Keutamaan hari dan puasa Arafah

4 comments
Pada tahun ini hari Arafah jatuh pada tanggal 5 November. Ayo kita menjalankan puasa Arofah, karena keutamaannya yang begitu tinggi. Ini keutamaan hari dan puasa Arofah

1. Satu dari 10 hari pertama Dzulhijjah di mana Allah sangat mencintai amal saleh yang dilakukan seorang hamba. Tiada hari-hari yang amal saleh di dalamnya lebih dicintai Allah daripada hari-hari ini. Yakni, 10 hari pertama dari bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: Wahai Rasulullah, dan tidak juga berjihad di jalan Allah (lebih utama darinya)? Beliau bersabda: Dan tidak juga berjihad di jalan Allah (lebih utama darinya), kecuali se seorang yang berjuang dengan dirinya dan hartanya, lalu ia tidak kembali dengan apa pun. (HR Bukhari dan Muslim).

2. Hari Arafah adalah hari disempurnakannya agama dan dicukupkannya nikmat. (HR Bukhari dan Muslim).

3. Hari Arafah termasuk salah satu hari raya bagi umat Islam yang sedang melaksana kan ibadah haji di Tanah Suci. Hari Arafah, hari Nahr (penyembelihan), dan hari-hari tasyrik adalah hari raya kita orang Islam, hari makan-makan dan minumminum. (HR Ahlus Sunah).

4. Hari Arafah adalah hari yang Allah bersumpah dengannya dan Allah tidak akan bersumpah kecuali dengan yang agung pula. (QS al-Buruj [85]: 3). Al-Yaumul Mau'ud(hari yang dijanjikan) adalah hari kiamat, Al-Yaum ul Masyhud(hari yang disaksikan) adalah Arafah, se dangkan Asy-Sya hid (yang menyaksikan) adalah Jumat. (HR Tirmidzi). Hari Arafah adalah hari Witir (ganjil) yang Allah bersumpah dengannya, Dan yang genap dan yang ganjil. (QS al-Fajr: 3).

5. Hari Arafah adalah hari Allah mengambil perjanjian atas keturunan Adam. gSesungguhnya Allah telah mengambil perjanjian keturunan Adam pada hari Arafah. Allah mengeluarkan keturunannya dari sulbinya, lalu meletakkan di tangan-Nya, mereka laksana semut-semut kecil, kemudian Allah berbicara kepada mere ka, Bukankah aku ini Tuhan kalian. Mereka menjawab: Benar, kami menjadi saksi. (HR Imam Ahmad).

6. Hari Arafah adalah hari diampuninya do sa dan dibebaskan dari neraka, dan dibanggakan jamaah yang wukuf. Tidak ada suatu hari yang Allah lebih banyak membebaskan seorang hamba dari api neraka, melainkan hari Arafah. Sesungguhnya Allah mendekat dan mem banggakan mereka di hadapan para malaikat-Nya seraya berkata, Apa yang mereka inginkan? ( tentu Aku kabulkan). (HR Muslim).

7. Doa pada hari Arafah adalah sebaik-baiknya doa. Sebaikbaiknya doa adalah doa hari Arafah dan sebaik-baik doa yang aku dan nabi-nabi sebelumku selalu melafalkan Laa ilaaha illallaah wahdahuu laa syariikalah lahulmulk wa lahulhamd wa huwa ala kulli syaiin qadiir. (HR Tirmizi). Wallahu alam.

Sumber : Republika Online
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

4 comments:

  1. Sayang aku gak bisa ikutan puasa arofah mbak...

    Oya, kemarin malam aku kirim SMS. Apakah diterima?

    ReplyDelete
  2. yah mbak, baru baca sekarang :( tadi dah sarapan. Gpp deh, yang penting masih bisa ibadah dan beramal

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya mbak. Saya tambahkan link-nya ya di postingan saya.

    Semoga kita semua diberi kekuatan untuk menjalankan puasa Arafah ini.

    ReplyDelete
  4. Sayang juga lagi "gak boleh" ikutan puasa:( Btw, salam kenal ya...

    ReplyDelete