Saturday, October 20, 2012

Mengatasi kram kaki dengan SHOULDER STAND

Setelah melahirkan anak kembar perempuan, kakiku kena kram sampai gak bisa jalan. Soalnya pernah belajar tentang yoga akhirnya aku memutuskan melatih satu gerakan saja yaitu shoulder stand atau bahasa Indonesianya sikap lilin. Tadinya dalam kondisi kaki kram sulit untuk melakukan gerakan ini, tapi dengan didorong pelan-pelan akhirnya bisa juga dan Alhamdulillah kondisi kakiku membaik aku bisa jalan dengan normal lagi.




Sebetulnya banyak sekali manfaat melakukan gerakan ini yang aku rasakan. Yaitu angin di perut akan keluar, kalo kekenyangan dan perut penuh jadi enteng (asal nunggu beberapa waktu jangan setelah makan langsung melakukan hal ini), insomnia (kalo bisa melakukan gerakan ini cukup lama di atas 5 menit akan jadi ngantuk).  Kalo lagi flu juga sering lakukan gerakan ini, ingusnya akan cepat keluar. Tapi khusus unuk flu tentunya minum vitamin C, banyak minum air putih dan istirahat aja. Pokoknya kira-kira itu manfaat yang aku rasakan.

Sedikit bercanda, waktu aku menulis postingan berjudul PERLUKAH MEDITASI aku nulis bahwa kalo aku meditasi pake gerakan jumpalitan maksudnya ini. Dulu pernah ribut-ribut dengan pendapat yoga haram menurut Islam, sebetulnya bukan gerakannya yang haram, tapi ritual menyebut penghormatan pada ini itu yang menurutku perlu dihindari.

Aku juga belajar cara shalat yang benar yaitu ruku' mesti lurus dan didorong sedikit ke depan, saat sujud punggung melengkung ditekan diarahkan ke lantai. Pembicaranya seorang Fisio Terapis, jadi pernah ada kasus yang kandung kencingnya gak bisa menahan suka bocor, diajarkan melakukan ruku' yang benar. Walau awalnya sulit, dimulai dari otot betis ketarik, lalu otot paha, Alhamdulillah pasien ini membaik.

Sedangkan gerakan sujud yang benar akan mengatasi kantung mata dan kepikunan bila dilakukan secara benar. Tapi tentunya bukan diniatkan agar sehat, kita melakukan shalat ditujukan pada Allah...





Gambar dari Google


3 comments:

zasachi said...

subhanallah.. pengorbanan seorang ibu ya mbak. sampe kram dan gak bisa jalan setelah melahirkan. Syukur Alhamdulillah, kramnya bisa sembuh.

omong2 aku suka tuh buat gerakan gituan, yg aku tau rasa capek dan pegal di kaki jd berkurang. ternyata byk mafaat lainnya. dan aku baru tau klo namanya shoulder stand :)

r10 said...

sholat kalu gerakannya benar bisa bantu khusyu sholat

*tapi aku masih suka ga kusyu, saat sholat justru malah banyak pikiran

**acara semacam seminar mbak, datang yah mbak :D

rencananya Myquran akan punya board khusus bahas masalah Ghaib, jadi mungkin kelak akan bahas indigo di board setelah resmi launching

biar umat islam ga bahas masalah gaib di forum yg ga jelas, yg justru banyak bicara klenik

r10 said...

** nanti di tabligh/seminar mungkin akan ada sesi rukyah, hanya saja beberapa pj/relawan keberatan kalau semua peserta di ruqyah

aku kurang ngerti masalah gaib, tapi aku rencananya datang untuk menonton saja, ga mau ikutan dirukyah :takut: