Monday, July 14, 2014

Belajar tentang chiWalking dan chiRunning

Suatu ketika aku ditawari costumer herbal kosmetik yang aku jual, Virgin Natural untuk ikut seminar cara berjalan yang menyehatkan. cuman mmenurutku kok mahal ya, sehari mesti bayar Rp 250.000,-

Dulu aku pernah mencoba untuk memperbaiki cara joggingku belajar di youtube cara lari yang efektif menurut pakarnya di universitas mana gitu di amrik. Intinya kalo jogging itu seperti menginjak telur, mesti hati-hati, dada membusung, perut ditarik masuk, dan saat menginjak tanah ujung depan kaki dulu bukan tumit. Tidak ada suara gedebag gedebug saat jogging.

Aku penasaran dengan cara jogging yang efektif, aku ingat ada chiRunning dan chiWalking di penelusuranku dulu. Ternyata ada bukunya, cuman aku belum nyari disini sih, ini buku best seller di amrik karangan Danny Dreyer.

Mesti nonton berulang-ulang videonya, buat ngerti postur dan cara berjalan serta berlari dengan metode chiWalking dan chiRunning. Intinya sih, tengkuk ditarik ke atas, dada dibuka, panggul ditarik ke belakang. Kalo berjalan, dada yang maju ke depan dulu baru kaki mengikuti. Kalo lari, agak miring ke depan, badan berada di satu garis kayak mau jatuh, terus kaki mengikuti.

Efeknya gimana, ini adalah lari dan berjalan yang meminimalkan cedera, jadi otot di tubuh lebih efisien. Selama bulan puasa ini tiap sore aku mencoba menerapkan berjalan ke Graha Sabha Pramana UGM lalu dilanjutkan memutari gedung tempat aku diwisuda dulu.

Aku juga membetulkan postur tubuh saat sholat seperti disarankan dokter di bagian phisioterapi RS Sardjito UGM. Beliau menggunakan terapi gerakan sholat yang saat melakukan gerakan tubuh sedikit didorong sehingga stretching lebih terasa, kalo gak biasa jadi nyeri memang, tapi Alhamdulillah menurut beliau banyak pasien yang sembuh atau kondisi kesehatan membaik.

Kalo ada waktu aku mau nulis dengan gambar yang lebih lengkap, di sini masih catatan dulu. Kalo tulisan dengan gambar lengkap biasanya aku posting di blogku satunya, BLUE SKY....

1 comment:

Anonymous said...

Apik kiye, coba tak ndelok nyang yutub.