Saturday, February 18, 2012

Galau kenapa mesti dipelihara

Kegalauan ternyata berbeda-beda tingkatannya. Ada keponakanku perempuan yang dulu suka SMS aku isi SMSnya gak jauh dari kalimat "tanteeee... aku bingung mesti ngapain", gak mau cerita masalahnya apa. Aku udah tau sih biarpun dia gak cerita juga, awalnya dia lama cari kerja gak diterima-terima. Terus, merasa kesepian banget, ada cowok yang deketin tapi gak ada yang serius. Seneng sama orang tapi kok cowoknya tipe susah. Pengen banget dapat cowok yang dia suka dan care. Akhirnya aku dengar kabar dia nikah tahun ini Insya Allah, dan hatinya sangat berbunga-bunga, Alhamdulillah.

Keponakanku yang lain gak jauh beda. Keluar masuk dari pekerjaannya. Duh, kasusnya karena dulu pernah depresi sehingga kecanduan obat anti depresan. Akhirnya menyepi ke kampungnya, ngajar Iqro'. Dari ngajar ini ternyata orang tua murid yang dia ajarin orang penting di salah satu perusahaan minyak di Kalimantan, dan dia ditawari kerja di sana. Setelah dapat penghasilan lebih baik dia mulai ingin mencari istri. Pengen banget rasanya menikah, keinginan itu bikin dia galau. Akhirnya dia memutuskan akan bergabung dengan pesantren supaya bisa mengenal santri-santri perempuan di situ. Semua ada proses tentunya, setelah ada percaya diri karena punya penghasilan yang lebih baik.

Aku kemarin ngobrol dengan teman lama, dia dengan pasangannya. Masih proses bikin usaha bareng, aku berprasangka baik dengan pasangan ini. Soal pacaran itu haram atau enggak, tergantung hubungannya gimana. Dulu waktu aku ketemu dengan temanku yang spiritualnya kuat ini aku lagi patah hati. Aku kebayang-bayang seseorang yang aku sudah berjanji mau membantu dia, karena dia pernah curhat sama aku sebel dengan keluarganya sendiri. Tepatnya gak dianggep keluarganya sendiri. Cowok jomblo yang takut dengan cewek. Dulu sih saran temenku sesama spiritualis bilang supaya hipnoterapi soalnya takut cewek karena ada trauma tertentu (dugaanku karena ada ilmu dari almarhum bapaknya yang sakratul mautnya lama). Karena sesuatu hal, dugaanku karena aku pernah menikah, dan dia masih bujangan hingga kepala 4, dia gak sanggup hadapi masalah-masalah yang aku hadapi. Apalagi aku pernah nunjukkin teror SMS dari mantan ke dia. Menyakitkan banget saat itu, dia ngilang begitu saja tanpa kabar. Dalam keadaan aku diteror mantan, eh masih ada yang tega nyakitin hati aku. Karena rasa sakit hati gak berhenti-berhenti aku memutuskan banyak mendoakan dia supaya segera dapat jodoh. Aku dengar kabar dia menikah tahun lalu dan aku merasa lebih baik.

Galau itu bisa jadi menjadi perasaan tertekan atau stres, lebih parah menjadi depresi. Ada yang bisa mengatasi ada yang tidak. Dan sebetulnya orang lain itu lebih banyak yang tidak peduli dibandingkan yang peduli. Orang-orang yang mempunyai empati, dekat dengan seseorang yang lagi galau atau depresi, maka empati itu akan sangat menyakitkan. Maka dia akan berusaha untuk membantu orang galau itu. Please deh jangan galau, ngeliat kamu galau, aku lebih galau lagi tau. Jadi dia akan berusaha membantu gimana caranya demi kebaikan semuanya. Saran kalo yang galau mau dengerin, kalo gak mau dengerin mendoakan mati-matian.

