Tuesday, November 6, 2012

Roma tidak dibangun dalam sehari

Kira-kira arti dari peribahasa di judul postingan ini apa ya. Hmmm... semua usaha, perjuangan membutuhkan proses yang tidak mudah, butuh waktu. Ada yang mau nambahin?

Aku ingat dengan penjahit langgananku, dia wanita tangguh, tidak hanya pandai menjahit tapi juga mendesain. Padahal jahitannya tidak semahal di butik. Untuk atasan ongkos jahit 50 ribu. Biasanya kalo dapat kain jatah kantor aku jahitin di sana. Banyakan bajuku sih branded tapi hasil obrak abrik di toko harga spesial. Itupun akhir-akhir ini jarang beli baju. Diprioritaskan untuk keperluan kerjaan saja. Soalnya baju aku bukan kolektor yang baik, kepedhean kali ya, pake baju itu itu aja gak masalah buatku. Bukan tipe yang suka diperhatiin dan jadi pusat perhatian.

Penjahit langgananku cerita
"Mbak, waktu saya barusan buka kios, selama beberapa bulan pertama kios saya jarang dikunjungi orang. Satu dua orang hanya permak celana. Tapi sekarang saya memutuskan buka di rumah, kios saya alihkan ke orang lain. Banyak langganan, sudah ada asisten".

Iya sih sekarang kalo jahitin baju nunggunya lama. Aku pengen nunjukin rok panjang batikku yang dijahit diupload di sini kok gak pedhe ya... Kayaknya lebih pedhe pake baju yang menurutku paling nyaman, soft jeans dan kaos. Sekarang karena keperluan kerjaan punya beberapa rok.

Sekarang aku mencoba menjual barang yang aku sukai. Yang aku jual, yang aku rekomendasikan dan cocok buatku. Kosmetik yang mengandung bahan virgin coconut oil. Aku pernah baca, kalo penjual kosmetik online yang booming dan dicari orang banyak hasilnya gedhe. Tapi gimana ya, aku gak mau ikut-ikutan.

Pengalaman jualan lewat online? Hmmm... dimarahin kostumer soalnya kiriman nyangkut. Belajar packing yang baik. Juga perlunya tahu tentang biaya ekspedisi, pernah aku tekor gara-gara mendadak kostumer minta 2 bungkusan susu kambing isi masing-masing 4 diganti 5 dan 3. Itungannya masih belajar, jadinya ya sudah aku terima. Apa bedanya kirim lewat POS, JNE, dan ekspedisi lain. Perlu ditanyakan pada kostumer.

Masih satu dua sih yang belanja, tapi tetap bertahan hanya menjual barang tertentu saja. Yang aku kenal baik orang di belakang layar produk kosmetik ini. Ada dokternya juga yang merekomendasikan kosmetik ini di daerah jalan Sutomo, ada apotiknya yang menjual produk ini.

Untuk membangun sesuatu memang membutuhkan kesabaran, keuletan, do'a. Lebih baik melakukan hal di bidang yang sangat kita minati. Seperti aku minat pada herbal, produk dari bahan natural, untuk pencegahan terhadap berbagai penyakit. Soal apakah untuk sukses harus berdagang, ah... menurutku manusia sukses adalah yang berusaha istiqomah apapun pekerjaannya...

No comments: