Akhirnya rambutku tidak rontok lagi

Aku beberapa kali menulis artikel tentang mengatasi rambut rontok. Kalo aku pribadi sih, masalah rambut rontok itu ada masa ups and downs. Kadang rontok kadang enggak. Suatu ketika bisa gak rontok suatu ketika rontok gila-gilaan. Rontok banyak banget, bener-bener mengerikan, sampai pada saat keramas bisa dijadikan bola kecil saking banyaknya.

Semua orang punya masalah sendiri-sendiri dalam hal fisik. ada yang bermasalah dengan berat badan, jerawat, penyakit dan lain-lain. Ada yang peduli, ada yang tidak peduli, ada yang berusaha mencari jalan keluar tapi tidak ketemu-ketemu.

Aku termasuk golongan yang peduli. Tapi karena keterbatasan dana, berusaha mencari solusi yang murah tapi efektif. Misalnya pengen langsing, aku tidak ke fitness center tapi berjalan dengan metode chi walking. Banyak orang menyepelekan chi walking. Tapi kenyataannya ukuran bajuku berubah, Selain itu aku merasa lebih kuat berjalan atau bersepeda jauh.

Sejak tahun 1998 aku mencoba mengikuti pola makan hidup sehat. Banyak sayur, banyak buah, kurangi gorengan, cemilan manis dan gurih. Tapi efeknya ternyata malah anemia, males makan daging soalnya. Setelah rontok hebat, aku berusaha banyak makan ikan. Supaya praktis bikin cemilan sendiri baby fish yang digoreng dengan virgin coconut oil. Aku pernah menulis bahwa minyak kelapa adalah minyak paling sehat di dunia, selain minyak zaitun. Camilan paling bagus untuk anemia adalah kurma.

Hal lain yang aku lakukan adalah dibekam basah. Darah yang kotor ngefek membuat jerawatan dan rambut rontok. Bekam ada yang basah (dikeluarkan darahnya) ada yang kering (tidak dikeluarkan darahnya).

Memijat kepala dengan extra virgin coconut oil. Ini untuk merangsang pertumbuhan lagi rambut yang sudah rontok.

Sholat dengan postur yang benar. Saat rukuk, dorong tubuh bagian atas agak ke depan hingga lutut agak nyeri. Memang tidak nyaman, tapi efeknya baik untuk kesehatan. Saat sujud, bagian dada rileks dan menekuk ke bawah tidak menekuk ke luar. Posisi ini akan melancarkan darah ke kepala. Posisi lain untuk melancarkan darah ke kepala bisa dilakukan dengan menggantungkan kepala di pinggir tempat tidur,

Menggunakan lidah buaya yang diblender lalu disaring untuk hair mask (masker rambut).

Keramas dengan air dan madu organik perbandingan 2:1. Bila rambut bener-benar kotor, gunakan shampo yang benar-benar lembut tanpa banyak bahan kimia ditambah madu.

Shampo modern yang banyak dijual di pasaran, berbusa dan sangat wangi sebetulnya efek jangka panjang malah merusak rambut dan kulit kepala. Shampo dari bahan alami baunya tidak menyengat dan tidak banyak busanya.

Sekarang karena rambutku, Alhamdulillah sudah tidak rontok lagi, aku mencoba untuk menumbuhkan lagi. Aku juga mencoba membuat shampo oplosan sendiri dari shampo yang mengandung vco ditambah green tea dan madu. Nanti akan diposting lagi dengan foto-foto bahan, pembuatan dan hasilnya, Ada trend di amrik orang bikin sabun, body wash atau shampo sendiri. Banyak blog membahas soal itu, dan aku juga pengen membuat oplosan shampo dari bahan alami buatanku sendiri...

Comments