Friday, June 13, 2014

Alam bawah sadar, otak kanan, berpikir positif

Kemarin aku ke acara Komunitas Blogger Jogja atau KBJ. Datang telat, malah ngobrol sama teman-teman di KBJ yang udah kenal lama di sana. Topiknya tentang cara menulis novel, membuat desain web dan free dinner.

Tapi aku malah cerita di meja tersendiri bahwa aku kadang menulis soal alam bawah sadar, mengaktifkan otak kanan, dan bagaimana supaya berpikir positif.

Dimulai dari buku-buku ada The Secret, Quantum Ikhlas, 7 Keajaiban Rejeki dan lain-lain. Mudah berteori, susah banget prakteknya iya kan.

Buku The Secret membahas masalah spiritual, tapi tidak dikhususkan untuk agama tertentu, yah mirip aliran kepercayaan gitu deh. Sedangkan Quantum Ikhlas dan 7 Keajaiban Rejeki lebih Islami.

Kalo punya cita-cita, cobalah untuk menanamkan di alam bawah sadar kita. Mencapai tujuan baik dengan cara yang baik. Mempunyai emosi yang stabil, tidak mudah galau. Cobalah untuk selalu bangkit lagi bila gagal, pantang menyerah. Penting juga untuk selalu bersyukur dan berserah diri pada Allah.

Biarpun selalu positif, banyak sedekah, banyak ibadah, bukan berarti hidup menjadi lebih mudah. Justru malah semakin banyak ujian. Itu adalah ujian kesabaran. Jawaban do'a dari Allah itu tak terduga-duga, metsi rajin bersyukur apapun yang kita dapatkan dalam hidup kita.

Hidup itu hanya sementara. Orang Jawa di jaman dulu sudah banyak memberi gambaran dengan kalimat "Saiki jamane jaman edan, yen ora edan ra keduman. Sak bejo-bejone wong kang edan isih bejo wong kang eling lan waspodo" (Syair Ronggowarsito, prediksi Joyoboyo). Artinya "sekarang zaman gila, kalo gak gila gak kebagian. Seberuntungnya orang gila tetap beruntung manusia yang ingat dan waspada".

3 comments:

Anonymous said...

Barangkali orang gila-lah yang lebih beruntung, karena terbebas dari kewajiban. Keberuntunagnnya akan habis jika menjadi waras.

Ratnawati Utami said...

Menurutku, orang gila beneran sebagian hidupnya di dimensi lain. Mereka orang yang berputus asa, gak sanggup hadapi masalah dunia. Dimana posisi mereka saat di akhirat wallahu 'alam... aku pilih jadi orang waras bisa beribadah dan sedekah

yusuf tantowi said...

Pikiran positif mmg akan menghasilkan hasil positif.Tantangan kita tuk menjaga pikiran agar ttp positif.

Salam kenal.