Tuesday, October 23, 2012

Minuman Rosella untuk anti oksidan

Akhir-akhir ini aku suka sekali menyedu kelopak bunga Rosella untuk aku minum. Sekarang dikenal dengan Rosella, dulu sempat dikenal sebagai FRAMBOZEN. Untuk pemanisnya aku gunakan gula rendah kalori Ro** Brand yang cair itu. Bila punya masalah dengan tenggorokan sebaiknya minum seduhan kelopak Rosella kering dengan gula batu, lebih baik lagi dengan madu. Bila punya masalah dengan maag, sebaiknya minum Rosella sesudah makan.

Rosella mengandung vitamin C dosis tinggi. Juga bersifat mild laxative, memudahkan buang air besar. Selain itu meluruhkan lendir di tenggorokan. Tapi sebaiknya minum jangan berlebihan. Ada yang berpendapat jangan setiap hari minum Rosella, misalnya setelah seminggu berturut-turut minum lalu beberapa hari tidak minum lagi. Walau ada yang menyatakan selama 2 tahun tiap hari minum Rosella tidak ada efek samping. Pada dasarnya minum secukupnya sajalah, tidak berlebihan.



Di blogku tentang herbal yaitu Sehat dengan herbal aku menulis 2 postingan tentang Rosella yaitu

Linknya di sini Khasiat kelopak Rosella

Ini cuplikannya

Bahan penting yang terkandung dalam kelopak bunga Rosella antara lain vitamin C, vitamin A, vitamin D, B1 dan B2. 

Setiap 100 gr bunga rosella mengandung 244,4 mg vitamin C, dengan berat yang sama jeruk hanya mengandung 48 mg, belimbing hanya 25,8 mg sedangkan pepaya mengandung 71 mg. Selain itu rosella mengandung mineral, kalsium tinggi, phosphor, potassium, dan zat besi yang sangat penting bagi tubuh. Tubuh manusia membutuhkan 22 asam amino dan dari 22 ini 18 nya terpenuhi dari bunga rosella. 

Bunga rosella merah yang telah dikeringkan dan di seduh menjadi secangkir teh yang bercita rasa sedikit asam ini bermanfaat : 

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh Menormalkan kadar gula darah, asam urat dan kolestrol dalam tubuh 
  • Membasmi virus TBC 
  • Membantu proses pencernaan 
  • Penyaring racun pada tubuh 
  • Mengatasi batuk, sakit tenggorokan, mengobati sariawan 
  • Mencegah peradangan pada saluran kencing dan ginjal Mempercepat pertumbuhan bagi anak-anak karena mengandung Omega 3 
  • Memperbaiki metabolisme tubuh, memperlambat manopouse dan tulang keropos

Linknya di sini Minuman dari kelopak Rosella sebagai anti oksidan

Ini cuplikannya

Tak hanya enak untuk diminum, teh rosella ini sangant banyak manfaatnya untuk kesehatan. Yang paling mencolok adalah kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan antioksidan ini bisa meredam radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel kanker. Makin gelap atau pekat warna merahnya, makin tinggi kadar antikoksidannya dan rasanya juga makin asam. Selain itu rosella juga bisa meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, mengatasi batuk dan sakit tenggorokan, menormalkan kadar gula dalam darah.

Pernah aku mencoba membeli Rosella dalam bentuk celup, tapi rasanya tidak seenak kelopak Rosella utuh yang dikeringkan. Rasanya minuman dengan kadar vitamin C tinggi ini cocok untuk musim pancaroba saat ini untuk menambah daya tahan tubuh sebagai anti oksidan...

Gambar dari Google

7 comments:

Tebak Ini Siapa said...

Oalah baru tau aku nek Rosella sama Frambozen tuh podo...
Pernah coba rosella pisan tapi og gak enak ya menurutku hihihi coba lagi ah...

Ratnawati Utami said...

Mnumnya pake gula batu lebih enak Una. Memang ada sepetnya dikit. Kalo aku sih pake gula cair rendah kalori yang ada gambarnya mawar itu

Enny Law said...

aku blm pnh nyobain, jadi pengen hihi

Mas Huda said...

udah lama banget aku g minum teh rosella ini... baru tahu kalau frambozen itu rosella he he

Abi Sabila said...

pertama kenal minuman ini orang bilangnya teh merah :)

Haya Nufus said...

aku pernah menghadiahkan tanaman rosella pada seorang nenek di panti jompo nggak tau deh bisa tumbuh atau tidak disana.

makasih infonya mbak, jadi pingin minum lagi.

Agus Sukarna said...

saya produksi rosela ungu...jika minat silahkan order 56ECEE14...mksh