Thursday, January 24, 2013

Jogging dan minum susu kambing

Aku udah rajin sepedaan, kayak istilah orang Jogja SEGO SEGAWE (sepeda kanggo sekolah lan nyambut gawe), kemana-mana naik sepeda. Tapi akhir-akhir ini memutuskan untuk jogging di pagi hari. Dulu pas aku kuliah rajin jogging, nemenin kakakku yang penerjun payung. Aku sendiri juga latihan softball. Tapi di kepala 4 jogging... hmmm... napasnya cepet putus rasanya.

Jogging sendiri sebetulnya gak cuman lari gedebag gedebug, kalo aku sih sambil jogging otot-otot ditarik ke dalam. Seperti halnya kalo naik sepeda, otot perut aku coba masukkan ke dalam. Kalo jogging diusahakan otot perut masuk ke dalam, dada sedikit membusung, dagu mengarah ke depan bukan menunduk.

Ada teman seorang muslim di California yang rajin jogging, umurnya sudah 53 tahun tapi perutnya masih rata dan kondisinya masih fit. Temen-temen atlit kondisinya sih macem-macem, banyakan kalo sudah 50 tahun perutnya jadi gendut, padahal waktu masih muda six packs... hehehe...

Joggingnya di Graha Sabha Pramana UGM tiap pagi. Banyak pohon besar di sana, dan entahlah, setelah beberapa kali jogging ke sana, kayak kecanduan untuk menghirup udara di sana. Kadang sambil melihat Merapi yang seperti tersenyum sama aku. Imajinasiku suka berlebihan, sesosok gunung Merapi suka mengingatkan aku untuk sabar.

Pagi ini libur, aku nonton tivi penculikan anak tirinya Nazar, istrinya nangis terus-menerus. Juga penganiayaan Ardina Rasti, katanya dia trauma sampe gemeteran. Aku pernah melewati masa-masa itu... saat dapat SMS terus-menerus bahkan ada tulisan mau siram aku pake air keras. Tulisan dari seorang setan berwujud manusia.

Terus apa yang aku lakukan, aku sudah konsultasi dengan temenku yang polisi, LSM, LPA, hasilnya gak ada. Sempet konsultasi ma pengacara juga. Akhirnya aku memutuskan belajar Islam sajalah... dan apa yang kupahami sekarang, seseorang yang mendzalimi kita, akan memberikan pahalanya pada kita atau kalo dia kehabisan pahala dosa kita diambil. Tapi tentunya berusaha sabar.

Aku jogging jampir setiap hari untuk persiapan umroh di bulan April biar fit. Emang efeknya sering jogging jadi agak ngantukan, tapi aku coba untuk rutin minum susu kambing sebagai suplemennya. Setelah mencoba sekian banyak herbal, dari habbatussauda, spirulina, gamat, madu pahit, akhirnya telatennya minum susu kambing bubuk. Yang murni memang lebih baik, tapi kafenya jauh dan segelasnya mahal...

Tadi pagi barusan ngobrol lewat video call, langsung chat orangnya gak cuman senyam-senyum kayak sebelumnya, kalo dia pindah ke Islam 2 tahun lalu. Aku pasti merasa bahagia kalo mendengar kabar ada seorang muallaf. Kalo cuman bilang dia muallaf tapi lewat e-mail doang aku gak percaya deh... Sesama orang beriman itu bersaudara. Walau penjahat itu banyak, tapi aku masih percaya kalo orang baik juga ada di dunia ini, berusaha beriman, bertakwa dan meningkatkannya. Dan kita bergabung, saling memahami, menghargai, walau beda kostum (hehehe... kayak salafy yang aku kenal orang Kanada itu, tetap menghargai aku sebagai seseorang yang berusaha jadi muslim yang baik, walaupun komunitasnya wanitanya pake burkha dan gak boleh keluar rumah tanpa mahram).

Allah sudah menjanjikan akan melindungi orang-orang beriman, Insya Allah. Yang berusaha sabar walau terdzalimi dijanjikan Allah surga. Aku  masih banyak kekurangan...

Semoga selalu bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan...

3 comments:

BlogS of Hariyanto said...

kebanyakan memang atlit hanya menjaga kondisi saat masih berjaya dan setelah sudah hilang pamornya..perutnya dibiarkan sampe buncit...btw-semoga apa yang diharapkan terkabulkan oleh ALLAH SWT..semoga umrohnya menjadi jalan untuk menjadi hamba ALLAH sejati :)

aryadevi sudut kelas said...

jadi pengen joggingnya di Graha Sabha Pramana UGM...karena banyak pohon besar di sana..sekalian bisa nostalgi waktu jadi bintang film India.
Perkenalkan saya sejaman dengan Sanjay Dutt.

catatan-r10.com said...

aku mulai ga rutin makan habbatus sauda, fisik mulai melemah lagi..

aku lagi belajar menghabiskan uang selama ini ga gajian, terus gajian kebanyakan menabung selama 6 bulan (mulai kerja di inmark bulan juni'12)

dan bulan januari ini mulai belanja alat pendukung kerja mulai dari laptop, tasnya, modemnya, bulan depan masih keluar uang

jadi 2013 edisi belajar mengelola uang