Sunday, July 24, 2011

Allah bersama orang-orang yang sabar

Islam mengajarkan agar manusia saling menyayangi, saling membantu dan menghindari perbuatan dzalim dan memutuskan hubungan silaturahmi.

Bila ada yang mendzalimi dan memusuhi kita, jalan terbaik adalah bersabar. Memaafkan seberat apapun kesalahan itu, dan mencoba menjalin hubungan baik dengan orang yang memusuhi.

Tapi perlu pilih-pilih untuk berteman, seorang teman yang benar-benar baik dan tulus, akan berusaha mengingatkan tentang kebenaran dan kebaikan. Meskipun kebenaran itu kadang pait. Misalnya ada orang yang bergaul dengan pecandu narkoba, walaupun baik banget sekalipun pecandu ini, pasti ada kecenderungan mengarahkan ke arah yang tidak benar. Seandainya sampai jatuh cinta pada seorang pecandu narkoba atau mantan, mesti mencari dukungan seorang yang paham tentang mengatasi tanda-tanda seseorang mengkonsumsi narkoba. Baru saja ada berita seorang artis Inggris yang nyentrik, Amy Winehouse meninggal di usia 27 tahun. Amy ini sering dikabarkan keluar masuk rehabilitasi narkoba. Tidak mudah seorang pecandu berhenti begitu saja dari kecanduannya.

Kok belok ke Amy Winehouse yah... Intinya pilih-pilih teman, apalagi pacar yang baik-baik dan ikhlas beribadah, bukan sekedar riya' ibadahnya.

Seandainya didzalimi dengan disakiti hati seperti dicaci-maki, dirampas haknya, ditipu, dan apalah pokoknya berusaha untuk memaafkan dan mengikhlaskan. Karena orang yang mendzalimi kita itung-itungannya adalah dengan Allah, pahala orang itu kalo masih ada diberikan pada kita, sedang kalo tidak ada pahala dosa kita diberikan pada orang itu.

Sama halnya seperti dimusuhi, ada yang membenci kita menjauhi kita padahal kita sudah berusaha bersikap baik, maka bila sanggup kita berusaha minta maaf. Tapi bila orangnya tidak mau dimintain maaf, paling tidak kita sudah berusaha. Kalo orangnya menghindari kita, tidak bisa dikontak, paling tidak kita mendoakan orang itu untuk kebaikan.

Berusaha memaafkan dan minta maaf adalah ajaran Islam. Itu adalah sikap orang yang sabar walau dijahati dan dimusuhi. Allah melaknat orang yang berbuat jahat dan memusuhi, akan diberis siksa dunia dan akhirat. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar...

1 comment:

Anonymous said...

Kalau dalam islam, kita dizalimi oranglain, kita mempunyai beberapa pilihan untuk menyikapi nya. Yang pertama, membalas dengan perbuatan setimpal (spt halnya qishash). Kedua, memaafkan dalam hati orang yg menzalimi, tapi tidak perlu kita yang memohon mohon utk mendatanginya dan mencarinya. Ketiga, memaafkan dan berbuat baik padanya (ini pilihan yg paling mulia). pilihan pertama atau kedua diatas dapat diambil seorang muslim ketika dirinya dizalimi, karena islam mengajarkan jihad dalam memerangi kezaliman dan kita diwajibkan mempertahankan harta, anak2, dan harga diri kita ketika dizalimi. Jadi kesabaran seorang muslim tidak serta merta 'mengalah' apalagi jika tidak salah harus memohon maaf. Itu salah kaprah.