Tuesday, October 8, 2013

Resep goliath burger di Grand Aston Yogyakarta dan resep burger versiku

Dua hari yang lalu aku dan temen-teman KBJ (Komunitas Blogger Jogja) ke hotel Grand Aston Yogyakarta. Di sana selain diberi tempat untuk sharing pengalaman anggota KBJ yang sudah berpengalaman dalam berbisnis toko online, juga coffe break dan makan siang prasmanan. Setelah itu lomba makan Goliath Burger yang berdiameter 30 cm tinggi 10 cm.

klik gambar di bawah ini untuk artike Lomba Makan Goliath Burger di Grand Aston Yogyakarta bersama KBJ
Resep Goliath Burger

Menurutku pribadi, membuat burger sebesar itu tingkat kesulitannya tinggi, karena berarti memasaknya cukup lama. Belum lagi dua tambahan saos yaitu BBQ sauce dan brown sauce, serta membuat burger bun sendiri. Tapi tentunya bagi yang profesional, bukan sesuatu yang sulit. Dari pihak Aston, sedikit bocoran resep, walau tidak semua dituliskan bahan dan cara pembuatannya paling tidak kita punya bayangan apa saja untuk membuat Goliath Burger.

Saat aku menulis ini, harga Goliath Burger Rp 99.999,- di Grand Aston Yogyakarta. Menurutku untuk burger sebesar itu dengan sentuhan chef hotel bintang 5 sangat terjangkau. Seandainya mencoba membuat sendiri, belanjanya pasti lebih dari segitu, belum lagi memasaknya, apalagi cuci piringnya :D.


RESEP GOLIATH BURGER 

Bahan: 

500 gram beef patty
1 burger bun
1 fried egg
100 gram pineapple slice
100 gram lettuce
100 gram tomato
170 gram french fries
50 gram tabasco
500 gram tomato sauce
200 gram onion
100 ml bbq sauce
100 ml brown sauce

Burger Bun: 
1000 gram flour cakra
100 gram sugar
25 gram yeast
10 gram s500
50 gram full cream
20 gram salt
500 ml fresh milk
4 eggs 75 gram butter

BBQ Sauce:
300 gram tomato sauce
50 gram onion
50 gram leek
50 gram ginger
50 ml L and P sauce
50 ml A1 sauce
10 gram black peper
salt and pepper to taste
100 ml water

Brown sauce:
50 gram leek
100 gram carrot
100 gram onion
500 gram tulang sapi
50 gram garlic
50 gram shallot
50 gram tomato paste
1000 ml water

Cara pembuatan 
  • Panaskan minyak dalam teflon, masukkan daging cincang yang sudah dicetak ke dalam teflon. Bila sudah matang di sisihkan. 
  • Belah burger bun menjadi dua bagian. Oleskan margarine/butter pada kedua sisi di dalamnya, lalu masukkan oven kurang lebih 3 menit dengan suhu 160 derajat celcius. 
  • Keluarkan burger bun dari oven kemudian oleskan saos tomat pada kedua sisi dalam. 
  •  Susun selada di atas burger bun, lalu diberi irisan tomat, daging yang sudah matang, kemudian siram saus di atasnya daging, setelah itu diberi telur mata sapi dan juga nanas di atasnya. 
  • Goreng french fries, setelah matang ditiriskan dan disusun di atas telur.Kemudian tutup dengan burger bun yang sisi atas. 
  • Goliath burger siap dihidangkan
Catatan penulis: 
Resep berasal dari pihak Aston, tapi sepertinya membutuhkan revisi dari koki. Seperti ditulis air 1000 liter (di sini diganti mejadi 1000 ml), dicantumkan bahan cabe merah besar (tapi tidak disebutkan saat disusun pada saat pembuatan), belum dicantumkan telur mata sapi sebagai bahan, dan lainnya. Apakah daging cincang yang dibentuk lalu dimatangkan di penggorengan teflon tidak tidak diberi bumbu seperti garam dan merica, juga menjadi pertanyaan penulis. Sedikit keterangan, burger bun : roti tawar berbentuk bulat ditaburi wijen atasnya, onion : bawang bombay, leek : daun bawang, shallot : bawang merah, garlic : bawang putih, carrot : wortel, fried egg : telur mata sapi, pineapple : nanas.



RESEP BURGER DASAR

Membuat burger tidak sesederhana memakannya, ada beberapa trik tertentu agar dagingnya tidak keras dan lembut.

Dulu pernah coba-coba membuat burger dari daging asli, bukan campuran dan dijual. Berdasarkan hasil coba-coba didapatkan beberapa tips
  1. Gunakan daging berkualitas yang segar. Kalau bisa menggunakan daging punggung sapi lalu minta digiling di tempat. Presentasi lemak dari daging sekitar 20 persen
  2. Satu buah burger berapa gram tergantung ukuran roti, bervariasi
  3. Bentuk burger dengan tangan jangan terlalu lama, lama berada di tangan membuat burger menjadi liat setelah matang. Burger akan matang lama bila terlalu tebal, yang terbaik bentuk di pinggir ketebalan 2 cm, dit tengah agak ditipiskan menjadi sekitar 1,5 cm.
  4. Masukkan dalam lemari es sebentar agar daging tidak mudah hancur atau terpisah saat digoreng.
  5. Bumbui dengan garam dan merica sesaat sebelum dimasak sesuai selera. 
  6. Bila memungkinkan gunakan bara arang, berarti oleskan minyak pada burger. Tapi bila menggunakan penggorengan anti lengket beri minyak dan pastikan minya di penggorengan anti lengket yang datar sudah panas saat akan menggoreng.
  7. Saat menggoreng burger tidak perlu ditekan, dan pembalikan hanya satu kali, pastikan bawahnya sudah matang sesuai selera.
  8. Bila ingin menambahkan keju, setelah dibalik, beri keju lalu tutup sebentar agar keju sedikit meleleh.
  9. Tambahan tepung roti, saus Inggris, bawang putih halus, bawang bombay cincang, telur hanyalah optional. Resep burger dasar sebetulnya hanya dari daging cincang dibumbui sedikit garam dan merica.
  10. Untuk orang Indonesia, saus favorit adalah saus tomat dan saus sambal. 
Foto cheese burger sementara ambil dari Google, bila ada kesempatan menampilkan foto hasil jepretan sendiri

1 comment:

Iskael said...

jadi kangen pengen bikin burger sendiri.
dulu pernah bikin burger mini, yang ribet itu bikin burger bun nya klo yang lainnya gampang :D