Wednesday, July 20, 2011

Islam KTP (orang Islam tapi tidak beriman)

Ngobrol dengan teman kadang sulit untuk menjelaskan. Misalnya aku bilang "aku memang kehilangan harta benda, tapi Insya Allah masih punya iman". Dijawab oleh temenku "bukannya iman itu artinya percaya, iman saja belum cukup".

Padahal di Al Qur'an disebutkan bahwa manusia beriman dimasukkan oleh Allah ke surga. Di Alqur'an juga dinyatakan bahwa manusia yang beriman dengan sebenar-benarnya iman maka hatinya bergetar bila dibacakan ayat-ayat Al Qur'an, membagikan sebagian rejekinya pada kaum miskin, dan berjuang di jalan Allah atau Jihad Fi Sabilillah.

Tentu saja tidak semudah itu kita mengatakan pada orang Islam yang kita tau persis tidak menjalankan Islam secara benar bahwa dia Islam KTP atau Islam by ID, biar Allah yang menilai. Kita hanya bisa mengingatkan supaya memperbaiki diri dan menjalankan Islam sesuai Al Qur'an dan As-Sunnah. Dari pengalamanku sendiri, mencoba hidup lurus ternyata banyak dimusuhi orang, mereka ini mencari celah-celah kekeliruanku yang tidak sengaja aku lakukan, bahkan mengatakan hal tidak benar tentang aku. Sepertinya sebagian besar orang Islam KTP tidak terima dikatakan seperti itu, toh mereka sudah shalat, sudah banyak berbuat kebaikan dengan menolong orang. Sebetulnya Islam lebih luas lagi ajarannya, shalat itu sebaiknya khusyuk, dan bila menolong orang lain diusahakan ikhlas.

Bila melihat teman kita adalah Islam KTP, didoakan saja supaya ditunjukkan Allah ke jalan yang lurus. Semoga kita termasuk golongan orang Islam yang beriman, karena hanya orang Islam yang beriman saja yang dimasukkan Allah ke surga...

2 comments:

  1. kok kayak judul sinetron di SCTV.....

    salam kenal ya... :)

    ReplyDelete
  2. wah, semoga saya tidak termasuk yg islam KTP ya, mbak?

    ReplyDelete