Saturday, August 25, 2012

Permainan matematika dan logika

Dapat inbox dari sahabat baik banget nih. Suka SMS kalo Subuh dan tiap buka puasa (soalnya aku puasa Syawal dan mengqodho sebelumnya). Sejauh ini belum nyari jawaban di Google. Ini jawabanku sendiri.

Pertanyaan

aku ada soal :

aku beli mobil, tapi belum punya duit :
aku utang kepada si A = 50 juta & si B = 50 juta
jadi total utang 100 juta

aku beli mobil harga 97 juta, sisa 3 juta
utk mengurangi hutang, aku balikin 1 juta ke A, 1 juta ke B, & 1 juta aku kantongi

jadi hutang aku dengan si A = 49 juta & B = 49 juta

tapi kalo dijumlah : 49 juta + 49 juta = 98 juta + 1 juta ( di kantong ) = 99 juta

padahal tadi ada 100 juta

kemana yang 1 juta?

Jawabku

Kamu itu kok nanya sama lulusan matematika fmipa ugm. Itu kan permainan kalimat.

Pinjam 100 juta. Beli mobil 97 juta. Sisa 3 juta. 97 + 3 = 100

1 juta (A) + 1 juta (B) + 1 juta (kantong) + 97 (mobil) = 100 juta

Yang mesti dibayar
49 juta (A) + 49 juta (B) - 1 juta (kantong) = 97 juta (harga mobil)

Jadi kemana angka 100 juta
100 juta = 97 juta (harga mobil) + 3 juta (sisa) = 49 juta (50-1) + 49 (50-1) - 1 juta (di kantong) + 3 juta (sisa)

Niat banget ya jawabnya... mau cari di Google contekannya ah, ada gak ya...

Ketemu di sini http://ekonomgila.blogspot.com/2011/08/teka-teki-akuntansi.html

Baca juga http://ratnawatiutami.blogspot.com/2011/01/fmipa-ugm-mendadak-tenar-sesaat-gara.html

7 comments:

BlogS of Hariyanto said...

bolak balik kata memang kadang membingungkan...tapi kalau berpikir secara matematis..ternyata jadi mudah cara menjawabnya :)

Ratnawati Utami said...

iya nih, dulu waktu crop circle konon yang bikin juga lulusan matematika FMIPA UGM hahaha

john said...

bwahaha ... ini kan tebak2an saat aku SD dulu :P

bedanya cuma di barangnya aja

Arif Khumaidi said...

wih keren amat :))

aku aja gak bisa jawab -__-"

ndha_ariandha said...

pintar yaaaa

darfan suhendra said...

itu ada rumusnya juga mba',. tau rumus dari jawaban mba' gak,,? :D

Anonymous said...

Hutangny bkn 100 lg tp 98 (97 mobil+1 kantong):-)