Bagian tubuh paling penting untuk dijaga

8 comments
Iklan di tivi mempromosikan macam-macam produk. Ada susu kalsium supaya tidak kena osteoporosis. Ada vitamin E alami supaya kulit kelihatan muda. Havermut atau oat agar jantung tetap sehat dan macam-macam lagi yang lain. Kalo mie instan sih kayaknya fungsinya sekedar mengganjal perut, kalo keseringan kurang baik.

Tapi menurut Islam bagian yang perlu dijaga adalah segumpal daging di dada. Ini terjemahan bebas dari suatu hadits "ada segumpal daging di tubuh manusia bila rusak, maka seluruh tubuh akan rusak, segumpal daging itu adalah qolbu".

Kenapa disebut qolbu, kenapa bukan hati, soalnya dalam bahasa Inggris kalimat ini diterjemahkan dengan heart atau jantung. Segumpal daging kadang juga diterjemahkan menjadi segumpal darah. Malah ada analisa mengatakan segumpal daging ini adalah otak.

Gunanya apa ya merawat gumpalan daging ini, bentuknya gimana, cara merawatnya gimana...

Kalo menurut aku bukan otak, karena Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam pernah dirobek dadanya oleh malaikat jibril, lalu ada bagian yang dicuci dengan air zam-zam. Setelah itu dimasukkan keimanan dan hikmah yang tadinya berada dalam bejana emas ke dalam qolbu. Isi dadanya kemudian disusun, ditutup tanpa ada bekasnya.

Jadi segumpal daging itu apa? Tepatnya letaknya dimana? Sepertinya memang wallahu a'lam bishowab. Kalo ada yang ketemu malaikat jibril tolong tanyain ya soal qolbu ini, aku gak tau dan belum pernah ketemu malaikat jibril soalnya.

Apa sih gunanya qolbu ini. Ada hadits lain yang terjemahan bebasnya adalah, "Allah melihat manusia bukan dari rupa dan harta, tapi dari amal dan qolbu". Hanya manusia yang menjaga kebersihan qolbu, rajin ibadah dan sedekah Insya Allah akan dimasukkan ke surga kelak setelah hari akhir. Tidak hanya itu saja, manusia yang menjaga kebersihan qolbu juga akan selalu tenang atau sabar dalam mengatasi masalah, tidak mudah putus asa. Selain itu juga selalu bisa merasakan nikmat hidup karena bisa mensyukuri apa yang dimiliki.

Manusia yang menjaga kebersihan qolbu akan merasakan ketentraman, kebahagiaan di dunia, dan kesempatan untuk masuk surga. Cara membersihkan qolbu adalah dengan terus belajar ajaran Islam, memahami, menghayati dan mengamalkan. Selalu berusaha menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah sepenuh hati...
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

8 comments:

  1. terjemahan yg biasa aku denger sih itu 'hati' mbk.

    ReplyDelete
  2. @ wits, pake hati untuk maksud qolbu juga tidak apa-apa asal maknanya dimengerti. Hati yang dimaksud tentunya berkaitan dengan rasa, sakit hati misalnya karena ada yang menyakiti. Hati ini tentunya bukan hepar atau lever tapi berkaitan dengan rasa tidak enak di dada

    ReplyDelete
  3. harus dirawat semua dong bu
    kan saling berkaitan
    mobil saja kalo dirawat mesinnya doang
    bannya kempes gabisa jalan

    ReplyDelete
  4. @ Rawins, semua perlu dijaga. Makanya kayak di blog aku satunya, mengkonsumsi madu, minyak zaitun juga. tapi yang dilihat Allah adalah qolbu

    ReplyDelete
  5. aiiiihhh iya mbaak benar sekali...orang bisa merasakan surga dan neraka ketika masih di dunia kata dosen saya...
    apa yang menentukan?
    Hati...
    kalau hati tenang mengingat Allah segalanya terlihat indah..

    ReplyDelete
  6. @ Ninda, hati yang tenang, merasa kecukupan akan mudah bersyukur

    ReplyDelete
  7. idza hasuna, hasunal jasadu kulluh

    ReplyDelete
  8. aku setuju banget... yg paling penting kita jaga di dalam tubuh kita adalah qolbu. Karena Qolbu yg sehat akan memberikan pengaruh besar ke organ2 lain yg didalam tubuh kita.
    Jika kita memiliki Qolbu yg sehat, tetap suci, maka prilaku kita akan menjadi baik dan akan mempengaruhi metabolisme tubuh.
    kita ambil contoh; orang sering marah2, gelisah, maka dia telah mengacaukan lalu lintas peredaran darah dan kacaulah metabolisme yang lainnya.

    ReplyDelete