Friday, August 26, 2011

Beda Haji dan Umroh

Pengertian umroh adalah berkunjung ke Baitullah pada waktu yang tidak ditentukan. Ibadah umroh adalah ibadah yang dilakukan dengan berihram dan miqat, kemudian tawaf, sa'i dan diakhiri dengan menggunting rambut/bercukur, dan dilaksanakan dengan tertib.

Sedangkan ibadah haji adalah ibadah umroh ditambah wukuf di Arafah, singgah di Muzdalifah, serta melempar jumroh di Mina. Ibadah haji hanya dikerjakan pada bulan Dzulhijjah.

KETERANGAN:

BAITULLAH
Baitullah adalah rumah Allah yang berada di Mekkah, yaitu sebagai pusat pengabdian manusia kepada Allah SWT (baca notes sebelumnya yang berjudul Ka'bah)

IHRAM
Ihram adalah niat haji atau umroh, yaitu ikatan hati untuk masuk dalam ibadah haji atau umroh. Bila seseorang telah masuk dalam ibadah haji atau umroh, maka dia terlarang melakukan hal-hal yang dilarang bagi orang yang sedang ihram.

Di antara larangan-larangan ihram itu adalah berhubungan intim, bercumbu rayu, mencukur rambut dan memotong kuku, akad nikah, meminang wanita, membunuh binatang buruan, memakai wangi-wangian, memakai pakaian berjahit yang membentuk tubuh, menutup kepala dengan sesuatu yang menempel langsung, khusus wanita dilarang memakai penutup wajah dan sarung tangan, mendekati perbuatan maksiat, permusuhan dan berbantah-bantahan dalam kebatilan, makan sebagian dari daging binatang buruan yang ia ikut andil dalam perburuannya

MIQAT
Miqat zamani adalah batasan waktu dilakukannya ibadah haji. Miqat makani adalah tempat dilakukan syariat untuk memulai niat ibadah haji dan umroh.

TAWAF
Tawaf adalah ritual mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali.

SA'I
Sa'i adalah berlari kecil bolak-balik tujuh kali antara bukit Shafa dan bukit Marwa

WUKUF DI ARAFAH
wukuf secara harafiah berarti berdiam diri. Arafah berjarak sekitar 25 km di sebelah tenggara Makkah dan merupakan padang pasir sangat luas. Pada saat wukuf disarankan untuk memperbanyak do'a sambil menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan.

MELEMPAR JUMRAH
melempar kerikil sebanyak tujuh kali lemparan di Mina

2 comments:

  1. lebih tepatnya dan ada baiknya kita hendaknya melakukan ibadah umroh dlu sebelum melaksanakan ibadah haji, hehe... Makasih penjelasanya.... :))lebih tepatnya dan ada baiknya kita hendaknya melakukan ibadah umroh dlu sebelum melaksanakan ibadah haji, hehe... Makasih penjelasanya.... :))

    ReplyDelete
  2. terima kasih penjelasannya mas, mohon izin sering-sering mampir nih.. ingin belajar banyak tentang haji dan umroh karena sekarang jadi agen Travel Haji Plus dan Umroh..

    ReplyDelete