Wednesday, August 8, 2012

Jihad kok jahat

Kalimat ini muncul dari Sys NS saat kajian Al Qur'an bersama Quraish Shihab. Memahami Islam memang dibutuhkan hati yang lembut. Terlalu sibuk dengan aturan, beranggapan dirinya sudah melakukan hal terbaik sedangkan kelompok lain salah itu bukan merupakan ajaran Islam.

Islam mengajarkan untuk berbuat baik pada sesama. Pengorbanan yang dimaksud tentang jihad dalam Islam adalah pengorbanan diri untuk membahagiakan orang lain. Bisa dengan materi atau perbuatan kita.

Oleh sekelompok orang Islam, jihad ternyata bisa diartikan memberantas kejahatan. Untuk memberantas kejahatan boleh membom kaum kafir, sebetulnya itu gak bener. Atau kasus WTC yang dibom ternyata banyak orang Islam yang memuji kejadian itu.

Memurnikan agama sampai bersikap dan bergaya seperti orang Arab. Bila memang keturunan Arab dan nyaman dengan budaya itu perlu dimaklumi. Tapi Islam mengajarkan untuk berhubungan baik dengan tetangga dan saling membantu. Jadi sikap eksklusif tidak mau bergaul dengan lingkungan bukanlah ajaran Islam yang benar.

Terlalu sibuk dengan aturan-aturan, terlalu sibuk dengan pendapat sendiri dan kelompok, lupa menjaga perasaan orang lain bukanlah ajaran Islam yang benar. Boleh saja seseorang melakukan hal-hal maksimal sesuai ajaran Islam yang dipahaminya, tapi kesombongan dengan menganggap orang lain salah sampai bermusuhan lagi-lagi bukanlah ajaran Islam.

Pada akhir zaman akan banyak pemuka agama Islam yang sebetulnya tidak paham Islam. Walaupun hapal banyak teks, aturan tentang Islam, semuanya bisa jadi penuh kemarahan, saling menyalahkan, tidak punya toleransi pada sesama termasuk non Islam bahkan sesama Islam sendiri sebetulnya juga bukan ajaran Islam yang benar.

Tapi itulah dunia, dimana iblis dan setan akan menyesatkan siapapun sehingga maksiat kelihatannya baik. Bahkan orang yang keimanannya kuat juga tidak luput dari godaan setan yang sudah tingkat tinggi kecerdasannya penuh penyesatan. Di akhir zaman, orang-orang beriman yang berhati lembut, penuh toleransi, saling menyayangi sesama akan berkumpul melawan serangan dajjal. Orang yang mengaku beriman padahal hatinya keras tidak akan bergabung di sana.

Allah yang akan menyelamatkan manusia bertakwa yang juga berarti beriman, karena Allah berjanji manusia yang bertakwa akan selalu mendapat jalan keluar dari masalahnya...

2 comments:

Efnu mubarok said...

Setuju banget, mbak :)

BlogS of Hariyanto said...

jihad itu ada aturannya..dan sebenarnya Islam adalah agama yang paling toleran dan penuh dengan kasih sayang serta rahmat bagi seluruh alam raya ini :)