Monday, October 24, 2011

Hampir setahun ngeblog

Hampir setaun ini aku ngeblog. Tepatnya pertama kali aku publish tanggal 15 November 2010. Sedikit napak tilas, aku membuat blog ini karena sakit hati begitu banyak yang meremove bahkan memblokir aku di Facebook. Kata mereka aku orangnya aneh. Bahkan ada yang ngatain ngomong sama aku bikin dosa saja. Padahal sejauh ini kebanyakan di Facebook aku nulis tentang pemahaman hidup bahkan Notesnya tentang kutipan-kutipan tentang ajaran Islam. Pokoknya yang aku baca aku tulis.

Kemudian aku sadar... bahwa walau aku sudah banyak nulis tentang bersabar dan bersyukur, prakteknya aku belum benar-benar bersabar dan bersyukur. Ada banyak kejadian yang membuatku mesti berjuang, iya berjuang sampai berminggu-minggu gemetaran mengucap istighfar kebingungan dengan apa yang terjadi denganku. Kerja di tempat Ibuku sendiri membuat orang-orang sungkan denganku. Bayangkan satu jam mencoba konsentrasi mendadak aku kayak orang pingsan aja, sampe diketawain murid-murid berumur sekitar 4 tahun soalnya kata mereka aku ketiduran. Fisikku begitu lemah saat aku bekerja di beberapa bulan pertama.

Terlalu banyak keajaiban buatku tentu saja, kebingunganku begitu banyak kalimat bersliweran, maksudnya apa, aku mesti belajar memahami semuanya. Kemarahanku pada sosok kegelapan yang tidak jelas selalu mengurungku akhirnya sirna karena sebuah cahaya muncul menerangi kabut hitam di sekitarku. 

Pertemuan dengan orang-orang aku anggap semua ada maknanya. Pada titik tertentu aku meyakini bahwa semua yang terjadi tidak ada yang tidak bermakna. Bahkan sehelai daun yang jatuh sekalipun. Seandainya manusia tidak serakah, maka sebetulnya dunia itu indah, alam penuh dengan makanan yang bisa kita nikmati, tidak ada yang kekurangan makanan. Bagaimana dengan nasib orang yang menderita di dunia, busung lapar misalnya, tidak bisa makan, pada akhirnya mereka akan mendapat kemudahan hidup setelah di akhirat nanti. 

Sedangkan orang-orang yang berlebihan, malah serakah tidak mau menolong yang kekurangan akan mendapat kesulitan saat di akhirat nanti. Aku sangat salut dengan orang dengan materi melimpah tapi punya jiwa sosial yang tinggi. Dan kasihan dengan orang kekurangan materi tapi panjang angan-angan dan sombong. 

Itulah sebagian pemahamanku setelah hampir setahun ngeblog ini dan bertemu dengan banyak sekali tipe karakter manusia. Semua hal pahit manis aku rasakan penuh dengan syukur, aku mencoba selalu mencari sisi baik dari kejadian menyakitkan sekalipun, pasti Allah bermaksud baik untukku.  

Tidak ada giveaway, tidak ada perayaan, aku ingin mengorbankan hewan qurban di ulang tahun blogku ini. Tadi siang sudah kutitipkan uang hasil jerih payahku bekerja. Semoga membawa berkah. Amin...

14 comments:

  1. jadi udah setahun ngeblog ya mbak...
    aku jg punya blog bhs inggris buat ikutan google adsense...

    aku suka mampir di blog ini krn isinya cukup berbobot, cerdas, sekaligus berdakwah...
    teruslah menulis mbak...

    ReplyDelete
  2. hampir sama, sya baru akan genap satu tahun ngeblog ketika pas hari raya idul adha nanti. ada banyak manfaat tentunya, kalopun ada yg beda pendapat dlm pemikiran itu semata mata sbg sebuah pembelajaran. Pembelajaran utk menyikapi hal hal yang tidak sepaham dgn saya.

    Ngeblog juga bikin kita merasa lebih peka dgn lingkingan dan org lain karena dasar sumber dari sebuah tulisan kebanyakan di hasilkan dari keduanya. Ngeblog juga bsa menjadi gendang perang mengusir kebodohan karena kata bung tantowi yahya bahwa kebodohan itu akan dekat dgn kemiskinan hehe.. Maaf komen nya ngalor ngidul.

    ReplyDelete
  3. setahuku mbak ngeblog sebelum itu deh
    bulan Mei kalo ga salah

    ReplyDelete
  4. @ yayack, kaya uang, kaya jiwa,tenang dan bahagia, kecukupan karena disayang Allah. beban hidup untuk diatasi bukan untuk dihindari

    ReplyDelete
  5. @ John, baca profilku deh. aku juga cek postinganku terlama di Mengharap Ridho Allah. aku pernah nulis di Multiply pas error. seperti bukan diriku aja yang nulis, sosok lain yang ambil alih

    ReplyDelete
  6. Orang2 yang memiliki kelebihan harta sudah seharusnya membantu mereka yang kekurangan sehingga terjadi prinsip keseimbangan. Ada zakat, infaq dan shodaqoh yang bisa disalurkan dalam hal ini. Saya tak yakin bahwa orang2 yang punya banyak harta itu benar2 menghitung pengeluaran zakat dan menyalurkannya secara sungguh2.

    ReplyDelete
  7. santai saja dong...
    baru setahun. masih bayi tuh...
    hehe

    ReplyDelete
  8. bentar lagi blognya ultah ni mbak
    lanjutkan berkarya

    salam dari pamekasan madura

    ReplyDelete
  9. Semoga ada tahun ke 2, ke 3 dst dan dengan wadah ini bisa memberikan kemanfaatan untuk diri sendiri dan orang lain.
    Ayo semangat

    ReplyDelete
  10. walah, ndak nyangka..
    malah kirain mbaknya udah lebih lama ngeblog dari saya,
    ternyata oh ternyata..

    ReplyDelete
  11. Baru "hampir" setahun aja udah banyak sekali karya mbak Ami, udah gitu blognya banyak pula... Udah bolak balik kopdar juga... Pokoknya utk usia yang baru "hampir" setahun itu sudah luar biasa... :)

    ReplyDelete
  12. yah .... sayang yah... next time, perlu dipertimbangkan mbak adain give away... hehhehe

    ReplyDelete
  13. wah, selamat ultah yang ke-1 buat blognya Mbak Ami.. :)

    ReplyDelete