Bagaimana rasanya amnesia

Thursday, October 20, 2011

Aku merasa seperti amnesia sejak pindah ke Jogja, Juni 2009 yang lalu. Kemudian Juli 2009 aku diteror habis-habisan oleh seseorang di masa lalu. Katanya sih mau menggal leher aku, nyiram aku pake air keras segala. Entahlah, soalnya sibuk reunian, makan bareng, karaokean sampe malem jadinya aku sepertinya malah sibuk bersenang-senang. Setelah euphoria reuni sudah selesai, aku kerja jadi pendidik di PAUD terpadu.

Ada enaknya kena amnesia, soalnya aku lupa kejadian sebelum Juni 2009, ingat setelah muncul di tulisan. Tulisan itu aku jadikan draft sajalah. Sekarang aku memutuskan belajar hidup lagi, memperdalam masalah spiritual. Tapi ternyata tidak banyak yang mengerti, jadi kupisah saja di blog tersendiri. Aku juga punya sisi kehidupan untuk bergaul dengan teman-teman lama dengan kegiatan positif, bukan hura-hura lagi loh. Kayak jalan-jalan, nyicipin makanan, olahraga dan sekarang ditambah kopdar dengan teman sesama blogger.

Ternyata memperdalam spiritual yang pemahamannya adalah mengamalkan nilai-nilai luhur menolong sesama, ibadah, mendapat ketenangan batin, dan kekuatan jiwa, banyak ujiannya. Misalnya ada pebisnis online yang membuat blog khusus untukku dengan judul blog MENGUNGKAP KEBUSUKAN RATNAWATI UTAMI. Mau diajak diskusi sampai kering ludahnya juga dia gak akan ngerti, karena bahasa spiritualis itu halus, sedangkan bahasa penghujat itu kasar. Bahasa kasar, caci maki adalah bahasa setan yang masih bodoh, sampai ada hadits menyatakan orang yang mencaci maki mengambil dosa orang yang dihujatnya. Bahasa setan yang pintar adalah mencoba menyesatkan dengan kalimat yang halus. Barangkali aku juga pernah ngomong keras, itulah aku selalu belajar untuk memperbaikinya. Kayaknya orang ini mengontak orang yang tau latar belakangku.

Bisnis dari pebisnis online ini sudah dikasih gambaran teman blogger lain adalah moneygame. Moneygame adalah multilevel marketing tanpa barang. Uang perekrutan dari member baru dibagikan ke upline di atasnya. Ada saatnya nanti, uang member baru tidak akan cukup dibagikan ke upline, saat itulah pembuat sistem moneygame ini menghilang setelah mendapat untung banyak. Dan yang kelimpungan adalah bawah-bawahannya sudah menyetor uang pendaftaran tapi tidak mendapat untung apa-apa.

Amnesia juga lupa rasanya jatuh cinta. Tapi ada untungnya lupa jatuh cinta pada lawan jenis, hatiku sepenuhnya kuserahkan pada Allah. Berserah diri terhadap semua kejadian dan berusaha menjaga amanat yang diberikan padaku untuk kujaga baik-baik. Lupa rasanya jatuh cinta adalah tulisan seorang blogger yang dulu aku sering tukar pikiran. Karena suatu kejadian, blogger ini yang tadinya sudah mencoba membuka diri dengan memasang foto memutuskan menulis konspirasi kejahatan dan menjadi anonim. Dalam kondisi anonim saat ini dia pilih-pilih teman dan menutup diri, tidak ramah seperti dulu. Aku ingatkan bahwa Islam tidak mengajarkan memutuskan hubungan, baik keluarga atau pertemenan, ternyata semakin menarik diri. Yah, sudahlah, kita tidak bisa memaksa orang, walau sayang banget dia rugi karena menyambung silaturahmi akan banyak rejekinya, dan hidup akan dimudahkan oleh Allah.

Oh ya, blogger yang sudah tidak mau bicara denganku ini akhirnya menulis kalo dia dulu pecandu narkoba. Dan entah kenapa kemarin aku merasakan sakaw. Apa benar sih rasanya seperti badan tidak terkontrol, menggigil, jantung ditusuk-tusuk dan berhalusinasi rasanya ingin mati saja. Soalnya aku belum pernah cicipin narkoba, ngeliat juga belum. Bisa kuatasi dengan mangga ranum yang lagi musim, maklum aku pecinta buah.

Jadi amnesia itu tidak selalu merugikan. Malah seperti mereset kehidupan yang lama dan merubah jadi lebih baik. Walau masih terseok-seok tapi selalu berusaha menjadi lebih baik, baik bicaranya, baik bersikap pada orang lain, mempunyai ketenangan hati, serta selalu mendekatkan diri pada Allah. Karena surga itu untuk manusia yang mendapat ridho dari Allah. Maka kita berusaha memahami apa saja yang membuat Allah ridho dengan mengamalkan sesuai firman Allah dan hadits...

6 comments

  1. sabar ya mbak Ami, meskipun seseorang sampe mbela2in bikin blog kayak gitu, Njenengan sing sabar...tapi bener ya mbak Ami sakaw? atau saya yang kurang paham sama konteks kalimatnya ya >.<


    mudahan ndak kenapa2 ya mbak, dan sehat lagi..dengan adanya entri ini insya Allah sudah sehat kan mbak ya hehe

    ReplyDelete
  2. mbak, amnesia memang bs lupa dgn kejadian masa lalu, tapi kayaknya gak mungkin lupa rasanya jatuh cinta... itu sudah naluri manusia
    kalo sudah ketemu orang yg tepat, mungkin mbak akan jatuh cinta lg...

    ReplyDelete
  3. @sadako, justru amnesia malah menguntungkan. Soal sakaw cuman bentar dan gak enak banget. Alhamdulillah ngeliat mangga sakawnya ilang. Kalo emang bener rasanya gitu berarti berat banget penderitaan orang yang mengobati kecanduan narkoba

    ReplyDelete
  4. @Mundi, soal jatuh cinta ternyata cinta itu lebih ditujukan pada Allah dan Rasulullah. Cinta pada manusia jangan sampai berlarut-larut. Biasa-biasa aja kalo dikasih cinta lagi apa enggak terserah pada Allah sajalah

    ReplyDelete
  5. Terima kasih untuk blog yang menarik

    ReplyDelete
  6. Menarik,dan sekalian bertanya:
    Bagaimana rasanya detik2 saat akan mengingat hal2 yg udah berlalu,mungkin pusing?,sakit kepala berat?,dan bila hal yg telah berlalu itu sudah diingat kembali,apakah hal yg dijalani pada saat amnesia itu akan terlupakan?
    Soalnya,saya sedang mengikuti jalan pikiran orang yg saya kenal dekat dan dia sakit,g tau apakah dia benar2 amnesia atau tidak,mohon pencerahannya,dan sebelumnya terima kasih...

    ReplyDelete