Friday, December 27, 2013

Berpikir positif saja apakah cukup?

Beberapa tahun lalu, aku sempet sahabatan sama orang yang aku coba ingatkan dia untuk sholat 5 waktu. Dia menderita sakit jantung, dan minum obat jantung ngawur banget. Aku dicurhatin selama beberapa minggu. Tiap kali keluar, aku menyempatkan sholat 5 waktu, dia enggak. Belum siap katanya, yang penting berbuat baik dan berpikir positif.

Mungkin dia capek dengan saranku supaya menjalankan sholat 5 waktu, akhirnya dia bilang, udahlah kamu jalani hidupmu sana, aku jalankan hidupku gini aja. Persis gak lama setelah kita gak ketemuan, dia kena serangan jantung. Aku tau soalnya fotonya ada di facebook. Tapi dia tetap ngotot gak mau sholat, hidup itu supaya survive cukup berpikiran positif saja.

Beberapa tahun berlalu, kali ini aku punya teman chatting di amrik. Temen chatting gak cuman di amrik saja loh, ada yang di Jeddah, Abu Dhabi, Mekkah, Pakistan, India... dengan semua karakternya. Dulu ada di Dubai... tapi sudahlah... ngaco orangnya gak jelas (pengen ketawa kalo ingat). Ini temen chatting yang bertahan, soalnya kenalan sih banyak, tapi pada menghilang gak jelas gitu.

Kayak deja vu aja, beberapa hari yang lalu dia ngabarin kena serangan jantung, lalu dia dipasangi 2 ring/stents di pembuluh darahnya. Sekarang sudah beberapa hari ini aku gak dapat kabar darinya, padahal dulu sehari 3 kali minimal dia kirim e-mail. Gak tau nih, orang yang satu ini gaptek banget, canggung pake video call.

Aku jadi ingat orang ini percaya pada Allah, selalu bersyukur, tapi sholat hanya di hari Jum'at saja. Biasanya Jum'at menjelang tengah malam di waktu Indonesia dia kasih kabar kalo dia mau sholat di distrik mana area Manhattan New York.

Semoga dia baik-baik aja... sedih banget mendengar ceritanya. Kenapa sulit ya untuk sholat 5 waktu, padahal mengaku beriman pada Allah, selalu bersyukur, berpikiran positif.

Ini kabar terakhirnya...

Went to Emergency room was exhausted tired and dizzy they did Engiography and put two Stents ,,had heart attack. has been advised to rest for 4 to 6 weeks spent two nights in hospital .. Yess..what uu can do is ..pray for my health.......!!!!!!!!!!!. my brother arrived from chicago to be on my side ,,sister is on her way!!! Thanks,,Allah to have family on my side.

3 comments:

Akbar Maulana said...

Memang sulit kak karena belum di biasakan , setelah di biasakan pasti tak akan sulit untuk mengerjakan solat 5 waktu ... Untuk membiasakan nya tak cukup juga hanya niat doang harus ada yang menggerakkan seluruh jiwa raga ... Berpikir positif ja memang tak cukup kakak...

Ratnawati Utami said...

Ada orang sholat karena ingin bersyukur pada Allah, itu yang diajarkan Rasulullah SAW. Berarti kesadarannya belum penuh, bahkan sudah merasakan dada sakit, dunia gelap, mendekati kematian, masih belum terbuka hatinya untuk berusaha mengikuti ajaran Rasulullah SAW, sholat 5 waktu.

Cholize said...

belum dikasih taufiq sama alloh, jangan terlalu memaksa orang lain melakukan kebaikan... karena rasulullah pun punya kerabat yang tidak mau mengucap syahadatain..