Thursday, October 25, 2012

Dilema dapat e-mail orang paranoid

Paranoid itu apa sih, aku coba cari definisi dari PSIKOTERAPIS DOT COM, ini linknya Apa itu paranoid dan gejalanya

Definisi Gangguan Kepribadian Paranoid 

Terdapat banyak jenis gangguan kepribadian yang dapat menyerang mental seseorang, salah satunya adalah gangguan kepribadian paranoid, yang mana berbentuk kesalahan dalam mengartikan perilaku orang lain sebagai suatu hal yang bertujuan menyerang atau merendahkan dirinya. Gangguan biasa muncul pada masa dewasa awal yang mana merupakan manifestasi dari rasa tidak percaya dan kecurigaan yang tidak tepat terhadap orang lain sehingga menghasilkan kesalahpahaman atas tindakan orang lain sebagai sesuatu yang akan merugikan dirinya. 

Para penderita gangguan kepribadian paranoid cenderung tidak memiliki kemampuan untuk menyatakan perasaan negatif yang mereka miliki terhadap orang lain, selain itu mereka pada umumnya juga tidak kehilangan hubungan dengan dunia nyata, dengan kata lain berada dalam kesadaran saat mengalami kecurigaan yang mereka alami walau secara berlebihan. Penderita akan merasa sangat tidak nyaman untuk berada bersama orang lain, walaupun di dalam lingkungan tersebut merupakan lingkungan yang hangat dan ramah. Dimana dan bersama siapa saja mereka akan memiliki perasaan ketakutan akan dikhianati dan dimanfaatkan oleh orang lain.

Sebetulnya cerita e-mail ini tidak mirip-mirip seperti gejala di atas, tapi aku ngatain dia paranoid. Dilema juga sih, orangnya bilang butuh pertolongan (ngakunya gitu) tapi saran-saranku dia TIDAK BERANI MELAKUKAN. Yang paranoid malah aku lama-lama.

Jadi orang ini sudah tidak cinta pada istrinya (ngakunya). Punya selingkuhan di dunia maya. Setiap pulang kerja dia menyempatkan chatting dan sayang-sayangan dengan selingkuhan dunia maya itu. Tentu saja dia di kamar berbeda dengan istrinya saat lagi sibuk sayang-sayangan. Istrinya tidur dengan anaknya.

Dia bilang di e-mail, bahwa dia merasa tersiksa. Dan mengatakan alasannya istrinya cenderung sekuler, walau beragama Islam tidak mau diajak puasa saat bulan Ramadhan juga shalat Ied. Aku kan sarankan dia bicara baik-baik dengan istrinya, alasannya TATUUUT... GAK TEGA... karena hatinya begitu lembut (konyol banget, pengecut ini sih). Itu kan istri kamu, kamu tinggal satu rumah. Dulu kamu menikah dengannya, punya beberapa anak, aku bilang gitu. Sekarang ngeliat istrinya kayak ngeliat kuntilanak aja, dipelototin kabuuuur.

Udah, aku doakan dia jadi pemberani. Ternyata bukan paranoid kok, cuman penakut, hehehe... maafin ya aku ngatain paranoid. Ntar kalo udah berani menghadapi istrinya baru kirim e-mail lagi. Baca tulisannya bikin aku langsung gelap dan puyeng soalnya, kalo gak dibalas juga kasian. Dilema kan. Maaf aku gak bales e-mail dulu. Aku bisanya membantu semampu aku dan kayaknya dia butuh bantuan profesional...

2 comments:

arya-devi said...

kalau saya mengatakan, orang seperti brekepribadian ganda....tukang bohong atau penipu...kenapa?...karena bisa saja mereka mengatakan yg tidak benar, cuma bersandiwara..apalagi cuma lewat email....komunkasi lewat web chat saja bisa menipu ditambah dengan perilaku sekarang orang yang permisif juga menghalalkan segala cara, mencari keuntungan materi, pribadi sendiri....
Jadi apalagi ?....mba ami....ga usah direken lah mba.....jangankan didunia maya..dunia nyata saja banyak penipu..apalagi untuk urusan perempuan....asmara..cinta...atau apalagi seks...nafsu..waaaah.....

Ratnawati Utami said...

@arya devi sudah tak masukin ke spam emailnya...

maaf yah... buat mas PARNO