Monday, June 18, 2012

Mengatasi masalah keputihan

Di sekolahku tempat aku kerja ini sebulan sekali mengadakan pengajian. Tapi kali ini yang datang adalah seorang bidan senior membahas masalah area sensitif wanita. Kebetulan sebagian besar guru adalah wanita jadi ilmu tentang perawatan area wanita ini jadi sangat menarik.

Aku mendominasi pertanyaan, hehehe, lumayan kan bisa jadi bahan tulisan.

"Bu, apa benar untuk membersihkan daerah kewanitaan perlu sabun khusus"

"Sebetulnya daerah kewanitaan itu bisa membersihkan sendiri, jadi gunakan sabun mandi biasa yang lembut sudah cukup".

"Saya lagi bu, saya pernah membaca tentang senam Kegel. Bila wanita datang ke klinik dokter Boyke ada program mandi rempah lalu di sampingnya ada petunjuk senam Kegel. Setelah senam Kegel baru dilakukan baru dilanjutkan program selanjutnya. Seberapa penting senam Kegel ini?"

"Senam Kegel bagi yang rajin melakukan maka di masa tua bisa menghindarkan kelemahan otot pada area kewanitaan. Tidak hanya membuat wanita lebih menikmati hubungan seksual tapi juga mengurangi kencing keluar tanpa disadari".

"Seberapa sering melakukan senam Kegel ini bu?"

"Lebih sering lebih baik, bahkan kalo perlu setiap tarikan napas, kencangkan otot area kewanitaan. Sebaiknya tidak sering menunda ke untuk buang air kecil".

Sebetulnya sih, aku sudah melakukan senam Kegel ini sudah lama, dan efeknya ternyata keputihankusembuh setelah sebelumnya sempat banyak keluar lendir berwarna coklat muda. Lama juga keluarnya, hampir seminggu.

Ada beberapa jamu untuk menyembuhkan keputihan, dari yang dikonsumsi, untuk cebok bahkan berbentuk stik. Sudah mencoba semuanya, tapi menurutku paling penting adalah latihan Kegel dan menggunakan sabun lembut bahkan bila perlu gunakan shampo (lebih baik shampo herbal) untuk mengatasi gatal di daerah kewanitaan. Untuk kasus parah gunakan propolis diencerkan dengan air untuk cebok, atau basahkan pada tampon.

Artikel terkait



Baca juga

Cara mengatasi keputihan dengan propolis

Melatih otot PELVIC FLOOR untuk senam KEGEL

Sumber

http://www.dailyglow.com/skin-care-tips/remedy-to-stop-vaginal-itch.html

No comments: