Saturday, July 30, 2011

Jihad tidak selalu berarti ke medan perang

Jihad itu artinya dalam bahasa adalah "berjuang" atau "berusaha keras". Sedang dalam konteks Islam berarti "berjuang keras menegakkan syariat Islam". Kalo ada orang Barat punya persepsi jihad artinya adalah bunuh diri di medan peperangan tidak sepenuhnya benar. Peperangan dalam Islam adalah bila orang-orang Islam dizalimi kaum kafir atau diusir.

Allah berfirman:
Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu, dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. (QS. Al Mumtahanah [60] :9)

Walau jihad itu bisa diartikan maju ke medan perang apabila orang-orang Islam diperlakukan tidak adil dengan sangat atau diusir, tapi selain itu juga jihad berarti mendirikan shalat, menunaikan zakat dan selalu berjuang di jalan Allah. Di Al Qur'an dinyatakan bahwa berjihad adalah berjuang di jalan Allah tanpa keraguan dengan memberikan harta dan jiwa di jalan Allah.

Allah berfirman:
Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong. (QS. Al Hajj : 78)

Allah berfirman:
Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar. (QS. Al Hujuraat : 15)

2 comments:

Yus Yulianto said...

bisa juga dengan jalan dakwah kan ya mba.

Ami said...

@ Iyus, tidak harus dakwah. Rajin shalat, bayar zakat dan rajin sedekah termasuk jihad