Tuesday, June 14, 2011

Usaha membersihkan qolbu

Membersihkan qolbu sebetulnya sederhana, menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Hanya saja semua dilandasi karena takut pada Allah, bukan hanya sekedar menjalankan kewajiban.

Bicara soal membersihkan qolbu, aku mau cerita, tadi malem aku dapat SMS dari keponakanku "lagi sedih banget, mesti gimana". Berhubung dia di luar kota dan gak mau cerita masalahnya aku cuman jawab "kesenangan dunia hanyalah permainan yang menyesatkan, pikirkan akhirat, taubat, shalat, sedekah".

Maksud dari SMSku adalah saat terguncang, gunakan energi yang tersisa untuk membersihkan qolbu. Soalnya saat sedih banget, energi kita melemah, suka gak bisa mikir, ngapain juga males. Kayak aku dua hari yang lalu batal ikut roadshow Blogilicious gara-gara SMS yang mengguncang hati, hehehe... Alhamdulillah dengan bertukar pikiran dengan seorang teman yang bijak, bisa tenang lagi. Pertolongan dari Allah melalui seorang teman baik.

Bila qolbu sudah peka, takut pada Allah dan menjalankan ibadah, maka qolbu bisa akan menangkap cahaya Illahi, petunjuk tentang kebenaran. Tapi semua petunjuk juga hanya diberikan oleh Allah pada manusia yang Allah kehendaki.

Semoga semua yang sedih bisa jadi tenang. Yang marah bisa meredam emosinya. Toh nanti semua akan mempertanggungjawabkan diri sendiri saat di akhirat. Kita hanya bisa berusaha berbuat baik dan mengingatkan. Bila ada kemampuan berbuat, berbuat sesuatu akan lebih baik. Semuanya memang butuh proses. Seperti halnya proses membersihkan qolbu...

3 comments:

  1. Menjaga hati..... semoga kita semua benar2 bisa mengisi qolbu dengan hal2 yang positif.......... :)

    ReplyDelete
  2. Awas kesasar Di Sini
    Aneh ada Di Sini
    Contoh Penulis Tolol Silahkan Klik Di Sini
    Jangan Klik Di Sini
    Apakah anda akan klik Di Sini

    Salam Blogging And Salam Damai. Jangan Lua Follow

    ReplyDelete