Sunday, November 18, 2012

Kopdar dengan bang Aswi, blogger dari mBandung

Bang Aswi itu seorang penulis, blogger dan desain grafis. Tulisannya banyak dimuat di media massa, dan gak perlulah aku tulis rentetan prestasi dalam bidang menulis. Baca sendiri di blog beliau ini linknya MARI BERBAGI BACAAN . Cuman kali ini sih gak ada foto kopdar. Beberapa kali aku kopdar gak aku posting dan juga gak aku foto. Bukannya si abang gak suka difoto, cuman saat itu gak ada mood untuk motret kita berdua di depan sepeda masing-masing.

Siangnya aku kopdar sama Una, Ririe Khayan, Alaika Abdullah, 3 blogger wanita yang memutuskan untuk jalan-jalan naik kendaraan umum dimulai dari ke Dieng. Soalnya akhir minggu ini memang liburnya lama 4 hari, Kamis libur, Jum'at cuti bersama, ditambah Sabtu Minggu. Wah... seperti biasa kalo long weekend Jogja heboh macetnya mirip-mirip lebaran, naik sepeda aja lmbat banget nembus Malioboro lalu lintasnya padat merayap.

Soalnya kopdarnya aku sama bang Aswi itu pake acara sepedaan dari ujung ke ujung. Abis dari kopdar dengan Una, Ririe, mbak Al berempat yang dikomentari Insan Robbani sebagai Fantasic Four, pulangnya aku belanja dulu ke supermarket, beli jas hujan. Dari siang sampai sore mendung di Jogja kemarin tebal banget. Abis itu ngepack pesenan toko online terus ke ekspedisi di jalan Kaliurang km 7. Jalan Kaliurang itu jalan menuju ke gunung Merapi, rumahku di sekitar kilometer empatlah, jadi menanjak saudara-saudara...

Waktu di jalan Kaliurang km 7 dapat SMS dari bang Aswi, aku jawab aku gak di rumah, dibales bang Aswi, aku susul ke sana. Selesai kirim paket aku naik sepeda tanpa nggenjot ke bawah, jalannya menurun soalnya. Sampai di kilometer 5 bang Aswi SMS "aku di kilometer 6". Ya udah aku berhenti bilang, balik lagi aku di kilometer 5.

Ketemu di kilometer 5 aku putusin yuk ke angkringan depan KR (harian Kedaulatan Rakyat). Bang Aswi makan nasi dan beberapa gorengan, entahlah aku kok males makan cuman minum aja. Ngobrol panjang di sana, trus aku bilang, aku pengen makan mie godhog di Alun-Alun utara.

Aku dan bang Aswi menembus Malioboro yang macet, akhirnya sampai juga di alun-alun. Nunggu mie lama, maklum mie Jawa, tapi soalnya yang datang duluan udah dikirim sempet komplain akhirnya langsung dianterin.

Ngobrol apa aja tuh... banyak. Si abang ini cerita bahwa kisah di Jogja 4 hari bisa diceritakan dalam 10 tulisan yang berbeda tergantung sudut pandangnya apa. Keinginan menulis dan mendesain kalo dituruti bisa-bisa gak ada waktu untuk ngerjain yang lain. Bersepeda bisa membuat hidup lebih fresh daripada hanya sekedar seharian ngutak atik keyboard.

Aku bilang, aku gak seperti blogger lain, aku bukan kolektor buku. Baca referensi kadang dari hape aja baca tulisan yang ingin aku ketahui. Kalo bener-bener penasaran akan sesuatu hal nongkrong di toko buku Gramedia... sambil ngadem di mall, gak dibeli cuman dibuka-buka doang.

Tapi ada hal yang aku belum cerita padahal abang udah nanya, ceritanya gimana buka toko online. Abis ngobrolin yang lain juga udah panjang lebar, perjalanan di Malioboro yang macet udah menyita waktu. Aku sendiri menganggap itu bukan toko online, karena kalo toko online ada perintah cara order kira-kira begini "tulis kode barang harga kirim ke nomor sekian" mohon sabar menunggu balasan. Yang ngontak aku cenderung nanya-nanya ini itu. Tapi jawab pertanyaan udah seneng juga. Kan kalo ada pertanyaan di e-mail aku suka posting di sini.

Dulu waktu di Bandung awal tahun ini, acara kopdar bang Aswi gak bisa dateng. Sekarang ngobrol dan lamaaa. Mantap meeen. Belajar dari seseorang yang kemampuan menulisnya mendapat banyak prestasi tapi tetap rendah hati. Gak tau nih kesempatan langka untuk ngobrol lagi dengan abang... Semoga semua yang pernah kita alami dalam kehidupan kita bisa diambil hikmahnya dan membuat kita lebih baik lagi...

6 comments:

jarwadi said...

hihi, sepedaan berdua (maksudnya dengan dua sepeda juga) menembus malam jalan malioboro. soo sweeet :)

BlogS of Hariyanto said...

aku juga mau ikutan kopdar ach, daripada jadi jeaolus membaca postingan sahabat-sahibit blogger yang sudah melaksanakan kopdar-nya :-)

Insan Robbani said...

wah salah satu personil the Fantastic Four kopdar lagi...

Ajeng Sari Rahayu said...

amin, saya pernah dulu itu mampir di blognya bang aswi karna emg sebelumnya ikutan GA apa kompetisi nulis gitu lupa mbak...

sampe skrg ga ada kopdar sama siapapun saya mah, haha. belum saatnya mungkin...

saya kalo punya uang lebih jg pgn beli sepeda, biar enak gitu ke pasar lgsg was-wusssss...ga usah nunggu motor :D


mudahan bisnisnya mbak Ami lancar, semangat nulisnya ttep jalan, dan ga bosen2 berdakwah lewat tulisan :)

@mbak_widha said...

kemarin inginnya ikut kopdaran sama bang Aswi, tapi pada akhirnya mesti balik rumah, lagian sepeda ontelku masih disembunyikan...

Bang Aswi said...

Alhamdulillah senang banget bisa bertemu dengan Mbak Ami ... akhirnya. Ada banyak ilmu meski yang hadir cuma 2 blogger dan bersepeda pula. Yang pasti, semoga silaturahmi ini tetap terjaga ... ^_^