Wednesday, December 5, 2012

Sedekah yang tidak ikhlas

Teman baruku di US yang suka diskusi sama aku berpendapat, untuk menjadi muslim yang baik kita tidak perlu sholat, puasa, haji. Yang penting tidak merugikan orang lain dan suka menolong. Inilah yang aku sebut sedekah yang tidak ikhlas.

Kita semua tahu bahwa sedekah itu tidak semuanya diterima Allah, hanya sedekah ikhlas yang diterima Allah. Sedekah terbaik adalah, semakin sedikit yang tahu, makin baik kualitas sedekah itu. Seandainya sedekah itu kita ungkit-ungkit, maka pahala dari sedekah itu hilang.

Menolong orang lain, memang merupakan energi positif. Energi positif itu akan berbalik pada kita, sehingga kita akan mendapat energi positif juga. Hidup kita dimudahkan, dan rejeki akan mengalir.

Masalahnya tanpa sholat, tanpa puasa, tanpa berkeinginan untuk haji maka energi positif itu hanya di dunia saka tidak akan membantu kita di akhirat. Kebahagiaan yang di dapat hanyalah kebahagiaan untuk di dunia.

Rugi iya? Tapi orang yang belum mendapat pencerahan akan berat melakukan sholat, puasa, dan pergi haji. Karena memang Allah akan memberikan hidayah pada yang Allah kehendaki. Sejauh mana seseorang itu membuka hati, menyerahkan hidup dan mati pada Allah. Membantu orang lain karena Allah.

Kita hidup untuk mengharapkan ridho Allah. Kalau melakukan sedekah ditujukan pada Allah. Gak usah mikirin orang baik tapi sedekahnya tidak ditujukan pada Allah (sebetulnya aku suka mikir begitu, tapi surga dan neraka ada tingkatannya. Kalau kita mendapatkan surga tertinggi kenapa enggak, di firdaus),

Semoga kita bisa melakukan sedekah yang ikhlas....

2 comments:

nuel said...

amiiin

aryadevi sudut kelas said...

yaa itulah jeng, pemikiran-pemikiran kritis dari manusia yang cenderung bablas..ya seperti itu. padahal porsi terbesar adanya tuntunan (baca :aturan) didalam agama itu juga banyak yang kearah "dalam" (gaib) yang tidak masuk logika. ..Disinilah berfungsi Iman.