Mimpi-mimpiku (dari tidurku) yang jadi kenyataan

Wednesday, October 5, 2011

Benarkah mimpi itu bunga tidur? Kenapa beberapa mimpiku akhirnya menjadi kenyataan? Apakah itu kebetulan saja? Atau gimana? Tapi kenyataannya gak cuman mimpiku saja jadi kenyataan, banyak cerita orang bermimpi ternyata merupakan firasat akan sesuatu kejadian yang akan terjadi. Tetapi tidak semuanya, hanya beberapa hal yang sepertinya penting saja.

Sebelum lulus kuliah aku sering mimpi tersesat. Jadi aku melihat diriku sedang tidur, aku pengen bangun tapi tidak bisa bergerak. Padahal aku seperti terbangun, melihat kamarku, membuka pintu lalu keluar kamar. Beberapa kali balik ke tubuh lagi mencoba untuk bangun. Menyakitkan sekali rasanya bila otak sudah sadar tapi fisik tidak bisa digerakkan. Kata orang Jawa ini disebut ketindihan atau ditindihi setan. Tapi temenku yang lain bilang karena stres sehingga badan dan jiwa gak bisa nyatu.

Lalu aku pernah beberapa kali mimpi duduk di bangku sekolah. Ada penjaga di situ yang galak bawa penggaris panjang. Pernah loh penjaganya ini Brad Pitt, hehehe... Saat terbangun aku terengah-engah dan menuju ke ruang tengah yang ada fotoku yang sudah diwisuda. Aku sudah lulus kok, tapi mimpiku kok aku masih harus sekolah. Kata temenku yang bijak, aku mesti belajar lagi tentang kehidupan. Dan jawaban tentang kehidupan ada di Al Qur'an dan hadits.

Mimpi ketemu almarhum Bapak juga pernah, persis jam 5 pagi aku mimpi bertemu Bapak yang dengan wajah teduh membangunkan aku shalat Subuh. Ada lagi, waktu itu aku mimpi buka inbox di hape, begitu bangun, memang ada SMS yang ngajak aku ke penginapan di lereng Merapi ada acara makan-makan. Dan lucunya saat aku melihat gunung Merapi, aku mojok di saung sendirian aku nangis... kayaknya Merapi ingin menyampaikan sesuatu padaku. Tepatnya Merapi ingin menguatkan hatiku supaya jangan sedih terus.

Tapi akhir-akhir ini aku mimpi tentang temen-temen bloggerku. Ada blogger yang pernah janji mau membantuku dengan temannya pengacara untuk menyelesaikan masalahku yang rumit. Aku mimpi blogger ini dalam kondisi tidak punya apa-apa, maksudnya apa ini sampai aku bertanya-tanya. Belakangan dia menghilang karena banyak membuat giveaway tapi tidak mengirimkan hadiahnya ke blogger yang jadi pemenang kuisnya.

Ada mimpi lain tentang teman-teman bloggerku, aku mimpi ada yang sempat sering chat terus dia menghilang karena beda pendapat. Dan akhirnya ternyata memang ada, malah lebih dari satu. Sedih banget aku, tapi saat dia menjauh, aku dapat ganti beberapa kenalan blogger lain yang lebih nyambung ngobrolnya sama aku. Persis seperti yang aku yakini, bila kita mengikhlaskan sesuatu walau berat, akan dapat ganti yang lebih baik.

Yang masih belum terpecahkan adalah mimpi bertemu seseorang yang sosoknya gelap tidak kelihatan jelas. Bila ada di dekatku dia membuatku damai, aku serasa menangis bahagia. Aku menyebut sosok ini Mr. X. Sosok Mr. X ini yang membuatku nekad untuk pindah ke Bogor, karena aku pikir yang di Bogor adalah Mr. X, tapi jelas bukan. Karena Mr. X sangat menyayangiku dan selalu melindungiku. Karena laki-laki di Bogor tega mengirim SMS mau membunuhku segala, sedangkan Mr. X adalah orang yang berusaha tidak menyakiti hati orang lain, apalagi pada orang yang sangat disayanginya. Sekian lama aku bertemu macam-macam orang, belum ada satupun yang bisa memberikan rasa nyaman itu. Sampai aku berpikir, barangkali aku akan menemukan sosok ini di akhirat, sehingga aku lebih banyak belajar tentang akhirat.

Di akhirat, seorang wanita sholehah akan mendapatkan jodoh laki-laki sholeh untuk ditempatkan di surga. Laki-laki sholeh ini akan sangat menyayangi istrinya, tidak akan berpaling biarpun banyak bidadari cantik di surga yang diciptakan langsung dewasa. Saat di surga wanita dan laki-laki akan berumur sekitar 30an tahun, dalam keadaan sangat bergairah hidup, selalu bersyukur akan ni'mat Allah, bicara sopan, saling menebar salam, saling menyayangi dan mengucap kata-kata bijak, tidak ada kata-kata yang sia-sia.

Itu yang ada di mimpiku saat tidur, kalo dalam keadaan terbangun serasa berada di jaman lain beda lagi ceritanya. Biasanya berkaitan dengan cerita Nabi-Nabi yang sering aku baca. Hikmah dari semua cerita-cerita Nabi yang berhubungan dengan masalah manusia pada umumnya...

Mimpi memang unik, ada yang begitu menancap memorinya, ada yang mudah terlupakan begitu saja. Dan beberapa mimpi memang rasanya begitu dalam, sampai membuatku menangis terharu...

2 comments