Subconscious

Subconscious adalah alam bawah sadar. Oleh para hipnoterapis digunakan untuk mensugesti positif (kayak Romi Rafael ya). Beberapa kasus masalah trauma, fobia, kecanduan, depresi bisa dibantu dengan hipnoterapi.

Aku mempelajari self hipnoterapi ini saat mengatasi kekagetanku anak-anakku diambil bapaknya atau mantan. Begini kira-kira, aku ada di Jogja dengan anakku kembar 5 tahun, terus dia muncul, aku tidur siang, bangun anak-anakku kembar tidak ada.

Dilihat dari sisi mantan, dia merasa benar. Katanya harusnya aku ngikutin anakku ke tempat dia tinggal sekarang, kalo tidak aku menghindari ujian dari Allah. Dari sisi aku, aku berpendapat, ini laki ngajarin gak sholat, gak puasa di bulan Ramadhan, sibuk dzikir melulu jumlah tertentu untuk masuk alam lain, belajar dari mursid di alam jin. Sori... menurutku sesat. Sama saja dia menuduhku sesat, ya itu, banyak menulis ayat Qur'an, hadis tapi menghindari ujian Allah... ini apaan sih. Kalo sesat ya sesat, sori tidak tertarik, biarpun mursidnya bisa ngajari masuk ke dunia lain yang katanya tempat para Wali yang sudah meninggal. Gak yakin aku itu dunia Wali...

Untuk masuk ke alam bawah sadar, menggunakan relaksasi sampai masuk ke gelombang alpha. Gelombang dimana perpindahan dari sadar menjelang tidur. Makanya kalo punya anak, pas menjelang tidur usap kepalanya sambil dibisiki sugesti positif "jadi anak pintar, rajin belajar, dan seterusnya". Bukan sugesti negatif "jangan nakal, jangan pacaran" malah kejadian beneran.

Diskusi dengan sobat-sobatku yang paham soal subconscious, ya memang kalo kita sudah bisa relaksasi, masuk sampai gelombang alpha, bisa mensugesti positif diri sendiri.

Yang butuh bantuan ke alam bawah sadar bisa ke hipnoterapis, aku cuman sekedar pengamat, belum pakar...

Comments