Sunday, June 17, 2012

Mengatasi nyeri gigi dengan propolis

Propolis adalah salah satu produk dari lebah selain madu. Bila ada makanan ratu lebah namanya Royal Jelly, ada serbuk bunga bee pollen, maka propolis ini bentuknya cair dan cenderung bersifat antiseptik alami.

Kemarin akhirnya aku memberanikan diri ke dokter gigi karena gigiku paling belakang sudah tinggal akarnya dan suka nyut-nyut. Saran dari orang ngatasi nyeri pake minyak cengkeh. Tapi aku cukup sukses mengatasinya dengan kapas yang ditetesi propolis.

Setelah balik dari dokter gigi, rasa menebal ada di gusi, pengaruh suntikan mulai hilang lalu aku tempelin dengan kapas yang ditetesi propolis. Saat ditempel memang agak nyeri sedikit lalu berangsur-angsur menghilang.

Selain untuk nyeri gigi propolis juga untuk tenggorokan yang nyeri. Waktu aku sakit flu mulai pindah ke batuk ditelateni ditetesi propolis Alhamdulillah tenggorokannya mereda. Selain itu juga untuk luka tergores, dengan propolis luka akan mudah menutup, termasuk pertolongan pertama luka bakar.

Pulang dari dokter gigi mampir beli es krim di Artemy, di daerah Kranggan untuk menghibur diri dari rasa gak nyaman di gusi. Alhamdulillah, setelah Sabtu malam cabut gigi, Minggu pagi masih bisa ke lapangan untuk latihan softball, gak pake pipi bengkak.

Seharusnya memang mesti sering rajin ke dokter gigi, entahlah... biarpun kenal baik rasanya deg-degan banget. Sudah terlewati dan kata siapa lebih baik sakit hati daripada sakit gigi, mending dua-duanya enggak deh...

No comments: