Ngeblog, nyantai aja deh...

by - December 16, 2011

Akhir-akhir ini aku suka cekikikan ngeliat orang ngeblog dengan berbagai tulisan, kata, dan saling menyerang. Ada tulisan yang aku tulis berjudul AKU NGEBLOG UNTUK BELAJAR ISLAM BUKAN CARI MUSUH tapi aku jadiin draft, soalnya sampe ada seseorang mengatakan padaku supaya aku tidak usah bergabung dengan suatu komunitas blogger, alasannya ada postingan menulis "di komunitas ini hanya suka ngobrolin yang ringan-ringan saja, gak suka ngebahas yang berat".

Mau dirunut ceritanya? Gak perlu ah. Cuman aku risih dengan seseorang yang berteriak-teriak "para blogger supaya bersatu!!!"... itu sekedar slogan saja, nyatanya aku sendiri dikucilkan secara aneh.

Kemarin aku ketemuan dengan seorang teman blogger, sama-sama di Jogja. Dia suka banget nulis tapi jarang blogwalking. Gara-gara aku dihubungi sekelompok mahasiswa dari universitas Atmajaya membahas ingin membuat tugas tentang sekelompok manusia yang disingkirkan yaitu indigo, nyari di Google nyangkutnya ke tulisanku. Soalnya nyari temen indigo di Jogja gak mudah, tapi aku yakin pasti banyak sebetulnya. Nah, ketemu nih dengan anak muda berumur 20 tahun yang bertanya-tanya apa dirinya indigo, dengan kejadian aneh-aneh yang diterimanya.

Tapi aku ingin cerita, suatu ketika aku dapat tugas dari seorang blogger yang memberiku tugas 10 hal tentangku. Di salah satu poin itu aku nulis bahwa aku bergabung dengan komunitas indigo. Akhirnya blogger ini nanya bahwa dia sering melihat makhluk tidak kasat mata melintas di frekuensi tinggi, dan hatinya selalu dag dig dug karena sering dapat firasat yang akhirnya terbukti.

Sejak kejadian itu aku memutuskan ingin bertemu dengannya. Karena apa, karena aku juga mengalami kejadian-kejadian dalam bentuk berbeda, yang jelas aku mimpiin dia. Saat aku memutuskan untuk bertemu dengannya, karena kadang-kadang aku ke Jakarta, dia bersikap aneh. Ada komentarnya terakhir menyatakan "aku menonaktifkan facebookku, tapi bisa kontak aku lewat e-mail atau YM". Nyatanya aku kontak di e-mail atau YM tidak dijawab sama sekali, lebih parah lagi waktu dia online, aku mention di Twitter berkali-kali dibaca banyak orang dia sama sekali tidak mau menjawab, tapi menjawab mention dari blogger lain. Waktu dia di Jogja karena ada urusan, dia sempet online aku coba mention di Twitter lagi-lagi diacuhin.Semuanya saling berkaitan, aku mencoba mengontak temen chatnya, sama saja ternyata saat bulan puasa ngilang ngeblog mencoba ngontak lewat e-mail gak dibalas.

Aku mencoba gak baca blognya lagi, gak ngontak dia lagi. Tapi terus waktu aku ngebahas seorang teman luar pulau yang upload video tentang konspirasi memfitnah Islam, aku dikasih tau, temenmu itu kayaknya mengagumi Osama ya, padahal di videoku Osama hanyalah nama yang dimanfaatkan oleh konspirasi itu.

Terus aku mencoba nyari info di internet, BBC menyatakan bahwa Osama dan Al Qaeda hanyalah fiktif. Serangan WTC dulu itu bisa jadi hanya permainan animasi komputer. Foto-foto tentara Amerika yang memangku Osama hanyalah permainan photoshop dari film Black Hawk Dawn.

Semuanya begitu aneh, aku gak boleh gabung di suatu komunitas blogger karena tulisanku berat? Aku cenderung bilang, adminnya emosional banget, ada blog namanya Dakwah Islam ditantang berdebat di Faith Freedom Indonesia. Firasatku mengatakan abis ini aku yang ditendang, dan memang iya dengan cara disindir.

Dan blogger yang cerita ke aku tentang lalu lalangnya makhluk frekuensi tinggi, masuk ke mimpiku, terus dia nulis masa lalunya saat dia sempet jadi anak bandel banget, pokoknya begitulah. Kalo aku bisa ketemu dengannya, dengan begitu banyak perbedaan pandangan tentang kehidupan, aku ingin berterima kasih dengannya. Ada belasan postinganku di blog ini terinspirasi dari cara berpikirnya. Walau sekarang aku sudah mulai mencoba berhenti gak mikirin dia lagi.

Ternyata aku sering berimajinasi yang liar kali ya, sampai didepak dari suatu komunitas blogger, hehehe... Biarin aja. Kalopun ada yang ngatain aku memfitnah seorang blogger dengan membahas tulisannya yang menurut pandanganku aliran ekstrim kayak mau bunuh diri, terus dia bilang, biasa-biasa deh... aku jawab nyantai saja deh... Aku mau tanya siapa yang berteriak-teriak agar blogger saling bersilaturahmi saling bersatu (tapi ternyata dia menunjukkan dengan jelas gak mau berteman denganku lagi).

Bagaimanapun juga, kembali pada ajaran Islam, Islam mengajarkan agar selalu menjalin ukhuwah. Memelihara perdamaian. Menyambung silaturahmi maknanya bukan sekedar kumpul keluarga, tapi lebih dari itu yaitu menyambung  hubungan yang terputus. Kalo ada silang pendapat, itu wajar, manusia kepalanya berbeda, kita gak bisa memaksakan, tapi ingat, Allah yang disembah hanya satu. Separah apapun perbedaan pendapat pasti ada hal yang sama, shalat wajib 5 waktu sama, puasa di bulan Ramadhan sama. Kenapa yang dibahas adalah yang menyangkut konspirasi, menurut dia Osama itu pahlawan, menurutku Osama itu boneka konspirasi. Masing-masing punya argumen sendiri.

Oke bung pengagum Osama, selamat ngeblog, selamat membuat project majalah untuk mereview blog, selamat kopdar dengan blogger-blogger yang kamu sukai. Selamat nulis hal-hal yang diinginkan. Aku hanyalah blogger tidak penting yang ditendang, dikucilkan, dimusuhi, gak dianggap. Alhamdulillah, masih punya temen yang mau ngertiin maksud dari tulisanku, sekali lagi, AKU NGEBLOG UNTUK BELAJAR ISLAM BUKAN CARI MUSUH...

You May Also Like

5 comments

  1. Jd, udah ditendang ya mbak...sayangnya ihh.
    Masih banyak jalan menuju Roma mbak, hehe. Nggak usah di komunitas tertentu-Njenengan kan masih bisa nulis kayak sekarang ini-tulisan Njenengan bisa dibaca :)


    Klw menurut saya tulisan mbak Ami lebih alus, ketimbang yang dakwah Islam yang saya sempet baca (judulnya thok) waktu itu :D

    ReplyDelete
  2. Menurut Nay tulisan mba ringan dan mudah di cerna, gak terlalu menggurui tapi pesan yang disampein nyampe..:)

    tetep istiqomah mba..:)
    yang laen mah..cuekin aza, okeee ^^

    ReplyDelete
  3. Sering baca blog ini, tapi gua jarang komen, soalnya ga tau mau komen apa. Maklum, kepercayaan kita berbeda. Tapi Mbak Ami, ga usah pikirin orang ngomong apa, just keep on rollin'!!! =)

    ReplyDelete
  4. semoga belajarnya dapat bermanfaat buat mba dan juga orang lain... dan mendamaikan bukan menambah ruwet.

    ReplyDelete
  5. ga usah dipikirin mbak, fokus ngeblog untuk berbagi ilmu saja, buat ladang amal jariah

    ReplyDelete