Sunday, September 7, 2014

Kulit dan rambut indah tanpa menggunakan sabun dan shampoo buatan pabrik industri besar

Kita semua beranggapan bahwa supaya bersih menggunakan sabun wangi, shampo wangi, hair tonic wangi. Malah iklan di tivi sekarang gak cuman wangi tapi menggunakan antiseptik untuk membunuh kuman.

Sabun wangi yang djual massal itu, dibuat dengan bahan yang hanya membersihkan kulit, tapi tidak membuat sehat. Mengutip dari sini http://www.merdeka.com/gaya/5-fakta-menarik-tentang-sabun.html 

Fakta 1
Sabun biasanya dibuat dengan menggunakan lemak hewan atau nabati, atau minyak yang dicampur dengan formula basa seperti soda kaustik.

Fakta 2 
Sabun pertama kali diproduksi oleh bangsa Babilonia sekitar 2800 SM. Menurut sejarahnya, sabun dulunya digunakan di industri tekstil dan obat. Ada tiga macam proses pembuatan sabun, antara lain: proses pemanasan, proses pendinginan dan proses pencairan.

Fakta 3 
Proses pembuatan sabun dikenal dengan istilah saponifikasi. Dalam proses ini, minyak nabati dan lemak akan dicampur sebagai dasar pembuatan sabun. Campuran itu kemudian ditransfer ke dalam garam.

Fakta 4 
Apa perbedaan antara sabun di pasaran dan sabun buatan sendiri? Sabun di pasaran menggunakan minyak hewan dan minyak keras lainnya dalam proses pembuatannya. Sabun buatan sendiri umumnya dibuat dari bahan-bahan alami, termasuk gliserin. Sabun buatan sendiri juga jauh lebih lembut saat diterapkan pada kulit, dibandingkan dengan sabun buatan pabrik.

Akhir-akhir ini aku tidak belanja sabun produksi industri besar, aku mandi dengan produk dari industri kecil yang menggunakan bahan dasar minyak kelapa. Bahkan untuk membersihkan muka aku menggunakan minyak kelapa jenis, extra virgin coconut oil. Sebelum mandi dan keramas menggunakan EVCO yang dihangatkan untuk kulit kepala, rambut, tangan dan kaki. Sudah sering dibahas di blog ini bahwa EVCO adalah salah satu minyak paling sehat di dunia. Memang ada minyak argan dari Maroko, minyak zaitun, tapi bila digunakan secara benar EVCO juga bisa membuat kulit jadi sehat.

Selain menggunakan produk dari EVCO aku juga rajin olahraga, jalan dengan metode chiwalking dan jogging dengan metode chirunning. Yang chiwalking sudah aku tulis di sini http://ratnawatiutami.blogspot.com/2014/08/berjalan-dengan-cara-chi-walking.html , nanti menyusul chirunning. Tentunya juga berusaha banyak mengkonsumsi makanan sehat kayak buah, sayur, ikan untuk protein, minyak goreng dari VCO,

Alhamdulillah biarpun umurku udah lewat kepala 4 kadang masih disangka kepala 3. Dan jarang periksa ke dokter karena selama ini hanya menderita penyakit ringan saja. Terakhir menderita alergi karena waktu lebaran makan agak ngawur banyak jajan di luar, Alhamdulillah bisa sembuh dengan bekam basah.

Aku mau nulis lebih detil lagi soal mendapatkan kulit dan rambut sehat ini. Termasuk ada foto orang yang kepalanya botak bisa tumbuh lagi dengan mengoleskan EVCO di kulit kepala serta kalo masak menggunakan VCO. Ada juga testimoni rambut sudah beruban semua jadi lebat dan menghitam setalh rutin menggunakan EVCO.

No comments: