Tuesday, September 6, 2011

Lebih sulit mana bersyukur atau bersabar

Aku pernah membaca postingan berjudul seperti ini, tahun kemarin. Sampai ditunjukkan dalil-dalilnya dari Al Qur'an. Waktu ditanya oleh komentator, penulis blog gak bisa jawab, sepertinya dia hanya copy paste saja. Ada hadits menyatakan "orang beriman bersyukur bila mendapat kesenangan dan bersabar bila mendapat musibah".

Sederhana saja ternyata jawabannya. Seandainya seseorang dapat musibah, bisakah dia bersyukur atas musibah yang didapatnya? Jadi andai uangnya hilang, malah mensyukuri hal itu. Mengucap begini "Alhamdulilah yah, uangku hilang, ini tanda aku mesti lebih banyak sedekah" (gaya Syahrini...).

Allah memerintahkan manusia untuk bersyukur, orang bersyukur akan diberi nikmat lebih oleh Allah (QS. Ibrahim : 7). Tapi bila sedang dalam situasi yang sulit dan tetap bersabar, maka sesungguhnya Allah bersama orang yang sabar (QS. Al Baqoroh : 153).

Menurut Antonio Syafii, sabar sendiri artinya adalah dinamis, bukan diam. Jadi tetap melakukan 5 T yaitu Taat, Tabah, Tawakal, Taqwa dan ikhTiar. Islam mengajarkan untuk optimis, jadi dalam kondisi sabar mesti tetap optimis menghadapi apapun. Bagi orang yang benar-benar beriman, maka goncangan antara bersabar dan bersyukur itu tipis, tidak banyak gelombang. Dan aku sendiri masih jauh dari itu, masih belajar untuk ke sana.

Bersyukur juga sesuatu yang dinamis, bukan mengumbar di depan wartawan sambil ngomong "Alhamdulilah yah", tapi bersujud di depan Allah sambil berterima kasih atas semua nikmat yang telah diberikan oleh Allah. Tunjukkan terima kasih itu dengan berbagi rejeki pada yang lebih membutuhkan, karena di uang kita ada hak untuk fakir miskin. Membantu orang lain yang lebih susah daripada kita akan membuat kita merasa beruntung, dan lebih bersyukur. Apalagi ada hadits yang menyatakan bahwa membantu orang lain yang kesulitan maka kita akan dipermudah urusan oleh Allah. Bila membantu dengan ikhlas akan dipermudah urusan untuk dunia dan akhirat.

Semoga Allah selalu menguatkan hati kita untuk selalu mensyukuri hidup ini, dan menguatkan hati kita untuk tetap bersabar tidak emosi dan kehilangan semangat hidup saat mendapat musibah...

5 comments:

  1. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ulasan ukhti sangat kritis, menunjukkan kecemerlangan pemikirannya, sepertinya saya harus banyak belajar dari situsnya ukhti.

    Salam ukhuwah Islamiyah

    ReplyDelete
  2. Dalam kondisi apapun seharusnya kita bersyukur kepadaNya, karena nikmat yang diberikan olehNya jauh lebih banyak dari sekedar musibah yang sedang dialami.

    Untuk mencapai tingkat yang seperti memang sulit sekali. Umumnya syukur lebih terkait saat seseorang menerima kesenangan saja.

    ReplyDelete
  3. @ Insan robbani, saya masih jauh dari orang yang sabar, masih belajar. Terima kasih atas komentarnya. Btw, saya coba untuk klik profil kok gak ada ya

    ReplyDelete
  4. @ Halaman Putih, berusaha agar syukur selalu dipanjatkan dalam situasi apapun. Tapi tentu saja kadang kita kaget juga dengan suatu musibah. Terus meningkatkan keimanan agar terus bisa selalu bersyukur dan bersabar...

    ReplyDelete
  5. apa tipsnya supaya kita mudah bersyukur?

    ReplyDelete