Setauku sih lebih banyak orang mengatasi galau secara negatif. Itu karena galau dekat dengan setan. Misalnya bergaul dengan orang yang sepertinya baik banget gak taunya ngasih paket gratis narkoba. Setelah paket gratis, paket hemat. Abis paket hemat, paket harga mahal, dan karena kecanduan dibela-belain nyolong duit keluarganya untuk bisa beli narkoba.

Sedang galau versi cowok keong racun itu, mereka akan cari korban cewek untuk dipacari. Bedanya dengan narkoba, kalo narkoba ngerusak tubuh sendiri, sedangkan cowok keong racun ngerusak cewek yang dipacari. Biasanya tipe cowok yang pejantan tangguh dan pinter ngerayu. Kadang bukan pejantan tangguh asal punya uang juga mudah untuk ngerayu cewek. Emang susah juga, salahnya sendiri ceweknya juga mau dirusak. Kasiannya, kadang cewek ini hanya suka diperhatikan, gak taunya pembuktian kasih sayang yang mesti pake acara tidur bersama ini malah bikin kehamilan. Begitu hamil kalang kabut semuanya, dan cowok banyak nunjukin sikap belum siap nikah dengan alasan begini begono. Jalan keluar... aborsi... pihak paling dirugikan adalah yang cewek, karena aborsi akan membuat trauma mendalam.

Galau kenapa mesti dipelihara sih... ada kisah lagi pencerahan versi Islami malah masuk ke Islam versi sesat. Merasa mendapat pencerahan dari aliran tertentu malah disuruh nyolong uang keluarganya sendiri karena orang di luar aliran ini dianggap kafir, uangnya halal untuk dicolong.

Please deh... galau itu bukan untuk dipelihara. Kalau galau untuk bahan lelucon bolehlah, jadi nyengir. Tapi galau tersesat di situ dengan alasan-alasan macem-macem. Abis yang ngeselin ortuku sendiri. Atau pacarku udah janji nikahin aku udah bikin konsep nikah ninggalin aku. Lebih banyak lagi yang susah dapat kerjaan menggugat pada Allah bertanya kok diberi nasib jelek. Semua itu adalah manusia kufur nikmat... Biarpun rajin shalat, ibadah, kalau masih galau merasa diperlakukan tidak adil oleh Allah tetap saja tempatnya di neraka karena kufur nikmat. Dari sekian banyak anugerah Allah, kenapa yang nyangkut malah bagian galaunya.

Tulisan ngebut sebelum berangkat kerja... ngeluarin uneg-uneg gak jelas. Say no to GALAU...

7 comments:

HEЯRY said...

Selamat kerja ya mbak Ami, jangan sampe dikerjaan dibawa galau ya :D

agam said...

ayo sama2 kita katakan " SAY NO TO GALAU ! "

Aeron GEN said...

Assalamualaikum. . . Bisa di jelaskan bagian yang saya kutip ini..? Aku pengen tau mendetailnya, dari opini juga gapapa. .

"Aku kebayang-bayang seseorang yang aku sudah berjanji mau membantu dia, karena dia pernah curhat sama aku sebel dengan keluarganya sendiri. Tepatnya gak dianggep keluarganya sendiri. Cowok jomblo yang takut dengan cewek. Dulu sih saran temenku sesama spiritualis bilang supaya hipnoterapi soalnya takut cewek karena ada trauma tertentu (dugaanku karena ada ilmu dari almarhum bapaknya yang sakratul mautnya lama)."

Ami said...

@ Herry, Alhamdulillah kerjanya baik-baik aja

Ami said...

@Agam... galau untuk diatasi bukan untuk dipelihara, dan mengatasi dengan cara positif

Aeron GEN said...

Segitu aja dulu hehe. . Makasih banyak jawabannya, Aku suka jalan kesini dan membaca tulisan tulisan anda. Belajar agama tentunya :))

Wasallam. .

Muhammad Nana Suprihatna said...

mmm..bagus bgt ni,sayang ane baru tahu,...moga tambah bermanfaat plus solusi yang nyata