Sunday, September 21, 2014

No Poo, DIY shampoo dan bodywash

Apaan sih No Poo dan DIY? No Poo adalah no shampoo atau menghindari penggunaan shampo buatan pabrik karena mengandung bahan-bahan kimia. Shampoo, sabun/bodywash buatan industri besar biasanya mengaku terbuat bahan alami. Padahal kalau dicermati kandungannya ada bahan kimia yang bisa meresap ke kulit. Sedangkan DIY artinya Do It Yourself.


sumber http://www.discoverhealthandwealth.com/toxic-ingredients.html

Aku membaca aneka resep-resep metode No Poo untuk bodywash dan shampo yang sekarang banyak dibicarakan di negera maju. Kalau punya uang, mudah saja, membeli produk BODYSHOP, sering luluran ke salon. Tapi aku ingin menghemat, jadi ingin membuat sendiri.

Resep yang sudah aku coba antara lain dengan virgin coconut oil (VCO), lidah buaya, madu. Gara-gara sempat alergi waktu lebaran rambutku rontok parah, dan selain mengolesi kulit kepala dengan VCO juga menggunakan shampo alami. Kebanyakan membaca resep malah bikin aku agak bingung... lagian ada banyak produk yang tidak bisa ditemukan di Indonesia.

Shampo yang paling mudah dibuat adalah madu yang dilarutkan air hangat. Memang menggunakan shampo ini akan kehilangan momen shampo wangi dan berbusa banyak. Tapi kalau rambut jadi enak jatuhnya,lembab, tidak rontok kenapa enggak. Shampo ini dimasukkan dalam botol yang tutupnya ada kerucutnya, dituangkan pada rambut sedikit-sedikit lalu dibilas sampai bersih. Dari yang aku baca sih ada WARNING, di awal penggunaan madu untuk membersihkan kulit kepala akan ada detox sehingga kulit kepala akan mengeluarkan lebih banyak minyak dari biasanya, setelah penggunaan beberapa minggu, kulit kepala akan lebih bersih dan rambut lebih indah. Madu yang digunakan adalah MADU ORGANIK yang tanpa campuran dan tidak melalui proses pemanasan. Di Jogja ada toko organik yang menjual madu, beberapa toko herbal juga menjual madu yang ada tulisan tanpa proses pemanasan.

Shampo yang sedikit agak rumit adalah lidah buaya yang dikerok isinya ditambah madu lalu diblender, disaring. Ada yang beranggapan ini untuk conditioner tidak untuk shampo karena kurang membersihkan. 

Ada shampo DIY dengan resep shampo herbal ditambah madu, bagi yang tidak nyaman dengan madu saja, ini juga bersifat detox. Sebaiknya menggunakan shampo herbal tanpa sulfat dan silikon. 

Shampo yang berbahan dasar santan segar agar awet dibekukan seperti es batu kecil-kecil lalu dilumerkan sebelum digunakan, tapi aku tidak cukup telaten melakukan ini. 

Untuk bodywash, resepnya hampir tidak ada yang murni herbal, pasti ada campuran sabun cair atau sabun padat yang diparut lalu ditambahkan bahan lain. Hampir mirip, sabun cair herbal ditambah madu akan membuat kulit lebih sehat. 

Masih baru eksperimen. Aku akan mencoba melakukan dengan madu organik dari toko yang khusu menjual produk organik, madu tanpa merk dari teman, dan madu pahit. Jadi masih bersambung. 

Khusus untuk rambut rontok, selain mengoleskan kulit kepala dengan VCO mesti makan makanan super yang bisa membantu menumbuhkan rambut dari tubuh, antara lain sayuran hijau, ikan, kurma, mengkonsumsi VCO 2-3 sendok makan perhari akan lebih baik lagi...

No comments: