Umur manusia siapa yang tau

Saturday, September 3, 2011

Kabar terpanas hari ini adalah istri Saipul Jamil meninggal. Masih pengantin baru, baru menikah Maret 2011 yang lalu. Masih muda, cantik, dan sedang bahagia-bahagianya. Aku jadi ingat salah seorang sahabatku yang baru saja jalan-jalan ke Singapura, mampir Batam tiba-tiba anak sulungnya tersedak kerang, umur 10 tahunan (seingatku) meninggal mendadak.

Barangkali aku juga bisa jadi meninggal besok, siapa tau. Karena umurku sudah ditulis saat umurku 40 hari di kandungan. Jadi aku cuman bisa bilang semoga diberi kesempatan hidup sampai Ramadhan tahun depan, karena bulan Ramadhan adalah bulan pelebur dosa. Aku harap saat aku meninggal, aku banyak bertaubat, banyak menyesali kesalahanku. Aku juga berharap sedang dalam menyerahkan jiwaku pada Allah, sedang tidak tergoda oleh hal duniawi.

Aku jadi ingat saran Quraish Shihab saat ada yang menanyakan bagaimana agar khusnul khotimah. Dan beliau menyarankan agar kita sering berada di masjid, atau membaca Al Qur'an, karena manusia akan meninggal di tempat dia sering berada. Tidak hanya tubuhnya, tapi juga hatinya berada dimana. Dengan ilmuku yang penuh keterbatasan, hatiku yang kadang penuh keraguan, kemarahan, kecemasan, kesedihan, semoga Allah memberiku kesempatan untuk akhir yang baik.

Aku memang banyak mengalami hal-hal menyakitkan, dijauhi orang, dianggap menyebalkan, dihina, tidak dihargai, dilecehkan, diteror, dimusuhi, diambil anak-anakku, dibohongi, dan banyak lagi biarlah, toh mereka yang menyakiti hatiku sudah mendapat imbalan mendapatkan dosa-dosaku. Dosa-dosaku banyak berkurang karena mereka-mereka ini. Aku juga banyak mendapatkan pencerahan hidup dari kejadian-kejadian ini. Pencerahan yang membuatku sadar makna hidup, bahwa ternyata hidayah lebih berarti daripada dunia dan seisinya.

Semoga kita semua mendapat kesempatan untuk meninggal dunia khusnul khotimah. Dengan selalu mensucikan hati, takut pada Allah, menyayangi sesama, mampu memaafkan orang lain, sabar, menekan ego dan kemarahan, menahan hawa nafsu, suka membantu orang lain, dan semua kebaikan yang ada dalam perintah ajaran Islam...

3 comments

  1. ingat mati....adalah cara yg ampuh untuk melawan godaan duniawi...

    ReplyDelete
  2. jadi harus sering ingat Allah, krn umur kita ditangan-Nya

    *makasih mbak atas jawaban tentang masalah ibadah sholat yang tak diterima Allah selama 40 hari

    ReplyDelete