Wednesday, April 25, 2012

Semoga aku dihindarkan dari sikap sombong

Salah satu hal yang perlu diwaspadai di akhir zaman adalah fitnah dajjal, yaitu menawarkan surga tapi sebetulnya neraka. Hanya manusia beriman yang tau mana surga dan neraka sesungguhnya, tidak akan tertipu.

Selain itu semoga kita bisa terhindar dari sikap sombong. Karena kesombongan akan mengakibatkan tertolaknya ibadah kita. Iblis dilaknat Allah karena merasa lebih baik daripada manusia. Maka Iblis berjanji akan menyesatkan manusia, maksiat akan dianggap sepertinya baik oleh manusia. Hanya manusia yang beribadah dengan ikhlas tidak akan bisa disesatkan oleh godaan iblis dan anak buahnya, setan. Baik setan berwujud jin maupun setan berwujud manusia. Termasuk manusia yang nampak jahat atau berucap ayat-ayat Al Qur'an sepotong-sepotong perlu diwaspadai.

Sedang tidak bisa banyak berkata-kata, karena kenyataannya kita tau pepatah, ikutilah ilmu padi semakin merunduk semakin berisi. Bahkan seorang yang banyak beramal shaleh bisa tergoda untuk sombong merasa lebih shaleh daripada yang lain. Dan rasa sombong itu akan menghancurkan dirinya. Tidak ubahnya seperti Fir'aun atau Namrudz yang menuhankan dirinya sendiri karena kejeniusannya. Atau Qarun yang tenggelam bersama hartanya karena beranggapan kekayaannya yang begitu banyaknya adalah hasil pemikiran sendiri, padahal saat dia miskin, dia rajin berdo'a pada Allah.

Ya Allah, semoga aku selalu dihindarkan dari sikap sombong...

1 comment: