Tujuan yang baik dengan cara yang baik

Pernah ada diskusi di suatu forum anak-anak muda dengan indra ke-6 begini kira-kira...

"Kalo indigo itu emang bakat dari lahir. Sedangkan sihir adalah ilmu hitam tapi menggunakan bantuan jin jahat."

"Tapi bukannya indigo emang dari kecil bisa berkomunikasi dengan makhluk alam lain. Ada kecenderungan jadi minta nasehat atau dibocorin info rahasia."

"Coba kamu baca di link xxx dikatakan bahwa sihir boleh digunakan untuk tujuan baik kalo tidak ada jalan lain".

Aku sih diam saja, lagi malas berdebat. Tapi aku ingat kisah Sunan Kalijaga yang waktu itu belum jadi Sunan bergaya bak Robin Hood, merampok orang kaya untuk dibagikan pada orang miskin. Lalu muncul Sunan Bonang, yang menasehati Sunan Kalijaga agar tujuan baik adalah dengan cara yang baik. Merampok untuk kebaikan ibarat wudhu dengan air kencing.

Soal cerita semedi di air selama beberapa tahun, berjalan di atas air gak usah dibahas ya. Bicarakan tentang bagaimana belajar kebijaksanaan dari para wali saja. (dapat warning #just kidding)

Ada temenku cerita temennya dapat istri dengan ewes-ewes (minta bantuan dukun), tapi endingnya baik-baik saja. Tapi bagi orang beriman, ngapain juga minta bantuan dukun, dosa syrik atau menyekutukan Allah adalah dosa yang tidak diampuni Allah.

Kalo telanjur syrik terus bertaubat gimana. Kalo soal ini ulama yang berhak menjawab. Tapi aku pernah baca, keringanannya di akhirat. Bila kita punya dosa selain syrik, dan ada anak yang mendo'akan, ilmu bermanfaat, amal jariyah, maka dosa kita masih bisa diampuni. Sedangkan dosa syrik belum bertaubat hingga meninggal, tidak akan diampuni Allah. Itu hanya ada pendapat yang pernah aku baca. Mendefinisikan memang bisa beda-beda, yang penting berusaha jadi muslim yang lebih baik sajalah.

Tujuan yang baik seharusnya dengan cara yang baik. Kalo tidak ada jalan keluar yang baik misalnya ada pertanyaan begitu. Berarti belum cukup bertakwa, karena oleh Allah orang tawakal dan bertakwa mendapat rejeki dan jalan keluar yang tak disangka-sangka...

Comments

Post a Comment