Islam agama yang mengajarkan cinta setiap saat

5 comments
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh...

Bila seorang muslim senang hati dan tulus menebarkan salam, maka sesama manusia akan saling mencintai. Bukan cinta orang pacaran yang mengumbar nafsu, tapi cinta untuk bisa merasakan kasih sayang atau rahmat dari Allah. Cinta pada kehidupan bermartabat sesuai ajaran Islam yang benar...

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda
“Tidaklah kalian masuk surga hingga kalian beriman. Dan tidaklah kalian beriman hingga saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang jika kalian kerjakan niscaya kalian akan saling mencintai? Tebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim)

Silaturahmi sendiri bisa diartikan sebagai hubungan penuh cinta yang dimulai dari hubungan keluarga. Kemudian selanjutnya hubungan dengan orang terdekat seperti sahabat atau tetangga. Bagi orang yang shaleh, para sahabat-sahabat terdekatnya pasti juga orang-orang shaleh juga.

Bila Allah memberi teguran bagi yang memutuskan hubungan silaturahmi, maka itu agar manusia saling intropeksi. Menahan diri tidak meluapkan amarah pada keluarga atau sahabat. Bila ada perbedaan supaya dilakukan dengan cara musyawarah, bicara baik-baik, dan saling bertoleransi. Manusia berakhlak baik akan berusaha sedapat mungkin tidak menyakiti hati orang lain, tidak berbohong, selalu menepati janji, menjalankan amanat penuh dengan tanggung jawab, mudah memaafkan, dan seterusnya seperti halnya akhlak mulia yang ditunjukkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Pembicaraanku dengan teman-teman spiritualis kemarin, kenapa muslim banyak yang ngeyelan. Ada yang taubat kalo sedang punya masalah, bila lagi banyak uang maksiat lagi istilahnya TOMAT (tobat maksiat). Jelas mengulangi maksiat setelah taubat, taubat tidak diterima Allah. Atau istilah lain STMJ, merasa sudah shalat masih tega melakukan maksiat, karena pikirnya shalat menghapus dosa, padahal orang yang melakukan maksiat shalatnya tidak diterima Allah. Tentang sedekah, yang materi berlebih uangnya sibuk dipakai untuk makan enak dan bersenang-senang, dan merasa bangga dengan pencapaiannya, tapi pelit untuk sedekah. Racun dari sinetron-sinetron dimana orang sukses adalah identik dengan orang kaya berbaju bagus makanannya enak-enak.

Yang memprihatinkan lagi perbedaan-perbedaan di Islam sendiri. Hidup adalah proses. Surga adalah hak prerogatif dari Allah. Yang hatinya mudah tersentuh untuk menolong makhluk yang bernyawa akan mendapat ridho Allah, itu yang aku pahami. Soal baju, kadang membaca pendapat tentang baju muslimah kaffah bisa berbeda-beda. Menurutku baju hanyalah proses saja. Bila Allah memberi ridho pada seseorang, siapapun bisa masuk surga. Pembunuh, penzina, bisa masuk surga bila benar-benar mau bertaubat. Syarat masuk surga adalah dengan meninggal khusnul khotimah, menyebut syahadat saat meninggal. Tapi itulah yang sulit, perlu terus-menerus berjuang membersihkan hati dan mensucikan jiwa agar bisa menyebut syahadat di saat ajal menjemput.

Tahun 2008 aku belum memakai kerudung. Pertengahan 2009 aku pindah ke Jogja baru saja menggunakan kerudung. Waktu aku pindah ke Jogja dari keadaan minus, tabunganku habis dipakai untuk merenovasi rumah seseorang di Bogor, aku tertatih-tatih memulai hidup baru lagi. Dimulai dari sekardus baju bekas kakakku yang tinggal di Jakarta. Hapeku pemberian almarhum Bapak dan isinya SMS teror orang dari Bogor yang mau membunuhku. Anak-anakku kembar diambil tanpa pamit, baru saja berulang tahun 2 Maret sekarang umurnya 10 tahun.

Selamat ulang tahun untuk Safira dan Safitri yang ke 8, 2 Maret 2012 ini. Ibu selalu mencintai kalian walau kita dipisahkan oleh jarak, dan itu bukan kemauan Ibu. Ibu masih perlu belajar Islam, belajar tentang kesabaran, belajar tentang bersyukur, belajar tentang sedekah. Maaf bagi yang membaca kalo tulisannya ngelantur... bicara tentang cinta malah terbawa emosi teringat dengan Safira dan Safitri...

Lebaran 2008
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

5 comments:

  1. salam serta salawat kita curahkan ke haribaan Rasulullah Saw dan juga dihadiahkan untuk ibu dan kedua putrinya.....Safira dan Safitri

    ReplyDelete
  2. semua orang punya masa lalu yg buruk, dan disitulah letak dari cara Allah memuliakan hambanya. sederhananya mbak di suruh sabar, ikhlas dan pada saatnya nanti ada hari yg terbaik. semoga ada pembelajaran disini :)


    salam buat safira dan safitri, cantik cantik ya moga menjadi anak yg sholehah nantinya...

    maaf jarang kesini, internet terbatas :)

    ReplyDelete
  3. mengapa perbedaan-perbedaan itu menjadi suatu persoalan yang krusial di dalam Islam sehingga umat Islam menjadi terpecah belah..
    Semoga mbak.. senantiasa diberi kekuatan dan kesabaran oleh Allah SWT.. amieen..

    ReplyDelete
  4. 10 tahun...
    udah besar ya Mbak..

    ReplyDelete
  5. @Elsa, 8 tahun di 2012. Error nih, sampe salah hitung

    ReplyDelete