

Kenapa aku tertarik ngebahas ini, soalnya aku pernah tinggal di suatu rumah yang megah, dan bocoran dari orang dalam rumah ini dibangun dari hasil minta bantuan jin.

Yang tau latar belakangku pasti bisa menebak-nebak, hehehe... Gak usah nyebut lagi yang mana bangunannya.

Waktu itu aku masih bodoh, aku pikir yang bertanggungjawab hanyalah yang meminta bantuan jin. Sekarang aku tau, semua hasil yang dihasilkan dari bantuan jin itu uang haram, tidak barokah. Semua yang dimakan dari uang itu ibarat makan bara api dari neraka, merusak tubuh dan keimanan pelan-pelan, bagi yang mengetahuinya.

Kasus aku dulu, keluarga ini sudah tau masalah guru spiritual yang menggunakan jin untuk melariskan usaha. Yang disalahkan adalah guru spiritualnya, berdoa pada Tuhan agar pengelola usaha bengkel ini dijauhkan dari guru spiritual, TETAPI HASIL KEUNTUNGAN TETAP DINIKMATI.

Tau salahnya dimana? Ada orang mendapat uang panas, keluarganya tau, yang disalahkan adalah yang mengajak, uangnya tetap diminta dan dipakai untuk belanja.

Ada orang bilang gak jelas mana yang halal dan haram gimana. Sebetulnya bisa kelihatan dari efeknya. Kalo semakin lama orang yang makan uang haram, maka tindakannya semakin mirip setan atau ahli neraka. Serakah, kikir, melakukan pembenaran, berdoa pada Tuhan yang salah, dan banyak lagi.

Emang gak boleh kalo pengen kaya raya secara materi. Begini, Allah menciptakan manusia berbeda-beda agar saling membantu. Ada yang ditakdirkan kaya raya, ada yang ditakdirkan miskin. Bagi orang yang spiritualnya tinggi, banyak atau sedikit uangnya dia akan selalu merasa kaya.

Contohnya begini, ada seorang pengusaha kaya raya, suatu saat dia merasa jiwanya kosong. Memutuskan untuk menemui seseorang yang bijak yang hidup sederhana. Setelah orang kaya itu mendapat petuah dan hatinya tenang dia akan menyumbang uang bagi orang bijak itu. Orang bijak sungguhan (bukan palsu), pasti akan tetap menjalankan hidup sederhana, karena kepuasan batinnya adalah bila uang itu diberikan pada yang membutuhkan.

Jadi orang kaya juga bisa masuk surga asal dia berhati mulia, kekayaannya dari hasil halal, mensejahterakan karyawannya, rajin ibadah dan menolong orang lain dengan ikhlas. Jadi orang miskin juga bisa masuk surga dengan syarat hampir mirip, tapi tanggung jawabnya lebih kecil.

Sebaiknya hindari pesugihan, dan hasil yang didapat dari pesugihan itu, karena hanya akan membuat dosa syirik. Kalo udah syirik karena meminta bantuan makhluk alam lain bukan karena Allah, syahadat kita gugur, termasuk menjadi golongan kafir...
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

6 comments:

  1. from Mundi :
    kok bikin posting iklan pesugihan mbak ? bikin kaget aja...
    ngomongin soal pesugihan memang selalu bikin ngeri..

    ReplyDelete
  2. Itu namanya jebakan betmen, hehehe....

    ReplyDelete
  3. jadi inget buku antologi yang pernah saya buat. Setan 911. :D

    ReplyDelete
  4. wah soal pesugihan ini memang menakutkan soalnya ini syirik & kategorinya dosa tak terampuni...... semoga kita semua terhindar dari yang beginian........:)

    ReplyDelete
  5. kaya ndak bisa njamin atiku adem mbak,

    ReplyDelete
  6. iyah mbak ngeri klo ngomongin pesugihan..

    lebih baik cari penghasilan yg halal, biar sedikit yang penting berkah..amin :)

    semoga org2 itu segera dapet hidayah-Nya

    ReplyDelete