Tidak merayakan Valentine's Day

Thursday, February 9, 2012

Postingan singkat saja. Soal kenapa tidak merayakan sudah banyak di blog lain. Kalo ada yang merayakan silakan, tapi jagalah batas definisi kasih sayang, bukan alasan untuk mojok. Karena saat berduaan di tempat sepi maka yang ketiga adalah setan (jadi ingat blogger yang memblokir aku di fesbuk gara-gara aku ingatin marah-marah itu karena terpengaruh bisikan setan).

Banyak uneg-uneg tapi masih rumit untuk menyampaikan, karena sulit diterjemahkan dengan kata-kata kali ini. Kepasrahan pada Allah kadang bisa begitu mudah kadang bisa begitu sulit.

Islam adalah agama yang penuh kasih sayang setiap hari, tanpa khusus merayakan Valentine's Day. Ada beberapa definisi tentang silaturahmi, salah satunya adalah berarti hubungan kasih sayang. Allah Maha Penyayang, jadi manusia juga seharusnya saling menyayangi sesama, walau sesuai aturannya, bukan menyayangi istri/suami orang misalnya. Dengan saling membantu, saling memberi, saling memahami. Karena itu orang yang tidak menyayangi sesama, cenderung pilih membenci, memusuhi, membeda-bedakan, merendahkan, menghina, dan seterusnya pahala yang dimilikinya akan diberikan pada korbannya. Bila tidak punya pahala maka dosa orang lain yang disakiti hatinya akan diambil. Sampai bisa saling memaafkan masalah dosa ini baru terputus dan diampuni Allah.

Masih berusaha untuk selalu menyerahkan semua pada Allah atau tawakkal...

6 comments

  1. Hari valentine cuma budaya kebaratan yang belum jelas asal usulnya kenapa pada seneng ya? padahal tiap hari kasih sayang itu bagusnya nggak harus nunggu di hari perayaan.. :)

    ReplyDelete
  2. merayakan sesuatu yang tidak ada tuntunannya itu bidah, dan bidah itu sesat... maka, yang sesat-sesat itu dosa.

    jadi nggak pernah ngerayain tuh yang begonoan

    ReplyDelete
  3. @Herry, sejarahnya malah Valentine's Day itu penghinaan untuk Islam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasihan remaja muslim yang terkena imbas pergaulan yang salah, sering pada ikut2an valentinan..hmm

      Delete
  4. @Gaphe, bid'ah itu berkaitan dengan ibadah. Bila hanya sekedar untuk beli coklat kasihin ke gebetan, dan belum tau tentang sejarah Valentine, okelah gak usah sementara dimaklumin dulu.

    Kayaknya sekarang Coklat digabung dengan kondom ya... kiamat sudah dekaaat.

    ReplyDelete
  5. dulu di SMA saya-bertepatan dengan hari valentine yang didengung2kan itu; anak2 KSI justru menyebarkan semacam selebaran atau kertas warna pink digulung ditalii pita kupu2 gitu mbak. Isinya sih sudah jelas-sejarah valentine itu sendiri. Jadi semenjak itu saya tahu-valentine tidak untuk dirayakan. kalau mau ngasih cokelat ke saya ya silakan...

    ReplyDelete